Ketahui 5 Tips Hitung Stok Barang Buat Kelangsungan Bisnis Perusahaan

Ketahui 5 Tips Hitung Stok Barang Untuk Kelangsungan Bisnis Perusahaan

Ketahui 5 Tips Hitung Stok Barang Buat Kelangsungan Bisnis Perusahaan

Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar tips hitung stok barang, karena perhitungan stok barang adalah salah satu kegiatan yang perlu dilakukan pelaku bisnis Buat menjalankan bisnisnya dengan sukses. 

Meskipun menghitung stok barang terdengar sederhana, ini bukanlah tugas yang mudah, karena dalam praktiknya dibutuhkan lebih banyak Masa dan tenaga. Apalagi Kalau Anda Mempunyai banyak persediaan barang Buat dijual. Mau Paham bagaimana kelanjutannya? Simak Bagus-Bagus ya!

Apa Itu Hitung Stok Barang?

Definisi hitung stok barang adalah tindakan menghitung jumlah persediaan fisik dari persediaan barang dan mencatatnya ke catatan akuntansi perusahaan.

Pada dasarnya, kegiatan ini Tak hanya digunakan Buat menghitung stok barang yang dijual saja, tetapi juga dapat digunakan Buat menghitung barang lainnya dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan.

Selain itu, tujuan hitung stok barang adalah Buat merekonsiliasi stok barang fisik dan catatan akuntansi yang dimiliki oleh perusahaan. Pencatatan ini biasanya dilakukan pada akhir tahun, tetapi beberapa perusahaan dengan sistem kontrol yang lebih terstruktur biasanya melakukannya setiap 3-4 bulan.

Kegiatan manajemen yang merekonsiliasi kepemilikan stok barang fisik perusahaan dan catatan akuntansi sangat Krusial. Agar biaya operasi yang dikeluarkan Tak melampaui Semestinya dan keputusan akan perkembangan bisnis dapat dibuat dengan Pas.

5 Tips Hitung Stok Barang yang Perlu Anda Ketahui 

Berikut ini beberapa tips hitung stok barang yang Dapat Anda terapkan pada bisnis: 

1. Pastikan Mempunyai Tempat Penyimpanan yang Memadai 

Tips hitung stok barang pertama yakni pastikan Anda Mempunyai tempat yang cukup besar Buat menyimpan stok barang. Hal itu tergantung pada apa yang Anda jual. Kalau Anda hanya menjual aksesori dan Pakaian, ruangan kecil dengan rak dan lemari kecil mungkin sudah cukup. 

Baca Juga:   Checker Penyimpanan: Berikut Pengertian dan Tugasnya

Tetapi, Kalau Anda menjalankan toko kelontong, Anda mungkin memerlukan lebih banyak ruang Buat menyimpan barang-barang, seperti tabung gas, karton mie instan, dll. Belum punya Penyimpanan sendiri, jangan berkecil hati. Anda dapat memanfaatkan ruang yang tersisa di rumah Anda. Atur Seluruh item dengan hati-hati agar pas. 

2. Memberikan Kode barang

Tips menghitung stok barang lainnya adalah memberi kode atau memberi nomor pada setiap item. Dengan Langkah ini, Anda dapat dengan mudah membedakan satu jenis item dari yang lain. 

Ini sangat Krusial, terutama Kalau Anda menjual puluhan barang. Misalnya, toko aksesoris Perempuan yang menyediakan kalung, cincin, dan perhiasan lainnya dalam berbagai Rona dan ukuran.

Menentukan simbol atau Nomor, dapat memudahkan Buat menghitung jumlah stok barang yang tersedia. Kalau Tetap bingung, Anda Dapat memberikan kode barang berdasarkan jenis atau Lepas Ketika dipesan.

3. Lakukan Pengumpulan Data Secara Rutin

Tips hitung stok barang selanjutnya yakni jangan lupa Buat menyimpan catatan stok barang secara teratur. Catat Seluruh pergerakan yang terjadi di dalam Penyimpanan sedetail mungkin. Mulai dari jumlah barang yang diterima, jumlah barang yang dikeluarkan, jumlah barang yang cacat atau rusak, dll. 

Hal ini Buat mengurangi terjadinya pergerakan barang yang Tak terhitung. Karena, Kalau keadaan ini Lanjut berlanjut, perusahaan Anda Dapat mengalami kerugian. Kalau Anda Tak Mempunyai Masa Buat menyimpan catatan secara teratur, tetapkan salah satu karyawan Anda Buat bertanggung jawab atas departemen Penyimpanan. 

