Apa Itu Hoist, Jenis dan Manfaatnya Buat Pergudangan

Apa Itu Hoist, Jenis dan Manfaatnya untuk Pergudangan

Apa Itu Hoist, Jenis dan Manfaatnya Buat Pergudangan

Setiap industri Niscaya membutuhkan Penyimpanan sebagai tempat penyimpanan barang, Bagus bahan baku atau barang jadi. Guna mempermudah penataan dan pemindahan barang-barang di Penyimpanan, terutama barang besar dan berat, operator Penyimpanan butuh alat angkut yang Pas Buat area dalam ruangan (indoor), seperti hoist.

Memangnya, apa itu hoist dan apa saja manfaatnya selain Buat memindahkan barang di Penyimpanan? Simak ulasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Hoist?

Hoist atau kerekan adalah alat angkat yang digunakan Buat mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal (naik turun). Kerekan merupakan salah satu komponen crane yang dirancang Buat menunjang operasional dan mobilitas pengangkutan barang.

Alat ini banyak dijumpai di berbagai corak industri, seperti pergudangan, manufaktur, Bangunan, transportasi, hingga pertambangan. Mengingat kebutuhan industri yang bervariasi dan harus spesifik, alat ini tersedia dalam beberapa jenis.

Jenis Hoist

Berdasarkan tenaga penggeraknya, terdapat empat jenis kerekan yang Dapat Anda temukan hingga Ketika ini, Yakni manual, elektrik, pneumatik, dan hidraulik. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis!

1. Manual

Prinsip kerja hoist manual seperti katrol, Yakni dengan Langkah mengubah arah gaya dengan menarik rantai kerekan atau menggerakkan tuas (lever). Gaya tersebut ditransmisikan oleh Kekasih roda gigi agar menghasilkan gaya yang besar dan Bisa mengangkat beban yang lebih berat. 

Kelebihan jenis ini adalah mudah digunakan, diperbaiki, dan dirawat karena Tak memerlukan arus listrik. Sedangkan kekurangannya Yakni proses mengangkat atau menurunkan beban butuh Masa lebih Lamban karena menggunakan mekanisme perpindahan gaya secara manual.

Kerekan manual ini Mempunyai dua tipe penggunaan, Yakni: 

  • Chain block: Ukurannya cukup kecil Tetapi Mempunyai kapasitas yang Majemuk, mulai dari 500 kg hingga 30 ton. Tipe ini terdiri dari empat komponen Primer, Yakni roll, chain, gear, dan hook yang mana Membikin cocok Buat pengangkatan rendah, hand overhead crane, atau fixed crane dengan rel tunggal.
  • Lever block: Bisa mengangkat beban vertikal dan menarik beban secara horizontal (Buat mengencangkan sesuatu). Jenis ini cocok Buat mengangkat benda yang cukup berat, Tetapi hanya perlu diangkat sedikit agar Tak menyentuh tanah.
Baca Juga:   Apa itu FIFO, FEFO, dan LIFO dalam Pergudangan?

2. Elektrik

Kalau jenis hoist manual digerakkan oleh tenaga Orang, maka berbeda halnya dengan jenis elektrik yang digerakkan oleh motor bertenaga listrik. Tetapi, jenis ini juga Mempunyai dua tipe Spesifik, Yakni:

  • Electric Wire Rope: Beroperasi dengan menggunakan tali kawat (wire rope) yang terdiri dari banyak untaian logam yang dililitkan pada drum yang digulung menjadi satu. Perangkat tersebut terpasang di bagian atas pada Penyimpanan dan Dapat bergerak di atas rel menggunakan overhead crane.
  • Electric Chain: Perpaduan teknologi seperti pada chain block dan electric wire rope. Fungsinya Buat mengangkat sekaligus memindahkan barang dalam jumlah banyak dan berbobot berat. Kapasitas angkat pada alat ini berkisar 500 kg Tiba 35 ton, dengan ketinggian angkat dari 3-500 meter.

3. Pneumatik

Hoist pneumatik atau air hoist merupakan alat angkat yang digerakkan oleh tekanan udara atau udara yang dimampatkan, sehingga dapat mengangkat beban. Operator akan mengoperasikannya melalui pendant control Buat menaikan dan menurunkan beban.

Jenis kerekan ini relatif lebih Irit karena Tak memerlukan Aliran listrik, bobotnya ringan, Tak memakan tempat, tahan terhadap kotoran, debu, uap, temperatur tinggi dan kelembaban, sehingga lebih awet. Sedangkan kekurangannya adalah pengaturan kecepatannya yang cukup sulit.

