Facebook Marketplace, Kesempatan Besar Buat Seller Pemula

Facebook Marketplace, Peluang Besar untuk Seller Pemula

Facebook Marketplace, Kesempatan Besar Buat Seller Pemula

Tak Hanya menjadi salah satu sosial media terbesar di dunia, layanan Facebook Marketplace Rupanya makin melambungkan minat para pengguna aplikasi ini. Fitur yang memungkinkan Anda melakukan transaksi online ini akan memfasilitasi para seller pemula dengan Kesempatan pasar yang besar. Yuk, simak fakta menariknya!

Mengenal Facebook Marketplace

Walaupun secara hierarki marketplace ini merupakan sebuah fitur dalam Facebook. Tetapi, secara praktiknya fitur ini sudah setara dengan platform yang berdiri sendiri. Karena pada dasarnya Facebook memang membuatnya terintegrasi langsung dengan akun sosial media pengguna, Bagus sebagai penjual maupun pembeli.

Kesempatan pasar dari marketplace ini terbilang cukup besar, karena memungkinkan penggunanya mencari berbagai jenis barang dari baru hingga bekas. Walaupun terkait payment belum Eksis layanan Spesifik dari Facebook, Tetapi platform ini Tetap sangat diminati bahkan bagi seller pemula.

Penjual dan pembeli dalam marketplace Mempunyai wewenang sendiri, terkait metode pembayaran maupun mekanisme pengiriman barang. Terlihat lebih mundur memang Kalau Anda bandingkan dengan platform Spesifik e-commerce lainnya. Tetapi, ini juga akan memberi kebebasan Buat penggunanya, lho.

Kenapa Harus Facebook Marketplace?

Walaupun Tetap Mempunyai beberapa kekurangan, Tetapi platform ini layak Buat Anda pertimbangkan sebagai tahap awal. Pasalnya, Eksis banyak kelebihan yang Dapat menutup beberapa kekurangannya, seperti:

1. Kesempatan Pasar yang Besar

Mengingat platform e-commerce ini berbasis sosial media, pastinya pengguna aktifnya cukup besar dan menggiurkan. Nah, dengan penerapan strategi yang Bagus, Anda Dapat berkesempatan mendapatkan konsumen lebih banyak dan cukup menjanjikan.

2. Jangkauan Luas

Walaupun masalah payment dan distribusi Tak mendapat perhatian Spesifik, Tetapi Tetap sangat memungkinkan bagi Anda menarik minat pasar yang lebih luas. Apalagi Facebook menjadi salah satu sosial media pelopor yang menyediakan layanan iklan dengan spesifikasi dan sistem yang Cakap.

Baca Juga:   Langkah Mudah Membangun Toko Online Buat Developer Newbie

3. Penggunaannya Mudah dan Berkelanjutan

Antar muka e-commerce ini tak jauh beda dengan beranda Facebook, walaupun Eksis beberapa fitur pembeda. Ini akan sangat membantu bagi para pengguna yang Mau melakukan transaksi jual beli. Belum Tengah Eksis kesempatan Interaksi berkelanjutan, karena Facebook Marketplace lebih bersifat intim dan privat.

4. Brand Exposure yang Menjanjikan

Dengan Kesempatan pasar yang besar dan luas, serta Donasi fitur promosi yang Cakap, Membikin platform ini mendukung brand exposure lebih efisien. Sehingga elektabilitas bisnis dan produk dapat Anda tingkatkan dengan mudah.

5. Terhubung Langsung dengan Pembeli

Dalih platform ini lebih intim dan privat adalah karena para penjual dapat terhubung langsung dengan pembeli. Dapat berinteraksi dengan mudah dengan publik tentu meningkatkan efektifitas dan trusted calon konsumen.

Baca Juga: Fitur Atur Jadwal Sale di Marketplace dan Manfaatnya

Risiko Menjadi Seller Facebook Marketplace

Walaupun Mempunyai banyak keuntungan, sayangnya Tetap Eksis risiko yang harus Anda antisipasi dengan Betul. Mau Paham risikonya? Berikut penjelasannya:

1. Rawan Penipuan

Masalah terbanyak dari pengguna platform ini adalah seringnya terjadi kasus penipuan, karena penjual Bandel atau pembeli yang kurang teliti. Terutama pada kualitas barang yang Tak terjamin atau tak sesuai dengan gambarnya. Bahkan beberapa oknum Bandel menjual barang imitasi atau barang rusak.

