Tutorial Cetak Resi Ninja Xpress

Tutorial Cetak Resi Ninja Xpress

[ad_1]

Tutorial Cetak Resi Ninja Xpress

Tutorial Cetak Resi Ninja Xpress – Ketika Anda sedang mengirimkan paket atau melakukan transaksi belanja online, Anda akan diberikan nomor yang digunakan Buat melacak pesanan. Nomor ini yang sering disebut dengan nomor resi. Nomor resi merupakan sebuah nomor Aneh yang diberikan kepada paket oleh jasa pengiriman yang akan dikirimkan. Nomor ini nantinya dapat digunakan sebagai bukti pengiriman Bagus dari pengirim maupun penjual. Nomor resi ini utamanya digunakan Buat melacak status pengiriman barang.

Ninja Xpress, perusahaan jasa ekspedisi berbasis teknologi memberikan fitur yang mudah dan Mekanis Buat mencetak resi serta cek tarif. Fitur cetak resi Ninja Xpress dapat diakses Bagus melalui Dashboard Ninja Van atau melalui aplikasi Ninja Biz yang baru diluncurkan. Pelajari Langkah mencetak nomor resi Ninja Xpress melalui artikel berikut ini.

Cek tarif Kargo Seluruh Ekspedisi

Langkah Cetak Resi Ninja Xpress Melalui Dashboard Ninja Van

Buat membantu para pemilik bisnis, penjual barang atau pengirim barang dalam mencetak resi, banyak perusahaan yang menyediakan fitur cetak resi sehingga dapat membantu mereka dalam mencetak resi karena Tak perlu repot melakukannya secara manual. Salah satu perusahaan yang menyediakan fitur ini ialah Ninja Xpress. Selain fitur cetak resi, Ninja Xpress Mempunyai program Ninja Fulfillment Buat permudah bisnis Anda. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan Buat mencetak resi melalui Dashboard Ninja Van di browser. Buat tahapannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser di komputer Anda, Lampau buka tautan Dashboard Ninja Van.
  2. Silakan login menggunakan akun yang sudah Anda daftarkan.
  3. Pada halaman home, silakan klik tombol “Buat Pesanan”
  4. Kemudian pilih jenis pesanan (Pesanan Normal, Pesanan Paket Ninja, Pesanan Pengembalian). Pada bagian ini, silakan pilih “Pesanan Normal”
  5. Kemudian, Anda akan diarahkan pada bagian “Penjemputan”. Pada bagian ini, silakan isi kolom jenis penjemputan, alamat penjemputan, Masa penjemputan dan volume sesuai dengan paket yang akan Anda kirimkan. Setelah Seluruh kolom diisi, klik “Simpan dan Lanjutkan”.
  6. Selanjutnya Anda akan berpindah ke bagian “Pesanan”. Pertama, Anda disuguhkan pilihan Langkah memasukan informasi pesanan Yakni melalui ketik manual menggunakan keyboard atau unggah file dengan menggunakan data yang Mempunyai template .csv.
  7. Setelah itu, isi informasi pemesanan mulai dari nama pelanggan, kontak pelanggan, jenis pengiriman, Masa pengiriman, alamat pelanggan, kode pos, provinsi, kota, kecamatan, perkiraan ukuran paket barang, berat barang dalam kilogram, opsi COD atau COD Advance Ninja Xpress bila Eksis, nilai yang diasuransikan bila Eksis, instruksi pengiriman bila Eksis.
  8. Kalau Seluruh kolom sudah terisi, Lampau klik “Simpan & Lanjutkan”.
  9. Setelah Seluruh bagian diisi, Anda akan diberikan kesempatan Buat kembali mengecek data satu per satu Buat memastikan bahwa setiap informasi yang Anda masukan sudah valid. Silakan klik tombol “Konfirmasi” apabila Anda sudah Percaya.
  10. Pesanan Anda berhasil dibuat.
  11. Buat mencetak resi, Anda dapat klik bagian “Riwayat Pesanan” pada bagian menu di sebelah kiri. Setelah itu klik pesanan yang Mau Anda cetak nomor resinya berdasarkan Lepas pembuatan pesanan atau ID batch.
  12. Klik “Tindakan” Lampau pilih “Lihat Pesanan”.
  13. Setelah pesanan dipilih, Klik tombol “Cetak Airway Bills” yang berada di bagian kanan atas layar.
  14. Pilih jumlah resi dan format kertas (A4 atau A5) yang akan dicetak per halaman. Anda dapat mencetak hingga 4 (empat) resi per halaman.
  15. Setelah itu, muncul tombol bertuliskan “cetak”. Klik tombol tersebut.
  16. Anda akan berpindah ke tab halaman baru. Pada halaman ini, Anda dapat langsung mencetak nomor Resi dengan memastikan bahwa komputer Anda sudah tersambung dengan perangkat printer. Anda juga dapat mengunduh nomor resinya dalam format PDF Buat dikirimkan kepada pembeli.
Baca Juga:   Maersk Gunakan Teknologi Inovatif Buat Sederhanakan Rantai Pasok

