Staff Penyimpanan: Pengertian dan Tugas – Tanggung Jawabnya

Staff Gudang: Pengertian dan Tugas – Tanggung Jawabnya

Staff Penyimpanan: Pengertian dan Tugas – Tanggung Jawabnya

Staff Penyimpanan adalah salah satu posisi yang harus diisi oleh orang-orang kompeten kalau Mau operasional bisnis Tak Tersendat. Karena, posisi inilah yang akan memastikan sirkulasi produk yang berasal dari produsen ke konsumen. 

Memang seorang staff Penyimpanan biasanya Tak memerlukan pekerjaan yang tinggi. Tetapi, posisi ini memerlukan tenaga serta keterampilan dan juga pengalaman kerja. Oleh Karena itu, posisi ini lebih cocok diisi oleh orang yang tubuhnya selalu fit dan prima. Memangnya apa sebenarnya staff Penyimpanan itu?

Staff Penyimpanan Adalah Orang yang Melakukan Bongkar Muat Barang

Dapat dikatakan bahwa staff Penyimpanan merupakan karyawan atau pegawai atau orang yang Mempunyai tugas Biasa yang berhubungan dengan penyediaan barang ataupun logistik. 

Dalam kalimat yang lain, staff Penyimpanan adalah orang-orang yang pekerjaannya menangani persediaan, pengaturan barang, melakukan pendataan stok, memastikan bahwasanya Tak Eksis barang yang kadaluarsa Tiba Membikin laporan setiap selesai melakukan stok opname. 

Dengan begini, staff Penyimpanan Dapat diartikan juga dengan orang yang tugas dan tanggung jawabnya adalah mengawasi kelancaran distribusi serta melakukan penataan barang dalam Penyimpanan penyimpanan bahan baku dan juga produk perusahaan. 

Tak Tiba di situ, orang tersebut juga harus memastikan bahwasanya barang-barang sudah diletakkan sesuai dengan data, daftar sekaligus melakukan pemeriksaan apakah stok opname sudah berjalan sesuai dengan yang Semestinya. 

Baca Juga: Pengertian Stock Opname

Tugas dan Tanggung Jawab Staff Penyimpanan

Staff Penyimpanan Mempunyai tanggung jawab atas selurung barang yang terdapat di dalam Penyimpanan, Bagus itu mengenai perawatannya, pelacakan sisa inventarisnya serta proses bongkar muat barangnya. 

Sedangkan Kalau hendak dirinci lebih jauh Tengah, maka tugas serta tanggung jawab staff Penyimpanan sebagai berikut. 

  1. Bertanggung Jawab Melakukan Bongkar Muat Barang

Staff Penyimpanan kalau Eksis dalam suatu perusahaan logistik yang menyediakan serta menyalurkan barang, akan bertugas Buat memeriksa bongkar muat barang. Tugas yang pertama ini akan dimulai dari pengawasan Tiba dengan pencatatan setiap kali bongkar muat barang tersebut dilakukan. 

Adapun pencatatan tadi, dilakukan dengan meliputi nama barang, jenis barang, jumlah barang, pengirim barang serta penerima barang. Tetapi biasanya tugas ini hanya dilakukan oleh staff Penyimpanan tetap yang memang sudah ditunjuk Buat melakukan pengawasan tersebut. 

Jadi memang tugas yang diamanatkan kepada staff tetap seperti ini cukup berat. Bahkan staff ini pula yang akan mengawasi langsung alur pengiriman serta penerimaan barang. 

Staff Penyimpanan juga merupakan orang yang bekerja dengan Sasaran. Karena, pengiriman barang harus dilakukan sesuai dengan jumlah pesanan yang disanggupi serta diterima dengan berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dengan klien. 

  1. Mengecek Kualitas Serta Kuantitas Barang yang Eksis di Penyimpanan

Tugas lain dari staff Penyimpanan adalah melakukan pengecekan terhadap kualitas serta kuantitas barang. Pengecekan ini dilakukan Bagus barang itu Tetap berupa bahan dasar, bahan yang siap diproduksi, barang yang sudah dikemas maupun barang yang hendak dikirimkan ke tempat lain. 

Tugas kedua ini akan dilakukan oleh Seluruh karyawan yang Eksis dalam Penyimpanan sesuai dengan posisi masing-masing. Sedangkan Buat staff Penyimpanan yang sudah menjadi pegawai tetap, dia akan bertugas mengawasi saja. 

Sedangkan pegawai harian dan pegawai kontrak akan mengecek kualitas dan juga kuantitas barang yang nantinya akan diproduksi, akan dikemas atau akan dikirimkan ke klien. Kualitas serta kuantitas ini memang merupakan hal yang harus diperhatikan betul oleh perusahaan logistik. 

