Langkah Mudah Membangun Toko Online Buat Developer Newbie

Langkah Mudah Membangun Toko Online Buat Developer Newbie

Mempelajari Langkah membangun toko online, jadi Kesempatan besar mengingat pasar online memang punya pertumbuhan pesat di seluruh dunia. Apalagi e-commerce jadi pilihan banyak bisnis Buat go digital dengan lebih mudah. Lampau, apa saja sih yang harus Anda siapkan dan lakukan? Yuk, langsung cari Paham di sini!

Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Sebelum belajar Langkah membangun toko online, Eksis baiknya Anda siapkan apa-apa yang Krusial. Terutama kalau mau memanfaatkan toko online Buat bisnis jangka panjang, maka persiapan yang matang akan jadi poin terbaik, seperti:

1. Riset Niche, Produk, dan Pasar

Sebelum Anda mulai bangun toko online, lakukan beberapa riset pasar terkait niche bisnis, produk, dan pasar. Tujuannya adalah Buat memahami calon customer, kebutuhan pasar, serta tingkat persaingan. 

Sehingga Anda Dapat Membikin strategi terbaik, sesuai bisnis dan strategi pemasaran produk. Hal tersebut juga berlaku Kalau Anda Mau membuka jasa pembuatan toko online, bedanya yang Anda riset adalah bisnis atau produk dari klien.

2. Pilih Nama Domain dan Hosting

Pemilihan nama domain yang mencerminkan bisnis, jadi poin yang tak kalah Krusial. Nama domain yang relevan serta mudah audiens ingat dan ketik akan Mempunyai Kesempatan tumbuh yang besar.

3. Siapkan Properti Katalog Produk dan Deskripsi

Walaupun properti katalog dan deskripsi Dapat Anda siapkan sembari Langkah membangun toko online Anda jalankan. Tetapi, persiapan ini juga cukup Bagus, minimal Buat uji coba. 

4. Pilih Metode Pembayaran dan Pengiriman

Metode pembayaran akan berpengaruh pada platform dan plugin yang nantinya Anda pilih. Tetapi Buat awal, mungkin menggunakan Langkah semi manual lewat transfer bank dan bukti pengiriman Dapat jadi solusi tercepat dan termurah.

Baca Juga:   4 Unsur Krusial tentang Komunikasi Bisnis

5. Masa dan Tenaga

Persiapan berikutnya, sudah Niscaya Anda perlu spend Masa dan tenaga Buat Konsentrasi dalam membangun toko online dari tahap awal. Terutama bagi Anda yang Mau mengembangkan platform pribadi sendiri tanpa Donasi jasa developer.

Baca Juga: Bisnis E-Commerce: Pengertian, Jenis, dan Misalnya yang Menjanjikan

Langkah Membangun Toko Online

Setelah Seluruh persiapan siap, Anda Dapat memulai beberapa tahapan ini dari awal Tiba habis:

1. Hubungi Penyedia Layanan Hosting dan Domain

Langkah paling dasar sudah Niscaya pesan layanan hosting dan domain, sesuai nama domain dan kebutuhan bisnis. Kalau Anda Mau membagun skala yang besar, memilih domain universal seperti “.com”, “.id” atau “co.id” akan sangat membantu optimasi SEO. 

Sesuaikan juga kebutuhan hosting Buat web tersebut. Misalnya Anda Mau mulai dengan skala kecil paket termurah dengan kapasitas 3-5 Gb kemungkinan sudah cukup. Pertimbangkan juga penyedia layanan serta paket yang akan Anda pilih dengan harga yang ditawarkan.

Lampau, Buat durasi, Eksis baiknya memilih jangka tahunan. Walaupun terlihat lebih mahal, Tetapi Kalau Anda hitung kembali range harga bulanannya akan jauh lebih murah. Dari domain dan hosting sendiri perkiraan harga akan tergantung layanan, Tetapi Buat tahap awal kemungkinan Sekeliling Rp100.000,00-Rp250.000,00.

2. Install WordPress dan Mulai Desain Interface

Tahapan berikutnya dalam Langkah membangun toko online adalah menginstal WordPress. Karena platform ini yang paling bersahabat buat pemula. Tampilannya juga cukup mudah Anda pahami dengan fitur yang lengkap, sehingga akan sangat membantu user pemula. 

