Pergudangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme

Pergudangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme

Pergudangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme

Bisnis industri dan perdagangan Tak Dapat dilepaskan dari pergudangan dan warehousing. Aktivitas pergudangan Mempunyai peran yang sangat Krusial Buat keberlangsungan bisnis. Tetapi apa pengertian pergudangan itu sendiri?

Tak hanya berlaku Buat bisnis yang berskala besar, sistem pergudangan sebaiknya dipraktikkan pada bisnis skala kecil agar persediaan barang dapat terkendali dengan Bagus. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memahami tentang pergudangan.

Pengertian Pergudangan

Buat memahami tentang pergudangan, Anda sebaiknya memahami definisinya terlebih dahulu. Pergudangan adalah serangkaian proses sistematis yang berhubungan dengan penyimpanan dan pengawetan barang berskala besar di dalam Penyimpanan.

Pergudangan Tak hanya berkaitan dengan aktivitas penyimpanan barang. Di dalamnya juga terdapat proses penanganan barang lain. Dimulai dari penerimaan dan pencatatan barang, penyimpanan, penyortiran, pelabelan, hingga proses distribusi barang ke pihak selanjutnya.

Sementara Penyimpanan sendiri Dapat didefinisikan sebagai tempat yang digunakan Buat penampungan barang. Penyimpanan umumnya dimiliki oleh perusahaan dan dijadikan sebagai tempat transit sebelum barang dikirimkan ke agen atau tangan konsumen akhir.

Baca Juga: Pengertian Staff Penyimpanan dan Manfaatnya

Fungsi Pergudangan

Secara Biasa, pergudangan Mempunyai 3 fungsi, Yakni movement, storage, dan information transfer dengan penjelasan detail di Rendah ini.

1.     Movement

Movement juga dapat disebut sebagai material handling. Fungsi ini terbagi menjadi 4 aktivitas Primer sebagai berikut.

Merupakan proses penerimaan dan pengecekan barang sesuai dengan Arsip pengiriman yang dilampirkan oleh pengiriman.

Transfer adalah proses pemindahan barang yang sudah diterima dan sudah lolos dari proses pemeriksaan atau pengecekan. Selanjutnya barang akan dibawa ke Penyimpanan penyimpanan.

Baca Juga:   Girder Trolley: Pengertian, Fungsi, Fitur, dan Jenis-Jenisnya

Kegiatan memindahkan barang dari Penyimpanan penyimpanan. Selanjutnya barang dipersiapkan Buat proses pengiriman.

Proses pengiriman barang ke konsumen sesuai dengan permintaan. Dalam proses ini juga disertai dengan pembuatan Arsip pengiriman.

2.     Storage

Fungsi storage berhubungan dengan penyimpanan barang yang sudah diterima oleh Penyimpanan. Fungsi ini meliputi 4 aktivitas Primer berikut ini.

  • Holding/ penyimpanan yang bertujuan Buat melindungi keamanan barang dan memastikan persediaan barang dan melindungi keamanannya.



  • Consolidation adalah proses konsolidasi barang meliputi proses inbound (barang masuk) dan outbond (barang keluar).



  • Outbond dispertion atau beak bulk



  • Goods in process atau product mixing.

3.     Information Transfer

Fungsi yang terakhir adalah information transfer, Yakni informasi yang Seksama dan Pas Masa. Adapun informasi yang diperlukan antara lain:

  • Persediaan barang



  • Perputaran barang



  • Pemakaian barang persediaan



  • Pemanfaatan ruang di dalam Penyimpanan



  • Personalia



  • transportasi

Baca Juga: Pengertian Fifo, Fefo, dan Lifo Dalam Pergudangan

Tujuan Pergudangan

Pada awal pembahasan sudah sempat disebutkan bahwa tujuan pergudangan adalah Buat mengendalikan persediaan barang. Lebih jauh, pergudangan Mempunyai tujuan yang lebih kompleks. Berikut adalah beberapa tujuannya.

  • Menjaga agar penerimaan dan pengeluaran barang berjalan dengan Fasih.



  • Menertibkan administrasi pergudangan yang dapat dipertanggungjawabkan.



  • Melakukan penyimpanan barang dengan Pas sehingga barang yang Eksis mudah dicek, ditemukan, serta diambil sesuai dengan keperluan.



  • Mengatur barang secara Pas agar dapat menjamin keselamatan dan keamanan barang.



  • Merawat barang dengan Bagus sehingga siap Guna dan Tak hanya sekadar menjadi barang persediaan di dalam Penyimpanan.

Mekanisme Pergudangan

Selain memahami pengertian pergudangan, Anda juga sebaiknya memahami mekanismenya. Terdapat 3 mekanisme Primer, Yakni penerimaan, penyimpanan, dan pemeliharaan.

1. Penerimaan

Mekanisme yang pertama adalah proses penyerahan serta penerimaan barang dan/atau peralatan di Penyimpanan. Eksis dua hal Krusial yang dilakukan dalam mekanisme penerimaan.

Hal Krusial pertama adalah pendataan mengenai jumlah serta kualitas barang. Barang yang diterima harus diperiksa dan dipastikan sesuai dengan Arsip atau ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya dilakukan pencatatan secara administratif berupa Arsip. Pembuatan Arsip ini dilakukan oleh petugas yang diberi tanggung jawab penuh.

2. Penyimpanan

Penyimpanan menjadi mekanisme kedua setelah barang diterima dan diserahkan ke Penyimpanan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mekanisme penyimpanan, antara lain.

  • Penyimpanan barang harus disesuaikan dengan denah dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.



  • Barang harus Kondusif dari tindak pencurian oleh pihak Tak bertanggung jawab.



  • Penyimpanan barang dipastikan Kondusif dari pencemaran yang bersifat Hidup dan kimiawi agar kuantitas dan kualitas barang Tak berubah.



  • Barang ditata dengan Bagus, menyediakan dengan standar pergudangan.

3. Pemeliharaan

Tak hanya disimpan, pergudangan atau warehousing juga Mempunyai mekanisme pemeliharaan. Hal ini dilakukan Buat menjaga supaya barang yang disimpan terjamin kualitas dan kuantitasnya, serta siap ketika harus digunakan.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Penyimpanan Online

Rekomendasi Layanan Pergudangan

Menangani sistem pergudangan bukan perkara yang mudah. Oleh karena itu, Anda direkomendasikan Buat menggunakan produk layanan pergudangan oleh ahlinya. Salah satu perusahaan yang Mempunyai layanan pergudangan dan fulfillment adalah Biteship (http://biteship.com/).

Layanan yang disediakan sudah mencakup paket lengkap manajemen pergudangan, Yakni penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang ke konsumen.

Dalam menjalankan layanan ini, Biteship menjalin kerja sama dengan Penyimpanan.io. Kerja sama ini menciptakan kemudahan bagi Anda dalam menjalankan bisnis, terutama dalam hal penyimpanan, pengelolaan inventori, monitoring stok, dan pengemasan barang.

Setelah membaca penjelasan di atas, tentu Anda sudah memahami pengertian pergudangan. Dapat disimpulkan pula bahwa pergudangan memegang peranan yang sangat Krusial dalam bisnis perdagangan.

Konsultasikan penyewaan Penyimpanan lengkap dengan layanan fulfillment Berbarengan tim Biteship ke nomor berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online Berbarengan tim Biteship pada link berikut ini:

Jadwalkan Pertemuan.

Baca Juga:   Rak Penyimpanan: Fungsi dan Ukuran Standar yang Normal Digunakan