Misalnya Bisnis Plan Sederhana Cocok Buat Pebisnis Baru

Contoh Bisnis Plan Sederhana Cocok untuk Pebisnis Baru

Misalnya Bisnis Plan Sederhana Cocok Buat Pebisnis Baru

Bisnis plan merupakan dasar Buat Membikin rencana bisnis secara terstruktur. Dalam plan ini, memuat Arsip yang isinya berupa ide, gagasan pokok, perencanaan, dan lain sebagainya. Anda Mau Membikin bisnis yang rapi? Jangan lewati pembahasan tentang Misalnya bisnis plan di artikel ini.

Misalnya Bisnis Plan Sederhana yang Lengkap

Bisnis plan mencakup 5 unsur Krusial seperti latar belakang bisnis, struktur organisasi, gambaran produk, aset bisnis, penyampaian visi dan misi, potensi keuntungan, Perkiraan pengeluaran rutin, dan lain-lain. Berikut Misalnya bisnis plan yang Dapat Anda tiru, Yakni:

1. Tema Bisnis Plan

Sebagai Misalnya, Buat tema bisnis plan ini adalah Kopi Anak Muda. 

2. Latar Belakang Usaha

Selama bertahun-tahun, kopi telah menjadi bagian yang sangat Krusial Buat menunjang kehidupan sehari-hari.

Tak hanya di satu Daerah saja, melainkan dari berbagai pelosok daerah pun sudah Eksis kedai kopi. Dalih inilah yang Membikin kami membuka bisnis Kopi Anak Muda di daerah Malang, Jawa Timur.

Adapun bisnis ini berfokus pada minuman hangat dan dingin menggunakan bahan dasar kopi, susu, dan es. Kopi Anak Muda juga memberikan kesempatan terhadap para UMKM Buat bekerjasama.

3. Struktur Organisasi

Adapun di Misalnya bisnis plan ini struktur organisasinya adalah sebagai berikut:

  • Pimpinan Manajemen: Rian Firnanda
  • Manager Produksi : Robbert Sulistyo
  • Manager Keuangan : Anas Firmansyah
  • Manager Outlet : Diana Ayu Puspa

4. Visi dan Misi

Bisnis Kopi Anak Muda diharapkan menjadi salah satu usaha yang dapat memberikan Penemuan dan dorongan agar para petani kopi di Indonesia Dapat semakin maju. 

Selain itu, usaha ini juga akan memberikan kesempatan bagi para UMKM Buat menggerakan ekonomi di setiap wilayahnya.

Baca Juga:   Syarat, Langkah, dan Keuntungan Kawan Agen Wahana

Meskipun produk kami ini baru, kualitasnya Tak sembarangan. Kami Percaya bahwa rasa produk Kopi Anak Muda akan selalu menjadi pilihan Buat penggemar kopi di seluruh Indonesia.

5. Produk dan Aset

Produk Primer dari bisnis kami adalah kopi susu cold yang sedang trend. Kami juga menyediakan beberapa camilan tambahan Buat menemani para penikmat kopi. 

Camilan ini nantinya berasal dari dua sumber yakni produk dari Kopi Anak Muda atau UMKM setempat.

Sementara itu, bisnis ini sudah menyediakan outlet Spesifik dan alat pembuat kopi yang canggih. Kalau ditafsirkan, Kopi Anak Muda mempunyai nilai aset sebanyak Rp80.000.000,00.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membikin Proposal Bisnis Plan yang Kompetitif

6. Sumber Permodalan

Pada Misalnya bisnis plan ini, bisnis Kopi Anak Muda mempunyai modal dari Biaya pribadi yakni senilai dari Rp80.000.000,00.

7. Total Biaya

Berikut adalah sejumlah pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan oleh bisnis Kopi Anak Muda, Yakni:

  • Gaji karyawan : Rp10.000.000,00
  • Bahan baku : Rp15.000.000,00
  • Biaya listrik dll : Rp4.000.000,00
  • Biaya lembur dan pemeliharaan : Rp5.000.000,00
  • Total : Rp34.000.000,00

8. Strategi Pemasaran

Kopi Anak Muda akan menjadi Kawan dari seluruh jasa layanan pesanan online yang tersedia. Dengan langkah ini, masyarakat akan lebih mudah Buat mengetahui produk yang kami buat. 

Tetapi Buat sementara Masa, produk kami hanya akan memberikan promosi gratis tarif dalam jarak kurang dari 3 km dari Letak.

