Stok Barang: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Membikin Laporannya

Stok Barang: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Laporannya

Stok Barang: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Membikin Laporannya

Membikin laporan stok barang atau persediaan barang Rupanya Tak hanya berfungsi Buat mengetahui jumlah persediaan barang yang Eksis saja. Melainkan juga Eksis banyak manfaat lain yang Dapat Anda dapatkan. Mari cari Paham manfaat dan langkah-langkah membuatnya di sini!

Apa Itu Stok Barang?

Dalam konteks bisnis, stok barang merupakan barang-barang yang dimiliki oleh perusahaan dan nantinya akan dijual ke pelanggan. Persediaan ini Tak harus berupa barang. Jadi, Dapat Anda sesuaikan dengan jenis usaha yang Anda jalankan. 

Selain itu, persediaan ini juga Dapat berupa bahan Separuh jadi yang mana nantinya akan diolah menjadi bahan baku. Penyimpanan persediaan ini pun harus Betul-Betul Anda perhatikan dan harus sesuai dengan kondisi dari barang tersebut.

Beberapa persediaan bahkan harus disimpan dalam ruang penyimpanan Spesifik dengan suhu sangat rendah dan tingkat sterilisasi yang tinggi. Secara singkat, persediaan barang ini merupakan jumlah barang yang tersedia secara fisik dan siap Buat dijual nantinya. 

Nah, proses pencatatan pembukuannya Dapat disebut stock opname. Stock opname ini juga Dapat membantu Anda dalam menghitung kas, aktiva, piutang, hingga hutang perusahaan. Persediaan barang ini Membikin perusahaan Dapat menganalisis perkembangan usaha dan membandingkannya dengan tahun sebelumnya. 

Langkah Mengontrol Stok Barang

Dalam mengontrol stok tentunya Eksis beberapa hal yang perlu Anda lakukan, seperti:

1. Mengelompokkannya

Langkah paling mudah dalam mengontrol persediaan adalah dengan mengelompokkan barang yang Anda miliki. Dalam proses pengelompokan ini, Anda Dapat mengelompokkan sesuai dengan kebutuhan. Pengelompokan ini bertujuan Buat mempermudah Anda dalam manajemen persediaan berdasarkan keperluan. 

2. Disiplin Terhadap Proses Stok Barang

Selalu disiplin dalam proses pencatatan persediaan merupakan hal yang Krusial Buat Anda lakukan. Anda harus selalu rutin dalam melakukan pemeriksaan barang. Selain itu, Anda juga harus mengelompokkan barang sesuai tempatnya. 

Baca Juga:   Warehouse Management System: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

Ini bertujuan Buat mengurangi kondisi stok yang Tak teratur. Karena, barang Anda akan mudah hilang Kalau penyimpanan yang Anda lakukan Tak Betul.

3. Stok Barang Terjual

Memeriksa stok barang terjual juga menjadi salah satu Langkah mengontrol atau manajemen persediaan. Memeriksa persediaan barang Dapat Anda lakukan setiap hari. Tujuannya adalah Buat memeriksa berapa banyak barang yang terjual dan persediaan barang yang Tetap tersisa.

4. Membedakan Jenis Barang

Membedakan mana barang yang mahal dan Tak tentunya akan membantu Anda dalam memanajemen persediaan barang. Karena barang dengan harga mahal Niscaya akan lebih rentan hilang. 

Oleh karena itu, manajemen persediaan harus lebih teliti Tengah dalam mengontrol persediaan. Ini bertujuan agar perusahaan Tak dirugikan Kalau Eksis barang persediaan dengan yang hilang atau rusak. 

Baca Juga: 8 Langkah Manajemen Stok Barang di Penyimpanan

Manfaat Adanya Pencatatan Stok Barang

Selain tips mengelola stok, adanya pencatatan persediaan ini juga Mempunyai manfaat. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang Dapat Anda dapatkan dengan pencatatan persediaan barang:

1. Mencocokkan Jumlah Barang

Laporan persediaan barang ini bermanfaat Buat mencocokkan jumlah barang. Bagus yang Eksis di Penyimpanan maupun yang Eksis di pembukuan barang. 