Apabila Rupanya barang yang sudah diproduksi Tak lulu uji, maka barang ini akan dipisahkan. Nantinya, barang tersebut akan memasuki tahap sortir selanjutnya dan akan diberikan perlakuan Spesifik. 

  1. Melakukan Persiapan Pengiriman Serta Penyimpanan Barang

Barang-barang yang sudah Niscaya kualitasnya akan segera diproduksi di pabrik. Terkait dengan hal ini, nantinya masing-masing staff Penyimpanan akan melakukan tugas yang berbeda sesuai dengan posisi yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Tetapi secara Biasa, mereka akan menyiapkan bahan dasar yang akan dijadikan bahan produksi sekaligus melakukan packing. Packing artinya pengemasan dan selain pengemasan, juga akan dilakukan uji kelayakan barang. Baru setelah itu akan dilakukan pengangkutan dan pengiriman barang. 

Sementara Buat staff Penyimpanan yang tetap, akan mengawasi serta bertanggung jawab atas seluruh proses yang terjadi di Penyimpanan. Selain itu, mereka juga harus menguji kelayakan serta melakukan penghitungan jumlah barang. 

Baca Juga: Pengertian Packing

  1. Membikin Laporan Mengenai Aktivitas Barang di Dalam Penyimpanan

Lebih lanjut Tengah, staff Penyimpanan juga bertugas Buat Membikin laporan atau seluruh aktivitas yang terjadi pada barang di dalam Penyimpanan. Sekali Tengah, tugas ini umumnya diemban oleh staff yang sudah berstatus tetap. 

Laporan ini mencakup seluruh barang. Mulai dari jumlah barang yang sudah diproduksi, banyaknya barang yang rusak serta banyaknya barang yang dikirimkan. Seluruh itu harus dicatat dengan detail dan sesuai dengan standar pelaporan yang telah ditetapkan. 

  1. Menandatangani Surat Penerimaan Barang

Staff Penyimpanan juga akan ikut memberikan tanda tangan atas surat masuk yang berhubungan dengan penerimaan barang. Dengan adanya tugas ini, maka staff Penyimpanan harus Paham betul dengan masalah persuratan agar Tak mudah terjebak dalam kasus penggelapan dan penipuan. 

  1. Melakukan Koordinasi dengan Klien dan Dengan Divisi Lain

Lebih lanjut Tengah, menjadi staff Penyimpanan juga harus Dapat melakukan koordinasi dengan divisi lain maupun dengan klien. Hal ini tentunya berhubungan dengan upaya Buat menyiapkan jumlah produk yang telah dipesan. 

Staff Penyimpanan harus Dapat berkoordinasi dengan divisi lain karena memang ini nanti berkaitan dengan keberlangsungan produksi barang. Sedangkan soal Interaksi dengan klien, dapat dilakukan dengan menjaga kualitas serta kuantitas produk dan melakukan pengiriman dengan Pas dan Bagus.

Menjadi staff Penyimpanan memang lebih berhubungan dengan aktivitas fisik sehingga mereka yang berada di posisi ini sebaiknya Mempunyai tubuh yang prima. Meskipun demikian, staff Penyimpanan adalah posisi Krusial sehingga juga Tak Dapat sembarangan merekrut orang Buat menempati posisi ini. 

Biasanya mereka yang memahami supply chain, Bisa melakukan administrasi Penyimpanan, memahami Matematika dasar, teliti serta Bisa berkomunikasi dengan Bagus adalah yang diterima Buat mengisi posisi ini. 

Staff Penyimpanan Buat Membantu Proses Order Anda

Staff Penyimpanan bertugas Buat mengerjakan Seluruh proses operasional di Penyimpanan, salah satunya adalah Buat memproses order Anda Buat dikemas dan dikirim ke ekspedisi agar Tiba ke tangan customer dengan Masa yang lebih singkat.

Buat dapat menikmati layanan tersebut, Anda hanya perlu membayarkan mulai dari Rp 1.000/order. Layanan tersebut adalah layanan fulfillment yang mengerjakan mulai dari merapikan stock Anda, melakukan pengemasan Ketika Eksis pesanan, dan pengiriman. 

Layanan ini biasanya digunakan oleh para pebisnis online yang Mempunyai order dengan jumlah besar, karena sudah cukup kewalahan Buat melakukan semuanya sendiri. Selain harganya terjangkau, layanan ini dapat menghemat Masa Seluruh pemilik bisnis, dan dapat lebih Konsentrasi Buat mengembangkan strategi bisnis dan networking Berbarengan pebisnis lain.

Konsultasikan pengiriman barang skala perorangan atau skala bisnis Berbarengan tim Biteship ke Nomor berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online Berbarengan tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Baca Juga:   Sortir: Pengertian, Manfaat dan Langkahnya dalam Logistik