Sortir: Pengertian, Manfaat dan Langkahnya dalam Logistik

Sortir: Pengertian, Manfaat dan Langkahnya dalam Logistik

Sortir adalah proses Buat memilih suatu produk ataupun jasa. Ini biasanya dilakukan Buat mendapatkan produk yang sesuai. Jadi, proses sortir dilakukan Buat memisahkan atau mengkategorikan produk.

Langkah ini biasanya diterapkan di berbagai bidang. Spesifik pada bidang logistik, biasanya proses sortir juga akan dilakukan Buat memudahkan proses pengiriman. Jadi, prosesnya Dapat lebih efisien dan menghemat Masa.

Dalam Logistik, Manfaat Sortir Adalah?

Manfaat dari sortir Rupanya Dapat meningkatkan kualitas ataupun pendapatan yang dimiliki oleh perusahaan. Buat mengetahui apa saja manfaat sortir selengkapnya Dapat disimak di Rendah ini.

Efisien Masa

 Sorter adalah hal terpenting yang dilakukan Buat melakukan proses efisiensi Masa. Ini harus dipikirkan dengan Bagus karena Masa yang efisien akan menentukan apakah produk Dapat diterima dengan Bagus atau Tak.

Proses sortir ini juga akan memudahkan data manifest. Buat yang belum Paham, data manifest adalah kumpulan dari beberapa daftar barang yang biasanya Eksis dalam pengiriman tersebut.

Apabila produk-produk yang Eksis di sana sudah disortir dengan Bagus data manifest yang nantinya diberikan juga lebih sederhana. Ini akan memudahkan proses pengecekan sehingga minim terjadi kesalahan.

Menghindari Salah Kirim

Ketika melakukan sortir biasanya akan Eksis proses pengelompokan sesuai dengan kategori. Pengelompokan ini dilakukan Buat menghindari adanya kesalahan dalam proses pengiriman.

Selama ini proses logistik khususnya yang berhubungan dengan pengiriman sering sekali mengalami kesalahan. Beberapa produk yang harusnya dikirim ke tempat tertentu Malah salah arah karena proses penyortirannya Tak dilakukan.

Baca Juga:   Mengenal Manajemen Inventory, Fungsi, Tujuan dan Manfaat

Itulah kenapa proses sortir ini memang dilakukan dengan sangat Bagus dan Tak Dapat sembarangan. Apabila sembarangan, kemungkinan besar akan menyebabkan masalah dan merugikan pihak perusahaan.

Memisahkan Produk dengan Kondisi Tertentu

Pemisahan beberapa produk dengan kondisi tertentu juga harus dilakukan. Misal produk-produk yang lebih mudah rusak ketika ditumpuk serta produk-produk yang mengandung cairan.

Proses pemisahan ini harus dilakukan juga apabila Eksis produk yang Mempunyai harga cukup tinggi dan rendah. Itulah kenapa, Tak Eksis salahnya Buat selalu mempertimbangkan hal ini dengan sangat Bagus.

Karena tanpa adanya proses pemisahan, produk-produk yang nantinya akan dikirim Dapat mengalami kerusakan. Ini akan merugikan perusahaan ataupun Dapat juga merugikan konsumen.

Meningkatkan Layanan

Selanjutnya adalah proses peningkatan layanan yang Dapat semakin tinggi. Proses penyortiran akan Membikin layanan menjadi lebih sempurna. Tak mengherankan, Kalau penyortiran ini akan mempercepat kerja dari kurir ketika melakukan pengiriman.

Apabila proses ini Tersendat, kemungkinan besar akan memicu masalah yang cukup serius. Salah satunya adalah konsumen yang melakukan komplain hingga adanya barang-barang yang rusak atau hilang.

Memudahkan Proses Pengecekan

Proses penyortiran akan memudahkan seseorang ketika melakukan proses pengecekan. Selain dengan menggunakan data manifest, biasanya proses pengecekan juga dilakukan secara manual.

Kemudahan dalam proses pengecekan ini akan mempercepat kerja berbagai divisi. Jadi, Tak Eksis salahnya Buat melakukannya secara cermat agar keseluruhan rangkaian atau supply chain Tak bermasalah.