2. Menganalisis Perkembangan Usaha

Laporan stok barang Rupanya juga bermanfaat Buat menganalisis perkembangan dari usaha yang sedang Anda jalankan. Ini Dapat Anda lakukan karena Anda Dapat membandingkan jumlah dari persediaan barang yang Anda miliki.

Baca Juga:   Crane: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya di Pergudangan

3. Mempercepat Pengambilan Keputusan

Kalau memang terdapat barang yang terbukti rusak atau hilang. Maka, Anda Dapat mempercepat proses pengambilan keputusan mengenai tindakan apa yang harus Anda ambil. Ini Dapat Anda lakukan karena adanya laporan pencatatan persediaan barang.

4. Mengetahui Arus Kas Masuk dan Keluar

Manfaat dari adanya laporan persediaan barang yang terakhir adalah Anda Dapat mengetahui arus kas. Bagus kas masuk dan keluar. Hal tersebut berlaku Buat Seluruh barang yang tersedia. 

Langkah-Langkah Membikin Laporan Stok Barang

Adanya laporan persediaan ini tentu sangat Bermanfaat Buat melakukan proses inventaris barang. Khususnya Kalau Anda Mempunyai lebih dari satu Penyimpanan Buat mengelola usaha Anda. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan Buat Membikin laporan stok:

1. Siapkan Data

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam Membikin laporan persediaan adalah dengan mempersiapkan data terlebih dahulu. Anda harus menunjuk salah seorang Buat mencatat data barang agar hasilnya lebih Seksama.

Nah, dari data tersebut Anda Dapat mengetahui Seluruh transaksi penjualan produk sebelumnya. Selain itu, dengan adanya data ini akan Membikin Anda lebih mudah menentukan Sasaran pasar dan perkiraan penjualan Buat periode selanjutnya.

2. Buat Forecast

Langkah berikutnya yang Dapat Anda lakukan Buat Membikin laporan persediaan barang adalah dengan Membikin forecast. Tujuan dari pembuatan forecast ini adalah Buat mencatat Seluruh persediaan yang Anda butuhkan dalam satu periode. 

3. Cek Barang Sebelum Disimpan

Mengecek barang sebelum menyimpannya merupakan salah satu langkah dalam Membikin laporan stok barang. Tujuannya adalah Buat memberikan kode pada setiap barang yang akan Anda simpan.

Baca Juga:   Apa Itu Hoist, Jenis dan Manfaatnya Buat Pergudangan

Lewat kode ini, Anda Dapat mengetahui apakah barang yang Eksis dalam catatan tersedia atau Tak. Dalam proses ini, Anda Dapat mengetahui barang mana saja yang Mempunyai kekurangan.

4. Memberikan Kode Pada Setiap Barang

Memberikan kode pada setiap barang bertujuan Buat mempermudah Anda dalam mencari barang yang sedang dicari oleh konsumen. Selain itu, memberikan kode pada barang juga memudahkan Anda Buat menata barang. Pemberian kode juga akan mempermudah Anda dalam Membikin laporan persediaan. 

5. Pisahkan Persediaan Lamban dan Baru

Langkah yang terakhir adalah dengan memisahkan persediaan barang yang Lamban dengan barang yang baru. Keluarkan stok yang Lamban terlebih dahulu sesuai dengan jenis usaha yang Anda jalankan. 

Kalau menjual barang-barang yang Mempunyai Lepas kedaluwarsa, maka Anda Dapat menggunakan sistem first in first out. First in first out ini artinya keluarkan terlebih dahulu persediaan barang yang lebih Lamban. 

Sementara itu, Kalau menjual barang sesuai dengan tren, Anda Dapat menggunakan sistem last in first out. Jadi, barang yang baru masuk tentunya merupakan model yang paling terkini. 

Baca Juga: Kitab Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Langkah Membuatnya Terlengkap

Sudah Paham Bagaimana Langkah Mengelola Stok Barang?

Itulah penjelasan tentang pengertian stok barang, manfaat, dan Langkah Membikin laporan persediaan yang perlu Anda ketahui. Dengan adanya laporan persediaan barang ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mengelola barang yang Anda miliki. Semoga membantu!