4. Hidrolik

Terakhir, hoist hidrolik adalah sistem alat angkat yang menggunakan cairan sebagai media penggeraknya. Alat ini Mempunyai dua komponen Primer, Yakni sisi atas yang terdiri dari struktur rangka besi atau baja. Kemudian, sisi Rendah berupa unit yang dapat mengangkat beban dengan Donasi tekanan hidrolik.

Baca Juga:   Pengertian Pallet Mesh dan Fungsinya dalam Industri Pergudangan

Langkah kerjanya Yakni sisi Rendah kerekan akan memompa fluida masuk ke dalam silinder hidrolik, sehingga akan memberikan tekanan pada piston. Kemudian, piston akan bergerak ke atas atau ke Rendah Buat mengangkat beban yang Eksis di atasnya.

Jenis kerekan ini dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi industri, penggunaannya lebih Kondusif, biaya operasional lebih Irit, dan mempunyai umur Guna lebih Lamban. Kekurangannya adalah keterbatasan ketinggian, semakin tinggi beban yang diangkat, maka dibutuhkan silinder dan cairan hidrolik yang lebih besar.

Baca Juga: Crane: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya di Pergudangan

Manfaat Hoist

Penggunaan hoist mempunyai banyak manfaat di berbagai lini industri, terutama di pergudangan yang berhubungan erat dengan barang-barang yang besar dan berat. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Mengangkat dan Memindahkan Beban Berat

Fungsi yang pertama adalah Buat mempermudah proses pergudangan. Dalam industri pergudangan, kerekan dapat Bermanfaat Buat mengangkat dan memindahkan barang-barang yang berat atau besar dari satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah dan Lekas.

2. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Dahulu, pekerjaan mengangkat barang hanya Dapat mengandalkan tenaga Orang. Tetapi, Ketika ini banyak pergudangan menggunakan kerekan, sehingga proses pengangkatan dan pemindahan barang dapat selesai lebih Lekas dan efisien. Oleh karenanya, efisiensi dan produktivitas kerja semakin meningkat.

3. Menghemat Masa dan Biaya Operasional

Bagi industri, Masa adalah Duit. Dengan menggunakan hoist, Masa yang dibutuhkan Buat mengangkat dan memindahkan barang dapat dipangkas, sehingga biaya produksi jadi lebih Irit. Selain itu, Masa pemuatan dan pengiriman barang juga lebih Lekas.

Baca Juga:   Kitab Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Langkah Membuatnya Terlengkap

4. Memudahkan Pekerjaan di Area yang Sulit Diakses

Beberapa area di dalam Penyimpanan yang mana terdapat barang-barang besar dan berat sering kali sulit diakses oleh pekerja. Adanya alat bantu berupa kerekan dapat membantu pekerja Buat menjangkau area tersebut dan memindahkan barang dengan mudah dan Lekas.

5. Mengurangi Risiko Cedera pada Pekerja

Pekerja Penyimpanan sering kali harus mengangkat dan memindahkan barang-barang yang berat, yang mana dapat meningkatkan kelelahan dan risiko cedera. Sehingga, penggunaan kerekan sangat bermanfaat Buat menghindarkan risiko tersebut dan dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih Kondusif dan sehat.

6. Menjaga Kualitas Barang

Beberapa jenis barang memerlukan penanganan yang hati-hati agar Tak rusak, seperti barang elektronik, barang yang rentan pecah, bahan makanan, dan lain-lain. Hoist bermanfaat dalam menjaga keamanan barang tersebut, karena dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan, seperti sistem pengereman dan pengaman lainnya.

Alat ini dapat memastikan proses pengangkatan dan pemindahan barang dilakukan dengan lebih hati-hati, terkendali, dan Tak akan terjatuh atau terguncang. Sehingga, kualitas barang-barang Penyimpanan akan terjaga dengan Bagus.

7. Mengoptimalkan Ruang Penyimpanan

Kerekan juga dapat membantu mengoptimalkan ruang penyimpanan di dalam Penyimpanan, sehingga lebih tertata rapi dan memungkinkan penggunaan ruang yang lebih efisien. Pasalnya, barang-barang dapat disimpan dan diambil pada rak yang tinggi dengan mudah dan Lekas.

Baca Juga: Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Penyimpanan?

Sudah Paham Tentang Apa Itu Hoist?

Kesimpulannya, adanya hoist akan sangat membantu keberlangsungan penyimpanan atau pemindahan barang Penyimpanan, terutama yang Mempunyai massa yang besar dan mustahil dipindah dengan Langkah manual. Tak heran Kalau alat ini wajib dimiliki oleh industri agar siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.