Kitab Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Langkah Membuatnya Terlengkap

Buku Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya Terlengkap

Kitab Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Langkah Membuatnya Terlengkap

Kitab stok barang pada dasarnya adalah Kitab yang berfungsi sebagai catatan Ketika menghitung secara fisik jumlah barang yang Eksis di Penyimpanan. Hal ini dimaksudkan Buat memastikan bahwa catatan pembukuan barang dapat dilacak kapanpun juga.

Kitab Buat mencatat stok barang merupakan Arsip Krusial Buat kegiatan inventory di Penyimpanan sebuah perusahaan. Tanpa Kitab ini, proses pengumpulan data inventaris Dapat jadi rumit dan Tak teratur. Nah, Kalau Mau mengetahui lebih jauh mengenai Kitab Buat stok barang, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian

Kitab stok barang adalah sebuah Arsip yang Mempunyai fungsi Buat melacak pembelian, penjualan, dan transaksi barang dagangan lainnya. Kitab inventaris ini berisi Seluruh catatan barang atau produk di Penyimpanan penyimpanan barang.

Kegiatan pencatatan inventaris barang merupakan kegiatan yang Bermanfaat Buat menghitung jumlah fisik Seluruh barang yang Eksis di Penyimpanan. Hal ini Buat mengetahui informasi mengenai jumlah Niscaya barang.

Kegiatan ini memakan Masa terlalu Lamban Buat menghitung Seluruh barang di perusahaan. Hal ini karena proses pencatatan juga dapat membantu Anda Buat memeriksa kondisi barang, apakah barang tersebut cacat atau rusak, atau Eksis variasi antar barang.

Kenapa Harus Membikin Kitab Buat Stok Barang?

Melacak jumlah barang yang tersedia bukan satu-satunya tujuan Membikin Kitab stok barang di Penyimpanan perusahaan. Tetapi, juga dimaksudkan Buat menilai perbedaan antara kelebihan dan kekurangan persediaan di Penyimpanan.

Mekanisme manajemen persediaan sangat Bermanfaat bagi perusahaan manufaktur Buat mengetahui jumlah persediaan bahan baku, bahan pendukung, produk Separuh jadi, dan jenis bahan lainnya.

Hal ini Buat Membikin catatan inventaris lebih Seksama dan Buat menghindari ketidaksesuaian pada Masa inventarisasi produk. Ini juga membantu menghindari pemeriksaan ulang Kitab besar dan entri jurnal Buat laporan keuangan. Inilah mengapa Kitab ini sangat Krusial dalam dunia bisnis.

Baca Juga:   Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Layout Penyimpanan yang Efisien

Fungsi Kitab Stok Barang 

Kitab Buat stok barang membantu Anda dalam mengelola inventaris dan Membikin keputusan yang paling Pas. Berikut adalah 5 kegunaan Kitab Buat stok barang yang Dapat digunakan sebagai Surat keterangan manajemen inventaris baru Buat bisnis Anda:

1. Merekam Pergerakan Persediaan Barang 

Fungsi yang pertama adalah Buat mencatat pergerakan persediaan sebagai dasar aktivitas pembelian. 

Kitab tersebut Tak hanya mencatat pergerakan persediaan karena pembelian barang, tetapi juga transaksi penerimaan barang, retur pelanggan, penggunaan produk, dan transaksi bisnis harian lainnya.

2. Sebagai Alat Manajemen Inventaris Produk

Kegunaan selanjutnya dari Kitab ini adalah Anda dapat mengelola inventaris produk secara efektif. Oleh karena itu, meskipun ditemukan kejanggalan pada inventaris produk karena kelalaian Orang atau kesalahan sistem, masalah tersebut dapat segera diperbaiki.

3. Sebagai Alat Pencegahan Penipuan

Tak dapat dipungkiri bahwa terdapat oknum dan pihak yang Tak bertanggung jawab di perusahaan maupun badan usaha yang mencari keuntungan pribadi. Buat mengatasi hal tersebut, Kitab stok barang ini Dapat membantu mencegah penggunaan yang Tak Absah dan penyalahgunaan barang di Penyimpanan.

4. Sebagai Alat Pembanding

Fungsi Primer dari Kitab ini adalah sebagai alat pengecekan silang atau pembanding terhadap seluruh Arsip transaksi yang Eksis. Selain itu, Arsip ini juga berfungsi Buat mencegah kecurangan oleh oknum yang Tak bertanggung jawab.

