Inventory Control Methods, Kenali Jenis dan Fungsinya!

Inventory Control Methods, Kenali Jenis dan Fungsinya!

Inventory Control Methods, Kenali Jenis dan Fungsinya!

Bagi Anda yang Mempunyai bisnis, Niscaya Tak asing Tengah dengan masalah kehabisan barang. Nah, Ketika suatu barang yang diminati habis, tentu hal ini akan memengaruhi kepuasan pelanggan. Agar Dapat mencegah peristiwa tersebut, hal yang harus Anda terapkan adalah inventory control methods. Yuk, pahami pengertian dan fungsinya! 

Apa itu Inventory Control Methods?

Metode inventory control merupakan suatu konsep Krusial dalam manajemen rantai pasok dan operasi bisnis dengan tujuan pengelolaan persediaan barang secara efisien, meminimalkan biaya penyimpanan, dan memaksimalkan pelayanan.

Umumnya, metode ini akan menggunakan teknik tertentu Buat memantau stok barang. Secara sederhana, ini adalah sistem Buat memastikan bahwa jumlah produk tetap terjaga. Jadi, perannya akan sangat Krusial dalam sebuah Penyimpanan penyimpanan.

6 Inventory Control Methods

Agar lebih memahami inventory control, simak penjelasan 6 corak metodenya berikut ini!

1. Metode FIFO ( First In First Out)

FIFO merupakan salah satu metode yang Biasa digunakan dalam mengendalikan persediaan. Dalam metode ini, barang-barang yang pertama masuk ke Penyimpanan akan menjadi yang pertama keluar. 

Maksudnya, stok yang lebih Lamban akan dijual atau digunakan lebih dulu daripada stok yang lebih baru. Metode ini umumnya digunakan dalam industri yang persediaan barangnya Mempunyai batas Masa atau masa kedaluwarsa. Contohnya seperti makanan dan obat-obatan. 

Metode FIFO akan membantu perusahaan menghindari risiko barang kedaluwarsa atau rusak. Tetapi, metode ini mungkin Tak cocok Buat Seluruh jenis bisnis. Ini paling cocok Buat barang dengan harga fluktuatif karena Dapat menghasilkan penilaian persediaan yang Seksama. 

2. Metode LIFO 

Jenis inventory control methods lainnya adalah LIFO. Metode ini menggunakan prinsip bahwa barang terakhir yang masuk ke Penyimpanan akan menjadi yang pertama keluar. Artinya, stok yang lebih baru akan dijual atau digunakan lebih dulu daripada stok yang lebih Lamban. 

Baca Juga:   Pick and Pack: Penentu Gagal Tidaknya Pemenuhan Pesanan

Metode ini sering digunakan dalam industri yang harga barangnya cenderung meningkat seiring Masa. Salah satu keuntungan LIFO adalah penilaian persediaan dapat mencerminkan harga pasar yang lebih baru. Ini dapat bermanfaat Kalau harga barang Lanjut meningkat. 

Tetapi, LIFO juga Mempunyai kekurangan. Salah satunya adalah ketidakakuratan dalam penilaian nilai persediaan Kalau harga barang mengalami fluktuasi. Selain itu, metode ini Dapat menciptakan kompleksitas dalam administrasi karena memerlukan catatan yang cermat tentang setiap penerimaan barang. 

3. Metode JIT (Just In Time)

JIT merupakan pendekatan yang bertujuan Buat mengurangi atau bahkan menghilangkan persediaan yang Tak perlu. Dalam sistem JIT, barang atau bahan hanya dipesan atau diproduksi Ketika dibutuhkan. Jadi, Tak Eksis persediaan yang menganggur dalam Penyimpanan. 

Salah satu keuntungan Primer JIT adalah pengurangan biaya penyimpanan karena persediaan minimal. Selain itu, JIT Dapat meningkatkan efisiensi produksi dengan mengurangi Masa siklus dan mengidentifikasi masalah produksi lebih awal. 

Tetapi, JIT juga Mempunyai risiko, Yakni ketergantungan pada pasokan yang Pas Masa. Ini Dapat menjadi masalah Kalau terjadi gangguan dalam rantai pasokan. Oleh karena itu, perusahaan yang menerapkan JIT harus Mempunyai sistem pasokan handal. 

4. Metode ABC (Always Better Control)

ABC merupakan pendekatan Buat mengelompokkan barang atau produk berdasarkan tingkat nilai atau pentingnya dalam bisnis. Golongan A biasanya berisi barang dengan nilai tinggi, Tetapi jumlahnya rendah. Sedangkan Golongan C berisi barang dengan nilai rendah, Tetapi jumlahnya tinggi. 