Minta dia Buat menulis Kitab catatan atau laporan Spesifik. Hal ini memungkinkan Anda Buat memeriksa catatan pengiriman masuk dan keluar setiap Ketika dengan mudah.

Baca Juga:   Langkah Manajemen Stok Barang Buat Bisnis Anda

4. Hitung Seluruh Platform Penjualan

Tips ini cocok bagi Anda yang Mempunyai keinginan Buat menjual produk melalui marketplace. Kalau Anda Mau menghitung stok barang, pastikan Buat memasukkan stok pada Seluruh toko di berbagai marketplace yang Anda miliki. 

Karena toko online juga Mempunyai akun stok sendiri. Bahkan, beberapa platform marketplace Tak mengizinkan Anda menjual barang, kecuali stok barang Anda memenuhi jumlah minimum.

Jadi, pastikan catatan stok barang di akun marketplace Anda sesuai dengan jumlah barang yang Eksis di Penyimpanan. Pastikan juga Buat mengurangi catatan stok barang yang Anda buat di Penyimpanan, setiap kali penjualan dilakukan di platform marketplace

5. Lakukan Analisa Laporan Perhitungan Stok Barang Secara Menyeluruh 

Setelah Anda Membikin catatan stok barang dengan rapi, lakukan analisis secara menyeluruh. Perhatikan Bagus-Bagus, berapa banyak penjualan setiap bulannya. Kemudian, pastikan juga Bilaman Penyimpanan akan kehabisan stok barang. Dengan begitu, Anda Dapat memprediksi Bilaman harus memproduksi kembali barang yang akan dijual.

Ingat, bahwa Anda Tak Dapat menimbun produk terlalu banyak. Hal ini Tak efisien secara fisik dan menghambat perputaran modal, karena digunakan Buat membeli komoditas yang sulit dijual. Di sini Anda dapat Menyantap betapa pentingnya pelaporan stok barang yang Seksama Buat menciptakan bisnis yang sukses dan kuat.

Baca Juga: Kitab Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Langkah Membuatnya Terlengkap

Manfaat Adanya Hitung Stok Barang

Setelah mengetahui tips hitung stok barang, Anda juga perlu Paham apa saja manfaat yang Dapat Anda dapatkan Ketika rutin menghitung stok barang.

Baca Juga:   Inventaris: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Langkah Mengelolanya

1. Dapat Mengetahui Secara Niscaya Jumlah Barang

Ketika Anda menghitung stok barang secara berkala, tentunya Anda akan lebih mengetahui berapa jumlah Niscaya stok barang yang Anda miliki. Sehingga, terhindar dari manipulasi jumlah barang secara fiktif.

2. Mengurangi Kesalahan

Salah satu manfaat yang harus Anda ketahui dengan Mempunyai laporan perhitungan stok barang yakni Bisa mengurangi kesalahan. Ini karena laporan tersebut mengkonfirmasi apakah barang tersebut keluar atau masuk. Oleh karena itu, setiap kesalahan Dapat segera diperbaiki.

3. Sarana dalam Kecepatan Pengambilan Keputusan

Salah satu manfaat Mempunyai laporan perhitungan stok barang adalah Dapat menjadi sarana Buat mengambil keputusan yang lebih Lekas. Misalnya, Kalau suatu produk diketahui sudah Tak laku dijual, Anda dapat memutuskan Buat Tak memproduksinya Tengah dan memproduksi barang baru.

4. Buat Analisis Perkembangan Bisnis 

Laporan perhitungan stok barang juga memungkinkan Anda menganalisis perkembangan bisnis. Anda dapat Menyantap apakah Eksis perbedaan jumlah stok barang pada Ketika ini dan sebelumnya.

5. Dapat Mengetahui Arus Masuk dan Keluar

Manfaat terakhir yang perlu Anda ketahui adalah Dapat memahami alur keluar masuk barang. Anda dapat Menyantap ini di laporan perhitungan stok barang harian atau bulanan. Dari laporan tersebut, Anda juga Dapat merencanakan rencana selanjutnya Buat perkembangan bisnis Anda.

Sudah Paham Bagaimana Tips Hitung Stok Barang?

Demikian penjelasan secara lengkap bagaimana tips menghitung stok barang yang mudah dan sederhana yang Dapat Anda lakukan bagi kelangsungan persediaan barang di Penyimpanan perusahaan Anda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!