Mengenal Integrasi API Pengiriman dan Rekomendasi Terbaik 2023

Mengenal Integrasi API Pengiriman dan Rekomendasi Terbaik 2023

Mengenal Integrasi API Pengiriman dan Rekomendasi Terbaik 2023

Toko online dapat mendatangkan keuntungan yang cukup banyak bagi pemiliknya. Agar Anda memperoleh keuntungan maksimal, diperlukan beberapa strategi. Salah satunya adalah melakukan integrasi API Pengiriman dengan toko online Anda sehingga pembeli semakin nyaman berbelanja.

Integrasi yang Bagus antara toko online dan API Pengiriman dapat menciptakan fitur pengiriman yang lengkap pada situs atau aplikasi toko online Anda. Dengan demikian, pembeli dapat dengan mudah mengecek tarif dari berbagai layanan pengiriman barang.

Apa Itu API Pengiriman?

Apa sebenarnya API Pengiriman itu? API atau Application Programming Interface adalah tampilan yang isinya berupa sekumpulan protokol dan fungsi Buat menghubungkan suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Kalau dilihat dari pengertian API di atas, maka API Pengiriman dapat diartikan sebagai aplikasi yang menghubungkan toko online dengan aplikasi pengiriman. API Pengiriman diciptakan oleh developer pihak ke tiga atau developer aplikasi pengiriman barang tertentu.

API Pengiriman yang diciptakan oleh pihak ke-3 umumnya memungkinkan toko online terhubung ke banyak layanan pengiriman sekaligus.

Tetapi, API Pengiriman buatan layanan ekspedisi tertentu umumnya hanya menghubungkan toko dengan satu layanan pengiriman saja. Kalau Anda menggunakan jenis API Pengiriman ini, Anda perlu mengintegrasi toko online dengan beberapa API Pengiriman.

Kalau mereka hanya menghubungkan dengan satu aplikasi saja, maka fitur pengiriman di website mereka akan sangat Tak memuaskan.

Langkah Kerja API Pengiriman

API Pengiriman bekerja sebagai perantara antara toko online dan aplikasi pengiriman barang. Langkah kerja software ini dapat diumpamakan seperti pelayan restoran yang mencatat pesanan customer, Lampau menyampaikannya kepada koki, dan selanjutnya mengantar pesanan tersebut ke customer.

Berikut ini rincian Langkah kerja API Pengiriman:

1. Website Toko Online Mengakses API Pengiriman

Ketika pembeli di toko online telah selesai memilih produk, ia akan mengakses fitur pengiriman Buat memilih layanan pengiriman. Pada Ketika itu, toko online akan mengakses API Buat meminta data sesuai yang dibutuhkan pembeli.

Baca Juga:   Strategi Pertumbuhan Ninja Van Guna Google Cloud

Sebagai Misalnya, pembeli memilih metode pengiriman reguler, maka toko online akan meminta data tentang pengiriman reguler berdasarkan alamat pengiriman dan alamat tujuan yang diinput pembeli pada toko online.

2. API Pengiriman Mengirim Request ke Server

Selanjutnya, API Pengiriman akan mengirim permintaan ke server ekspedisi yang menawarkan pengiriman reguler. Dengan kata lain, API akan memberitahu server bahwa toko online X perlu data tentang pengiriman reguler.

3. Server Merespon API Pengiriman

Setelah server mencari data tentang pengiriman reguler dan menemukannya, maka akan mengirim data tersebut ke API Pengiriman. Data ini berupa ongkos kirim reguler dan Perkiraan Masa pengiriman dari beberapa perusahaan ekspedisi.

4. API Pengiriman Meneruskan Respon ke Toko Online

Selanjutnya, API Pengiriman akan meneruskan respon server ke website atau aplikasi toko online. Website toko online selanjutnya akan menampilkan daftar layanan reguler dari berbagai ekspedisi beserta tarif dan Perkiraan Masa pengiriman.

Keuntungan Melakukan Integrasi API Pengiriman dengan Toko Online

Situs atau aplikasi toko online yang terintegrasi dengan API Pengiriman akan memberi beberapa keuntungan bagi pemilik toko.

  • Pemilik toko Tak perlu melakukan update data tarif pengiriman tiap jasa ekspedisi secara manual. Hal ini karena Seluruh update data disediakan oleh aplikasi jasa ekspedisi. Dengan demikian, pemilik dapat menghemat Masa dan bekerja lebih efisien.
  • Seluruh data tentang layanan pengiriman dari berbagai jasa ekspedisi disimpan di server aplikasi asal atau Punya jasa ekspedisi. Dengan begitu, beban server toko online menjadi lebih ringan dan risiko server down dapat dihindari.
  • Aplikasi atau website toko menjadi lebih fungsional karena Bisa menyediakan fitur pengiriman yang lengkap. Fitur pengiriman yang Bagus tentu akan Membikin pembeli suka berbelanja di toko online tersebut.
Baca Juga:   Langkah Lekas Daftar Pengemudi Deliveree

Biteship: Plugin API Pengiriman Anti Ribet

Kini Anda sudah Paham keuntungan integrasi API Pengiriman dengan usaha. Buat menyajikan fitur pengiriman yang lengkap dan dapat diandalkan pada toko online Anda, diperlukan plugin API Pengiriman terbaik. Plugin ini dapat Anda peroleh dari Biteship.