Golongan A seringkali dikelola dengan lebih cermat karena nilai dan dampaknya yang tinggi terhadap keberhasilan bisnis. Golongan B mungkin memerlukan pengelolaan yang lebih moderat. Sementara Golongan C dapat dikelola secara lebih sederhana. 

Baca Juga:   Apa Itu Hoist, Jenis dan Manfaatnya Buat Pergudangan

Metode ABC akan membantu perusahaan Konsentrasi pada pengendalian yang lebih ketat pada barang dengan nilai tinggi. Jadi, sumber daya Dapat dialokasikan dengan lebih efisien. 

5. Metode Safety Stock 

Salah satu inventory control methods safety stock melibatkan penambahan persediaan keamanan Buat mengantisipasi fluktuasi Tak terduga dalam permintaan atau pasokan. Persediaan keamanan ini bertujuan Buat memastikan bahwa perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan meski terjadi perubahan. 

Penentuan jumlah persediaan keamanan dapat melibatkan analisis historis terhadap fluktuasi permintaan atau ketidakpastian dalam pasokan. Ketika menggunakan metode ini, perusahaan dapat meningkatkan ketangguhan mereka terhadap ketidakpastian dalam lingkungan bisnis 

6. Metode EOQ (Economic Order Quantity)

Metode EOQ bertujuan Buat menemukan jumlah pemesanan optimal yang dapat meminimalkan total biaya persediaan. EOQ mempertimbangkan beberapa Unsur, termasuk biaya pemesanan, biaya penyimpanan, dan tingkat permintaan. 

Metode ini akan membantu perusahaan menemukan keseimbangan yang optimal antara biaya pemesanan tinggi dan biaya penyimpanan tinggi. Ketika menggunakan EOQ, perusahaan dapat menghindari biaya tambahan yang mungkin timbul karena pesanan terlalu besar atau terlalu kecil. 

Baca Juga: Mengenal Manajemen Inventory, Fungsi, Tujuan dan Manfaat

Fungsi Inventory Control Methods

Berikut beberapa fungsi dari metode inventory control:

1. Pengendalian Persediaan yang Efisien 

Fungsi utamanya Buat adalah mengendalikan persediaan secara efisien. Ketika Anda menggunakan berbagai metode seperti EOQ atau JIT, perusahaan Dapat menentukan jumlah pesanan optimal dan Masa pemesanan yang Pas. 

Pengendalian persediaan yang efisien juga berarti Membikin perusahaan dapat menghindari kekurangan stok. Di mana hal ini dapat merugikan pelayanan pelanggan dan reputasi perusahaan. Metode seperti safety stock akan membantu mengantisipasi fluktuasi permintaan atau pasokan dan menjaga persediaan cukup. 

Baca Juga:   Ketahui 5 Tips Hitung Stok Barang Buat Kelangsungan Bisnis Perusahaan

2. Optimasi Biaya Penyimpanan

Inventory control methods jadi salah satu aspek yang diperhitungkan adalah biaya penyimpanan per unit per tahun. Ketika menemukan keseimbangan yang Pas antara jumlah persediaan dan biaya penyimpanan, maka perusahaan Dapat mengurangi beban keuangan yang terkait dengan penyimpanan barang. 

3. Peningkatan Pelayanan Pelanggan 

Mengelola persediaan secara efisien akan bantu perusahaan memastikan ketersediaan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan. Metode seperti JIT memungkinkan perusahaan memberikan produk atau layanan dengan Lekas. Karena, persediaan dijaga dan proses produksi dipercepat. 

Selain itu, metode FIFO akan membantu memastikan bahwa produk yang dijual atau layanan yang diberikan kepada pelanggan adalah barang lebih baru dan Mempunyai kualitas lebih Bagus. Tentu saja, ini berkontribusi pada kepuasan pelanggan dan membangun reputasi perusahaan. 

Baca Juga: Inventaris: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Langkah Mengelolanya

Implementasi Inventory Control Methods di Fulfillment Center

Metode inventory control hadir sebagai alat Buat membantu perusahaan mengoptimalkan dan mengelola persediaan dengan lebih Bagus. Apakah penyedia jasa penyimpanan dan Penyimpanan akan melakukan hal yang sama?

Biteship merupakan penyedia Penyimpanan dan layanan fulfillment yang akan membantu mengontrol inventaris Anda. Dilengkapi dengan teknologi yang Cakap, Anda akan mendapatkan data yang Seksama serta dapat memantau persediaan secara real-time.

Metode yang digunakan Buat inventory control pun dapat disesuaikan dengan jenis barang dan kebutuhan pengguna. Kelebihan penyimpanan dan fulfillment Biteship Yakni menerapkan metode First Expired First Out (FEFO) Buat produk sensitif seperti makanan dan obat-obatan.

Mau eksplorasi lebih jauh mengenai Penyimpanan dan fulfillment Biteship? Hubungi kontak di Rendah ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online Berbarengan tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.