Baca Juga:   Pemikiran Kompetitif yang Dibutuhkan dalam eCommerce

Belum Tengah komunitas dan media pembelajaran sudah sangat tersebar luas, jadi Anda Dapat mulai dengan lebih mudah. Pilih tema sesuai kebutuhan, Lampau mulailah Membikin tampilan sesuai keinginan. Lampau, Buat tema Anda Dapat pilih gratisan atau langsung yang premium berbayar.

3. Sambungkan dengan Domain 

Kalau Anda rasa sesi desain sudah sesuai kebutuhan dan keinginan, Anda Dapat lanjut Buat menghubungkan WordPress dengan domain. Ikuti tahapan ini: 

  • Pertama buka menu “Upgrade” dengan memilih menu pada bagian sidebar.
  • Pilih fitur “Domain”, Lampau klik tombol “+ Tambah domain”. Akan muncul beberapa opsi, pilihlah “Gunakan domain Punya saya”, Lampau masukkan domain yang sudah Anda beli sebelumnya.
  • Klik lanjut Buat mengirim konfirmasi penyambungan ke pengaturan layanan hosting.
  • Buka notifikasi pengaturan domain dan sambungkan. Kalau selesai, toko online Anda sudah terhubung dengan domain.

4. Install Plugin E-Commerce

Kalau WordPress sudah tersambung dengan domain hosting, Langkah bangun toko online tahap berikutnya adalah instalasi plugin E-Commerce. Anda Dapat pelajari beberapa plugin terlebih dahulu, Lampau pilih yang terbaik. Bagi pemula, penggunaan plugin seperti WooCommerce Dapat jadi pertimbangan terbaik.

Apalagi Buat pengguna WordPress terbaru, biasanya fitur Woocommerce Dapat langsung terhubung Ketika instalasi. Walaupun hanya Dapat Anda gunakan setelah upgrade domain. 

Baca Juga: Plugin WordPress: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

5. Mulai Isi dan Lengkapi Biodata

Langkah selanjutnya adalah melengkapi biodata dalam website, sekaligus dalam plugin Woocommerce. Melalui plugin yang sudah terpasang, Anda Dapat membuka menu “Settings” dan melengkapi seluruh data dari setiap tab yang Eksis. Buat biodata Anda Dapat lengkapi data pada tab “General”.

Baca Juga:   Apa itu PO? Pengertian, Fungsi, serta Langkah Membuatnya

Uniknya, memilih plugin Woocommerce adalah kemudahan dalam mengatur berbagai kebutuhan. Mulai dari katalog produk, kebutuhan dan metode payment, akun privasi, dan berbagai platform integrasi. 

6. Mulai Tambahkan Katalog Produk dan Deskripsinya

Keuntungan menyiapkan foto produk dan deskripsi dalam Langkah membangun toko online adalah pada tahapan penambahan produk. 

Anda hanya perlu membuka menu “Produk” Lampau pilih “Tambahkan Produk Baru”. Setelah itu, tinggal masukkan judul, masukan gambar, dan juga deskripsi yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

7. Mulai Berjualan

Kalau sudah selesai, Anda Dapat periksa apakah web toko online sudah berjalan dengan Bagus atau belum. Di tahap ini, Anda sudah Dapat mulai berjualan. Tapi, Anda butuh booster dari berbagai arah Buat mengenalkan website toko online.

Anda Dapat sebarkan website lewat konten sosial media, merekomendasikan rekan dan keluarga, dan promosi Buat tingkatkan trafik. Dalam tahap ini, strategi pemasaran yang Anda pilih akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan toko online, lho. Karena itu, pikirkan matang-matang, ya.

Baca Juga: 7 Langkah Membikin Toko Online Buat Pemula: 5 Menit Dijamin Jadi!

Sudah Paham Langkah Membangun Toko Online?

Dari penjelasan di atas membangun toko online buat pemula lebih Bagus menggunakan platform yang sudah besar, seperti WordPress dan plugin Woocommerce. Perpaduan ini akan sangat efektif, tergantung dengan strategi pemasaran yang Anda jalankan. Jadi, Bilaman nih Anda mulai bangun toko online?