Biteship merupakan platform penyedia solusi logistik toko online. Platform ini menawarkan 3 produk layanan, Yakni Shipping yang berupa layanan pengiriman berbagai kurir, Fulfillment yang berupa solusi penyimpanan produk serta penjualan, dan Plugin yang berupa integrasi layanan ke toko online.

Plugin API Pengiriman dari Biteship memungkinkan pemilik atau pengelola toko online Buat Mempunyai fitur pengiriman yang memuaskan. Plugin yang ditawarkan oleh Biteship Eksis bermacam-corak sehingga Seluruh kebutuhan fitur pengiriman Anda akan terpenuhi

API dari Biteship terhubung dengan banyak perusahaan ekspedisi, cargo, dan kurir instan dalam negeri maupun luar negeri. Jadi, Anda hanya perlu mengintegrasikan toko online dengan satu API Pengiriman dan toko Anda akan terhubung dengan banyak aplikasi.

Kelebihan API Pengiriman dari Biteship

API Pengiriman dari Biteship menawarkan sejumlah Kelebihan, Yakni:

1. Cocok Buat Berbagai Ecommerce Web Developer

API Pengiriman dari Biteship dapat digunakan Buat berbagai ecommerce web developer, contohnya Shopify, Magento, dan Woocommerce. Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan website toko dengan API Pengiriman

2. Pilihan Kurir Sangat Banyak

Dengan menggunakan API Pengiriman dari Biteship, Anda dapat dengan leluasa memilih layanan kurir yang Mau Anda hubungkan dengan toko online. Dalam hal ini, Anda Tak perlu melakukan integrasi satu per satu.

3. Memberi Pengalaman Belanja yang Lebih Bagus Kepada Pembeli

Berkat plugin Rates API, toko online Anda dapat menampilkan daftar tarif dari Majemuk perusahaan kurir dan ekspedisi. Alhasil, pembeli dapat memilih pengiriman yang paling Irit atau sesuai kebutuhan mereka dan merasakan pengalaman belanja yang lebih Bagus.

Baca Juga:   Inilah Langkah Termudah Buat Komplain ke Wahana Express

4. Mempermudah Pengiriman Barang

Dengan adanya plugin Order API, Anda dapat mengirim barang dengan lebih mudah. API tersebut memungkinkan Anda Membikin resi secara Mekanis dan memperoleh layanan jemput paket

5. Mempermudah Tracking Barang

Buat melacak barang yang dikirim, Anda Tak perlu mengunjungi website atau aplikasi perusahaan ekspedisi dan kurir. Dengan tracking API, Anda dapat melacak barang dari berbagai perusahaan kurir melalui toko online Anda.

Tarif Layanan

Biteship menawarkan 4 jenis paket layanan API Pengiriman. Tiap paket dapat Anda peroleh dengan tarif yang berbeda-beda. Tarif tersebut dapat dibayar bulanan atau tahunan.

Pembayaran langsung selama satu tahun memungkinkan Anda menghemat biaya layanan hingga 3 bulan. Berikut ini paket layanan API Pengiriman dari Biteship:

Nama Paket Biaya/Bulan Biaya/Tahun Fasilitas
Starter Gratis Gratis Kurir layanan standard

 

Essentials Rp49.000 Rp549.000 · Kurir layanan standard

· Kurir layanan next day

· Irit Rp39.000

 

Standard Rp79.000 Rp790.000 · Kurir layanan standard

· Kurir layanan next day

· Kurir instan

· Irit 2 bulan

 

Premium Rp99.000 Rp890.000 · Kurir layanan standard

· Kurir layanan next day

· Kurir instan

· Kurir same day

· Kurir kargo

· Irit 3 bulan

Selain paket di atas, Biteship juga menawarkan plugin API Pengiriman yang ditawarkan secara terpisah, Tak dalam satu paket, contohnya Rates API, Maps Search API, Tracking API, dan Order API. Rata-rata tarif layanan plugin API pengiriman tersebut adalah Rp99.000/10.000 API request.

Integrasi API Pengiriman pada website atau aplikasi toko online merupakan salah satu kunci sukses toko online. Buat tujuan ini, Anda dapat menggunakan API Pengiriman dari Biteship yang telah terintegrasi dengan lebih dari 30 layanan kurir.