Baca Juga:   Pergudangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme

Baca Juga: Stock Keeping Unit Adalah Kode Aneh Barang, Apa Sajakah Fungsinya?

Langkah Melakukan Sortir Adalah?

Langkah melakukan sortir Dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah di Rendah ini. Gunakan salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

1. Pengelompokan Alamat

Sorter adalah proses yang sebenarnya cukup panjang. Salah satunya adalah dilakukan dengan pengelompokan alamat yang sesuai dengan Daerah tertentu.

Biasanya pengelompokan alamat ini dilakukan Buat memudahkan proses pengiriman oleh kurir. Jadi, berbagai jenis barang yang nantinya Mempunyai alamat sama Dapat langsung diantar dalam sekali jalan.

2. Pengelompokan Ukuran

Pengelompokan ukuran biasanya dilakukan Buat memudahkan proses pengiriman. Karena dalam proses pengiriman biasanya pengelompokan ini dilakukan pada barang-barang yang ukurannya kecil dan juga ukurannya besar.

Barang yang ukurannya besar biasanya akan dimasukkan ke dalam box besar seperti pickup. Sementara itu Buat yang Mempunyai ukuran kecil Dapat langsung dikirim dengan menggunakan sepeda motor.

3. Pengelompokan Jenis Jasa yang Dipakai

Selanjutnya adalah proses pengelompokan sesuai dengan bidang jasa yang dipilih. Beberapa orang memilih paket pengiriman hari yang sama atau Dapat juga paket pengiriman next day.

Apabila menemukan paket pengiriman hari yang sama, kemungkinan besar akan lebih direkomendasikan. Sementara itu, apabila memilih paket versi reguler biasanya akan disesuaikan dengan maksimal pengiriman.

4. Pengelompokan Jenis Barang

Selanjutnya adalah pengelompokan jenis barang yang nantinya akan dikirim. Barang-barang yang cukup mudah mengalami kerusakan biasanya akan sedikit dibedakan.

Baca Juga:   Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Penyimpanan?

Selain itu, barang-barang yang mudah mengalami kerusakan juga akan dibedakan. Itulah kenapa, pengelompokan ini sangat Krusial Buat memudahkan proses pengiriman.

5. Diserahkan ke Kurir

Tahap terakhir adalah dengan menyerahkannya pada kurir. Setelah diserahkan maka proses selanjutnya adalah dikirim ke Letak yang sesuai.

Sortir adalah proses yang dilakukan Buat memudahkan proses pengiriman. Dengan melakukan ini, prosesnya Dapat berjalan dengan mudah. Bahkan, Dapat memaksimalkan keuntungan yang nantinya akan diterima.

Baca Juga: Packing: Pengertian dan Langkah Packing yang Betul

Sortir Barang Rapi dan Tertata, Kunci Minimnya Kesalahan Pesanan

Salah satu resiko dari lemahnya proses sortir Yakni kesalahan Ketika packing pesanan. Hal ini disebabkan oleh penyimpanan barang yang Tak sesuai dengan tempat semestinya. Alhasil, Kalau kesalahan ini Lanjut dilakukan maka akan berdampak pada kepuasan pelanggan, tingginya biaya return, serta pemborosan packaging.

Biteship sebagai penyedia Penyimpanan dan fulfillment selalu memastikan Seluruh barang disimpan di tempat yang telah ditentukan. Pengelolaan sortir di Biteship pun sudah sistematis sehingga Kesempatan kesalahan penyimpanan barang sangat rendah.

Platform Biteship juga memberikan kemudahan proses automasi serta visibilitas terhadap jumlah stok. Anda Tak perlu khawatir dengan proses penyortiran, pengemasan, dan pengiriman karena staff Biteship sudah terlatih dan dijamin andal.

Konsultasikan masalah penyimpanan Anda dan dapatkan solusinya melalui tim kami di nomor berikut:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online Berbarengan tim Biteship pada link berikut ini:

Jadwalkan Pertemuan.