Bagi orang-orang yang suka nongkrong, kami juga menyediakan layanan dine in atau makan di tempat. 

Baca Juga:   7 Aplikasi Wirausaha Online yang Dapat Membantu Anda Berbisnis

Akan tetapi, harus tetap memperhatikan aturan yang berlaku. Buat memperluas Sasaran pasar, kami juga akan mengandalkan promosi melalui internet dan media sosial.

9. Potensi Keuntungan

Menyantap dari Letak outlet serta harga yang bisnis ini tawarkan, Kopi Anak Muda memberikan Sasaran rata-rata penjualan Sekeliling 50 cup per hari. Berikut adalah potensi keuntungannya, Yakni:

Untung kotor – beban pengeluaran rutin = Untung Kudus

Rp40.000.000,00 – Rp34.000.000,00 = Rp6.000.000,00

Jadi, Untung Kudus yang didapatkan Sekeliling Rp6.000.000,00.

10. Rencana Pengembangan Bisnis

Bisnis Kopi Anak Muda Mempunyai rencana pendek, yakni membangun ekosistem komunitas UMKM. Dengan komunitas inilah, kami menargetkan agar masyarakat lebih mudah Buat mengetahui produk ini sehingga memungkinkan Buat meningkatkan penjualan.

Selanjutnya, Kalau di tempat pertama yang kami pilih outlet berhasil berkembang maka kami sepakat akan membuka outlet lain di tempat atau bahkan kota baru. Rencana kerjasama ditargetkan dapat berjalan dalam kurun Masa 4 tahun mendatang.

Baca Juga: Pinjaman Modal Usaha: Pengertian dan Langkah Mendapatkannya

4 Tips Membikin Bisnis Plan yang Efektif

Setelah mengetahui tentang Misalnya bisnis plan, Anda Dapat membuatnya dengan menerapkan 4 tips berikut ini.

1. Pahami Bisnis Anda dengan Bagus

Dari Misalnya bisnis plan di atas, Anda Dapat Paham bahwa isinya secara keseluruhan adalah tentang bisnis Anda sendiri. 

Oleh karena itu, tips yang pertama ialah pahami bisnis yang Mau Anda buat dengan Bagus. Sekiranya apa sih yang perlu Anda persiapkan? Bagaimana budget modalnya? Hingga Bilaman Anda mau memulainya.

2. Riset Secara Menyeluruh

Setelah memahaminya, Anda Dapat melakukan riset secara keseluruhan. Tak hanya tentang bagaimana Anda Dapat menjual produk, melainkan juga apa yang diinginkan konsumen. 

Baca Juga:   Ini Langkah Cari Duit Tambahan yang Dapat Dicoba!

Logika bisnis itu sebenarnya gampang-gampang susah. Kalau produk Anda laku, berarti konsumen suka. Sementara sebagus apapun produk Anda, Kalau konsumen Tak terlalu berminat tentu produk Tak akan laku. 

Maka dari itu, lakukan riset secara detail agar Anda Dapat mengetahui Seluruh informasi secara lengkap.

3. Ketahui dengan Bagus Sasaran Pasar

Kemudian ketahui Sasaran pasar dengan Bagus. Sasaran pasar merupakan orang-orang yang akan Anda jadikan pangsa pasar paling Primer dan potensial. Misalnya seperti Misalnya bisnis plan yang menggunakan topik Kopi Anak Muda.

Buat pasar kopi itu siapa sih? Tentu lebih banyak kalangan anak muda bukan? Usia berapa? Dari kalangan mahasiswa atau siswa ataukah pekerja? Itu yang harus Anda cari Paham.

4. Pahami Strategi Marketing dengan Bagus

Strategi marketing ini merupakan tombak agar bisnis Anda berjalan. Tanpa Eksis strategi yang Bagus, maka bisnis akan tetap berjalan di tempat. Tak akan Eksis kemajuan yang Anda dapatkan. Buat itu, buat strategi dengan efektif agar hasilnya maksimal.

Baca Juga: 9 Kesalahan dalam Mengembangkan Bisnis yang Harus Dihindari, Catat!

Yuk, Mulai Coba Buat Misalnya bisnis plan Sendiri!

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, Misalnya bisnis plan sangat Krusial Buat menunjang wawasan Anda. Melalui informasi ini, Anda Dapat mulai mencoba Buat Membikin kerangkanya bisnis plan terlebih dahulu. Yuk, mulai terapkan! Semakin Lekas semakin bagus juga Buat bisnis Anda. Semoga berhasil!