Selain itu, dari pihak pembeli juga Dapat menipu penjual. Misalnya, pembeli Guna Biaya Imitasi dan bersikeras Buat berkomunikasi di luar Facebook.

Baca Juga:   Toko Online Seniman yang Sukses

2. Tak Eksis Sistem Keamanan Pembayaran

Risiko selanjutnya punya kaitan dengan keamanan pembayaran yang Tak memadai. Facebook Marketplace memang Tak menyediakan layanan payment gateway. Jadi, risiko pembayaran Guna Duit Imitasi, pembeli fiktif, atau penjual kabur juga cukup sering terjadi.

3. Persaingan Ketat

Karena peluangnya yang cukup menjanjikan, banyak terjadi persaingan yang ketat dalam platform ini. Tak sedikit pula yang terlalu Jernih banting harga dan merusak ekosistem perputaran Biaya. 

4. Ulasan Negatif

Risiko lainnya adalah mudahnya oknum Bandel menyebarkan ulasan negatif pada toko yang Anda kembangkan. Pasalnya, karena berbasis sosial media, berbagai ulasan negatif akan sulit Anda kontrol. Hal tersebut akan memicu kerugian besar dan pencemaran nama Bagus bisnis.

Baca Juga: Pengertian Marketplace Facebook dan Langkah Menggunakannya

Strategi Terbaik Jadi Seller Facebook Marketplace

Agar dapat meningkatkan Kesempatan dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, Eksis beberapa strategi yang sekiranya Dapat Anda jalankan. Apa saja, sih? Berikut beberapa di antaranya:

1. Perbaiki Kualitas Foto dan Deskripsi Produk

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah siapkan foto yang proper, juga berikan deskripsi yang Jernih dan mendukung. Pasalnya, Tetap banyak penjual yang asal memberikan harga atau deskripsi produk dan Membikin pembeli Tak Percaya akan produknya.

2. Fast Respon dan Pelayanan Prima

Karena persaingan yang cukup besar, Eksis baiknya Anda meningkatkan responsibilitas dan keaktifan interaksi dengan pembeli. Guna bahasa yang santun dan mudah dipahami Buat menjadi daya tarik bagi pembeli.

3. Cantumkan CP yang Aktif

Buat meningkatkan ketertarikan dan lead masuk dari Facebook Marketplace, Eksis baiknya Anda mencantumkan kontak yang Dapat dihubungi dan aktif. Sehingga Ketika Anda tak sedang online di Facebook, pembeli Dapat menanyakan produk melalui kontak tersebut.

Baca Juga:   Perdagangan Dunia: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

4. Tawarkan Harga Kompetitif dan Jernih

Kalau Anda perhatikan di rekomendasi marketplace yang Eksis, Niscaya Eksis saja penjual yang malas menawarkan harga dengan Jernih. Beberapa hanya menuliskan Rp123,00, Rp100,00, bahkan gratis pada produk yang pasarannya cukup mahal. 

Hal tersebut Malah akan Membikin pembeli malas Buat mencari Paham lebih lanjut terkait produk. Karena penawaran harga yang Jernih dan Asli wajib Anda buat.

5. Manfaatkan Fitur Promosi 

Karena menjadi salah satu pelopor fitur promosi, Eksis baiknya Anda memanfaatkannya dengan Bagus dan bijak. Lakukan analisa pasar, Sasaran pasar, dan kompetitor Buat menentukan strategi pemasaran paling efisien. Gunakan filter yang spesifik agar meraih Sasaran pasar Pas sasaran.

Gunakan konten menarik, serta lakukan Penilaian secara berkala. Anda juga perlu memperbarui konten iklan sesuai tren pasar atau memanfaatkan event tertentu Buat menarik minat pembeli. Berikan pula diskon dan potongan harga menarik, tentunya dengan perhitungan yang matang agar Tak merugi.

Baca Juga: Ketahui Tips Memberi Added Value di Marketplace pada Produk yang Dijual

Siap Jadi Seller di Facebook Marketplace?

Walaupun punya cukup risiko karena beberapa kekurangannya, tapi Kesempatan kesuksesan penjualan lewat platform ini Tetap Eksis. Karena itu, Anda harus belajar Langkah dan strategi pemasaran yang Bagus dan punya sikap jujur. Sehingga, meraup omzet jutaan rupiah bukan Tengah mimpi. Jadi, Tetap mau nolak kesempatan tersebut?