3 Jenis Hand Stacker Buat Memudahkan Pengangkutan

3 Jenis Hand Stacker untuk Memudahkan Pengangkutan

3 Jenis Hand Stacker Buat Memudahkan Pengangkutan

Memindahkan barang secara Lekas dan efisien akan dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan hand stacker. Alat pergudangan ini Mempunyai tiga jenis berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan, dan fungsi yang Majemuk. 

Anda Dapat menyimak berbagai jenis, fungsi, hingga langkah penggunaannyadalam artikel ini. 

Apa itu Hand Stacker?

Alat yang Dapat juga Anda sebut sebagai hand lift ini merupakan sebuah sarana yang Biasa Anda temukan di bagian pergudangan Buat mengangkat beban. Biasanya, hand lift Mempunyai kapasitas beban yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, tetapi umumnya hand lift dapat mengangkat beban antara satu hingga dua ton.

Langkah hand lift mengangkat beban adalah dengan memakai tenaga hidrolik dengan sistem pompa yang dapat Anda turunkan atau naikkan. Sistem pengangkatan beban oleh hand lift juga Nyaris sama dengan langkah pemindahan beban oleh hand pallet.  Perbedaannya adalah hand pallet Bisa mengangkut 1 Tiba 5 ton.

3 Jenis Hand Lift

Melansir dari Distributor Forklift Jawa Tengah, terdapat tiga jenis hand lift yang berbeda. Ketahui ketiga jenis dan masing-masing Kelebihan hand lift melalui rincian di Rendah ini. 

1. Hand Stacker Manual

Hand lift manual merupakan alat pergudangan yang Dapat Anda manfaatkan Buat memindah barang berkapasitas besaar dengan Langkah manual. Garpu yang terdapat pada hand lift manual berperan sebagai tumpuan atau pengangkat beban yang Eksis di atas pallet.

Sejumlah Kelebihan yang Dapat Anda rasakan dalam penggunaannya adalah hand lift manual Tak memerlukan baterai. Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir akan polusi udara ataupun Bunyi Ketika menggunakannya di dalam ruangan karena hand lift manual Tak mengeluarkan asap atau Bunyi knalpot.

2. Semi Electric Stacker

Eksis pula hand stacker jenis semi elektrik, yang dalam pengoperasiannya tergolong mudah karena telah Eksis sistem elektrik di dalamnya. Akan tetapi, sesuai namanya, hand lift ini Tak dapat sepenuhnya Anda gunakan secara elektrik, kecuali Buat penggunaan garpu/fork Ketika mengangkat beban berkapasitas satu Tiba dua ton.

Baca Juga:   Pergudangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme

Anda Dapat menggunakan semi electric stacker Ketika Anda perlu memindahkan beban dengan ketinggian maksimal 3,5 meter. Keuntungan lainnya adalah Anda tak perlu mengerahkan tenaga terlalu banyak, dan Anda Dapat menghemat Masa Ketika pemindahan barang.

3. Full Electric Stacker

Apabila semi electric stacker terlihat tanggung dalam proses pengoperasiannya, maka Anda Dapat mempertimbangkan Buat menggunakan full electric stacker. Hand lift elektrik dapat Anda gunakan secara Mekanis secara keseluruhan dalam pengoperasiannya, sehingga akan dapat menghemat biaya dan tenaga.

Full electric stacker juga Dapat Anda gunakan dengan efektif di ruang yang sempit, Karena pengoperasiannya yang sangat tangkas dan Lekas. Selain itu, hand lift elektrik berukuran lebih kecil dari forklift, tetapi tetap berkapasitas besar Buat pengangkutan beban.

4 Fungsi Hand Stacker

Selain mengenal jenis-jenis hand lift di atas, Krusial juga Buat Anda mengetahui fungsi dari hand lift. Kira-kira, apa saja fungsi dari hand lift, selain Buat mengangkat dan menurunkan barang? Ketahui rinciannya melalui penjelasan berikut ini.

1. Memindahkan Palet

Umumnya, selain digunakan Buat memindahkan barang, hand lift Normal ekspedisi gunakan Buat menumpuk palet dengan teratur. Dengan menumpuk palet rapi, ruang penyimpanan pun Dapat Anda gunakan dengan maksimal secara efisien.

2. Membongkar Barang

Pembongkaran barang dalam Penyimpanan juga Dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan hand stacker. Misalnya, Anda Dapat memanfaatkan hand lift Buat memindah barang dari area penyimpanan ke truk atau sebaliknya.