Langkah Cetak Resi Melalui Aplikasi Ninja Biz

Selain menggunakan Dashboard Ninja Van yang dapat Anda akses melalui browser, Anda juga dapat mencetak nomor resi hanya dengan menggunakan smartphone yang Anda Miliki dengan menggunakan Aplikasi Ninja Biz. Perhatikan langkah-langkah berikut ini Buat mengetahui caranya:

  1. Silakan unduh aplikasi Ninja Biz di Google Play Store atau di App Store
  2. Lakukan pendaftaran sebagai pengirim atau login akun Anda Kalau sudah mendaftar di aplikasi Ninja Biz
  3. Pada menu home, silakan klik tab “create order”
  4. Isilah detail informasi Buat pengiriman barang Anda seperti nomor telepon, nama penerima, alamat email, provinsi kota atau kabupaten, kecamatan, nama jalan dan nomor rumah, kode pos, instruksi kepada kurir (opsional), alamat pengirim, berat barang, dimensi barang, informasi isi paket (apakah mengandung bahan atau zat berbahaya), dan beberapa informasi lainnya.
  5. Setelah pesanan berhasil dibuat, akan muncul pilihan Buat mencetak nomor resi paket Anda. Atau Kalau perangkat printer Anda Tak mendukung Buat cetak resi melalui aplikasi Ninja Biz, Anda dapat memilih ekspor nomor resi Anda dalam format PDF. Sebagai info tambahan, Ketika ini aplikasi Ninja Biz Bisa terhubung dengan printer yang bermerk Paperang dan Xprinter.
  6. Selanjutnya Buat mencetak nomor resi, Terdapat 2 (dua) Langkah Buat melakukannya Yakni menghubungkannya melalui kabel USB atau IP Address.
  7. Apabila perangkat printer telah berhasil terhubung dengan smartphone Anda, maka silakan klik tombol “Cetak”.
  8. Nomor resi Anda berhasil dicetak.
Baca Juga:   Self Declaration Anteraja (Pengertian, Syarat & Misalnya)

Manfaat Nomor Resi

Selain sebagai bukti pengiriman barang, nomor resi juga Mempunyai manfaat lainnya. Simak beberapa manfaat dari nomor resi berikut ini:

  1. Bukti pesanan telah dikirim. Nomor resi dapat menjadi bukti valid bahwa pesanan dari pelanggan telah dikirimkan oleh penjual. Hal ini menjadi bentuk komitmen menjaga kepercayaan para pembeli. Biasanya, pelanggan akan menanyakan nomor resi kepada pihak penjual Buat mengkonfirmasi apakah barang pesanan mereka telah dikirim. Tanpa nomor resi, kepastian pengiriman barang Tak Dapat diprediksi karena Dapat saja pihak penjual Tak memberikan jawaban yang valid. Oleh karena itu, setiap pengiriman barang Krusial sekali Buat mencantumkan nomor resi sebagai bukti bahwa paket telah dikirimkan.
  2. Memudahkan pelanggan dalam melacak pesanan Ninja Xpress. Tak hanya sebagai bukti bahwa paket telah dikirimkan, nomor resi juga akan digunakan Buat melacak informasi terkini terkait dengan status paket. Melalui nomor resi, pihak pembeli dapat memantau secara langsung pergerakan paket selama proses pengiriman. Selain itu, informasi yang tercantum melalui nomor resi dapat memberitahukan Perkiraan pesanan tiba dan kendala yang terjadi selama pengiriman.
  3. Menunjukkan profesionalitas penjual. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menjaga kepercayaan pelanggan merupakan hal yang sangat Krusial bagi para penjual. Selain kualitas produk, berbagai aspek lainnya juga perlu diperhatikan. Dengan menyediakan nomor resi, hal ini menunjukan bahwa Anda Mempunyai profesionalitas dan kredibilitas dari usaha Anda. Sehingga pelanggan semakin Percaya Buat melakukan pembelian produk Anda.
  4. Meminimalisir human error. Nomor resi juga dapat dianggap sebagai identitas dari paket itu sendiri yang membedakan paket satu dengan paket lainnya. Dengan begitu, hal ini dapat meminimalisir kesalahan yang diakibatkan human error mengingat volume pengiriman paket yang tinggi.
Baca Juga:   Truk Dilaporkan Sibuk pada Akhir Pekan Black Friday

Melacak paket merupakan salah satu langkah Krusial dalam langkah pengiriman paket di Ninja Xpress maupun di ekspedisi lain. Demikian ulasan singkat mengenai tutorial cetak resi Ninja Xpress beserta manfaatnya bagi pembeli maupun penjual. Anda dapat mencetak resi dengan mudah Bagus melalui komputer atau smartphone. Selain itu, Anda juga dapat memberikan resi kepada pihak pembeli dengan format PDF. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Cek tarif Kargo Seluruh Ekspedisi
[ad_2]