Baca Juga:   Mengenal Buffer Stock & Indikatornya, Lengkap dengan Misalnya

5. Sebagai Arsip Pelacakan Pengiriman

Karena Kitab persediaan barang dagangan disimpan dan dicatat Buat setiap pendistribusian persediaan barang dagangan. Maka, Kitab ini sangat Bermanfaat sebagai Arsip Buat melacak pergerakan barang dagangan dari satu Penyimpanan ke Penyimpanan lain, dan juga sebagai catatan Ketika setiap barang dagangan terjual.

Tips Membikin Kitab Stok Barang

Berikut adalah dua tips Buat Membikin Kitab stok barang yang harus Anda lakukan, Yakni:

1. Kelompokkan Produk Berdasarkan Jenisnya

Kalau Anda menjual berbagai jenis produk, mulailah dengan mengkategorikan dan mengelompokkan produk Anda berdasarkan jenisnya. Sebagai Misalnya, katakanlah Anda Mempunyai toko ponsel yang menjual banyak merek, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo. Banyak juga perbedaan antara merek ini dari segi tipe dan IMEI, bukan?

Oleh karena itu, pisahkan produk berdasarkan jenisnya. Misalnya, etalase 1 adalah ruang penyimpanan Buat ponsel merek Samsung, etalase 2 adalah ruang penyimpanan Spesifik Buat ponsel merek Xiaomi, dan seterusnya.

2. Kumpulkan Catatan Penjualan dan Pembelian

Entri data merupakan kegiatan yang paling Krusial dalam catatan stok barang. Jadi, Anda harus sangat berhati-hati Ketika melakukannya. Meski begitu, Tak jarang juga terjadi kesalahan Ketika proses registrasi. 

Kalau sudah seperti ini, maka harus segera diperbaiki. Buat memperbaiki kesalahan, Anda dapat dengan Lekas memeriksa berdasarkan catatan penjualan atau pembelian yang terjadi sebelumnya.

Langkah Membikin Kitab Buat Stok Barang Secara Digital

Nah, setelah mengetahui pengertian serta fungsinya, kami juga akan membagikan Langkah membuatnya seperti berikut ini secara digital:

1. Buka Sheet Baru di Aplikasi Accounting

Anda dapat menggunakan aplikasi accounting apapun yang Anda inginkan. Setiap aplikasi mungkin Mempunyai fitur yang sedikit berbeda, tetapi prosesnya pada dasarnya sama, terlepas dari perangkat lunak mana yang Anda gunakan. 

Baca Juga:   Apa Itu Hoist, Jenis dan Manfaatnya Buat Pergudangan

Pastikan Anda menggunakan perangkat lunak Kitab stok barang digital yang andal dengan kemampuan Buat mengedit dan menyimpan seluruh lembar inventaris.

2. Berikan Nama Pada Judul

Informasi pertama yang perlu Anda tulis ke dalam spreadsheet yakni berupa judul Buat setiap kolom pada stok barang. Judul kolom ini dapat disesuaikan berdasarkan jenis bisnis dan prioritas yang diidentifikasi dalam manajemen inventaris. Misalnya, Nama Produk, Qty, Harga, dan lainnya.

3. Isi Kolom dengan Informasi Terkait

Langkah selanjutnya, mengisi kolom dengan informasi terkait sesuai judul Buat setiap kolom yang telah Anda buat sebelumnya. Contohnya, pada kolom Nama Barang, Anda Dapat memasukkan nama barang atau produk apa saja yang tersedia di Penyimpanan penyimpanan. Kemudian, pada kolom Qty, isi jumlah stok barang tersebut.

4. Simpan serta Audit Arsip Secara Berkala 

Setelah dengan hati-hati menyusun catatan inventaris Anda, simpan Arsip ke folder yang mudah diakses di komputer. Kalau pemeriksaan dilakukan selama periode Masa tertentu, lembar stok barang dapat digunakan Buat memperbarui catatan serta melacak setiap terjadinya perubahan pada data.

Sudah Paham Tentang Kitab Stok Barang & Langkah Membuatnya?

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu Kitab Buat stok barang, fungsi, serta Langkah membuatnya. Kitab ini sangat Krusial Buat melacak ketersediaan barang bagi suatu perusahaan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!