Baca Juga:   Mengenal Buffer Stock & Indikatornya, Lengkap dengan Misalnya

3. Memindahkan Material di Area Sempit

Apabila tempat penyimpanan barang relatif sempit, maka penggunaan hand lift tentu akan sangat membantu Anda. Pasalnya, umumnya hand lift dapat menghasilkan manuver yang presisi di area terbatas secara efisien.

4. Menekan Kemungkinan Cedera

Anda dan pekerja lainnya dapat terhindar dari cedera berat apabila Bisa menggunakan hand lift secara Pas karena Tak perlu mengangkat beban yang terlalu berat Buat tubuh Anda. Di samping itu, hand lift dapat melakukan pekerjaan tersebut secara lebih Lekas.

Baca juga: Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Penyimpanan?

5 Langkah Penggunaan Hand Lift

Terdapat lima langkah dasar dalam menggunakan hand stacker, mulai dari persiapan awal hingga penurunan beban. Simak langkah-langkahnya di Rendah ini.

1. Persiapan Awal

Sebelum penggunaan, pastikan Anda melakukan tiga langkah berikut:

  • pastikan Tak terdapat kerusakan pada roda, garpu, serta komponen lain;
  • cek oli hidrolik, segera isi apabila kurang; dan
  • hindarkan barang-barang Tak Krusial di area kerja.

2. Pendekatan Material atau Palet

Ketika akan memindahkan barang, pastikan Anda mendekatkan hand stacker pada palet atau material tersebut. Ikuti langkah berikut ini Buat pengaplikasiannya.

  • Dorong hand lift ke arah material atau palet yang akan Anda angkat;
  • pastikan garpu hand lift masuk ke bagian Rendah palet dengan posisi seimbang.

3. Pengangkatan Beban

Sesudah mendekatkan hand stacker pada barang, Anda Dapat lakukan dua langkah berikut Buat langkah selanjutnya.

  • Guna tuas pompa dan gerakkan naik-turun, hingga palet terangkat dari tanah. Jangan lupa stabilkan dan seimbangkan beban Anda;
  • ingatlah Buat Tak mengangkat barang yang lebih tinggi dari kapasitas hand lift Anda.
Baca Juga:   Intip Langkah Pas Mengelola Biaya Operasional Penyimpanan Buat Bisnis

4. Pemindahan Beban

Apabila beban telah berada di hand lift, lakukan dua langkah berikut.

  • Pegang handle dan tarik atau dorong hand lift ke tempat yang Anda tuju dengan hati-hati;
  • pastikan Anda mewaspadai rintangan yang terdapat di Letak Anda, sehingga barang Dapat Anda pindahkan dengan Bagus.

5. Penurunan Beban

Jangan terburu-buru Ketika Anda telah mendekati Letak tujuan. Simak dua langkah berikut Buat kemudahan menurunkan beban.

  • Pakailah tuas kontrol dengan posisi ‘turun,’ atau sesuai dengan indikasi pada hand lift Anda;
  • turunkan material secara perlahan Tiba barang tersebut menyentuh tanah;
  • mundurkan garpu perlahan dari palet atau material.

Baca juga: Rak Penyimpanan: Fungsi dan Ukuran Standar yang Normal Digunakan

Tetap Bingung dengan Langkah Penggunaan Hand Stacker?

Dalam pergudangan, pemindahan barang atau palet tentu akan sangat sering Anda lakukan. Oleh karena itu, adanya hand lift akan sangat membantu pekerjaan Anda, sehingga Anda Dapat menyelesaikan tugas dengan mudah serta efisien, bahkan di ruangan yang relatif kecil atau sempit.

Menyantap jenis hand stacker yang cukup Majemuk, tentu Anda akan kesulitan memilih mana yang cocok Buat Anda. Akan tetapi, caranya cukup mudah, lo. Anda Dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, seperti Menyantap berat beban yang Normal Anda pindahkan, atau dengan memperhatikan luas ruang kerja Anda.

Kalau Anda kesulitan Buat mengorganisir barang-barang Penyimpanan, maka layanan warehouse dan fulfillment menjadi pilihan yang paling Pas. Selain meringankan beban operasional, warehouse dan fulfillment Biteship sudah dapat diintegrasikan dengan berbagai marketplace.

Memang apa saja keuntungan yang Dapat didapatkan?

Tentu saja dengan menggunakan hand stacker Buat