Deliveree dan Persero Batam Ciptakan Digitalisasi Logistik di Batam

Deliveree dan Persero Batam Ciptakan Digitalisasi Logistik di Batam

Deliveree dan Persero Batam Ciptakan Digitalisasi Logistik di Batam

Buat mendukung Ekosistem Logistik Nasional (NLE) dan Ekosistem Logistik Batam (BLE), Persero Batam dan Deliveree menjalin kemitraan Buat memperkenalkan digitalisasi dan teknologi kecerdasan buatan (AI) ke pasar trucking di Batam.

Kemitraan Deliveree dan Persero Batam

Kedua perusahaan tersebut akan meluncurkan dan mengoperasikan aplikasi trucking dan marketplace Logistika Deliveree mulai bulan Agustus 2023 di seluruh Kota Batam. Aplikasi Logistika Deliveree menggabungkan keahlian logistik dari Persero Batam, yakni kargo darat, kargo udara, bongkar muat, dan pergudangan di Batam. Aplikasi ini juga didukung oleh rekam jejak Deliveree sebagai salah satu perusahaan teknologi pengiriman barang terkemuka di Indonesia.

Kemitraan ini bertujuan Buat memberikan Akibat signifikan pada pasar logistik Batam dengan meningkatkan efisiensi dan tingkat penggunaan truk sehingga biaya transportasi dapat ditekan. Tujuan ini sejalan dengan upaya mendukung NLE dan BLE Buat mempercepat pertumbuhan dan kesuksesan pasar logistik Batam.

Baca Juga: Deliveree Berkolaborasi dengan NLC Buat Meningkatkan Utilisasi Truk

Utilisasi Truk dengan Aplikasi Deliveree Logistika

Menurut Arham S. Torik, Direktur Primer PT Persero Batam, aplikasi Deliveree Logistika akan menyatukan ribuan pengirim dan vendor truk di Batam, memastikan truk-truk tersebut dimanfaatkan sepenuhnya dan mengurangi jumlah perjalanan Hampa.

Baca Juga:   Cek ongkos kirim JNE Mudah Lewat Situs Formal dan Aplikasi

Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam mengatur ribuan pesanan truk harian dan menugaskan truk dan trailer yang Pas, di Masa dan Letak yang Pas. Hal ini memungkinkan truk-truk tersebut digunakan secara optimal dan mengurangi perjalanan tanpa muatan.

Penemuan ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan vendor dan mengurangi biaya transportasi.Pada akhirnya dapat memperkuat dan mendorong sektor jasa logistik yang lebih kompetitif di Batam. Selain itu, hal ini juga menarik lebih banyak investasi dan pertumbuhan ekonomi, sehingga Batam semakin berdaya saing di pasar Dunia.

Dengan adanya aplikasi Logistika Deliveree, pengirim dapat dengan mudah memesan truk box dan prime mover dengan trailer di seluruh Daerah Batam Buat kebutuhan impor, ekspor, dan kargo jalan raya dengan digital sepenuhnya yang mencakup penugasan ke vendor profesional, pelacakan langsung melalui map Buat truk dan kargo jalan raya, tanda tangan dan foto digital, pembayaran atau faktur online, surat jalan elektronik, live chat, dan dukungan pelanggan yang siap sedia 24/7.

Baca Juga:   Dalih Mengapa Pengiriman Ninja Xpress Anda Dibatalkan

Baca Juga: Solusi Logistik bagi UMKM Menjadi Prioritas Kemenkominfo

Dilengkapi Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)

Vendor truk juga akan mendapatkan manfaat dari kecerdasan buatan (AI) dalam mengoptimalkan jadwal melalui aplikasi, yang merekomendasikan pemesanan sesuai dengan Letak, jadwal, dan ketersediaan armada mereka. Dengan demikian, utilisasi truk dapat meningkat secara substansial. Bagi vendor truk, ini berarti berkurangnya Masa menganggurkan armada, berkurangnya truk yang berjalan tanpa muatan, dan peningkatan pendapatan.

Tom Kim, CEO Deliveree Indonesia, menyatakan bahwa ini adalah kesempatan sekali seumur hidup Buat membawa teknologi canggih dan kecerdasan buatan (AI) ke Batam guna mencapai apa yang sebelumnya dianggap sebagai hal mustahil, Yakni menurunkan biaya logistik bagi pelanggan dan meningkatkan pendapatan bagi perusahaan truk.

Baca Juga:   Paket Diteruskan ke Partner SiCepat Tokopedia Artinya Apa?

Beliau menambahkan bahwa situasi ini saling menguntungkan kedua belah pihak yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selain itu, teknologi Deliveree juga memberikan fitur-fitur canggih bagi pengirim barang seperti pemesanan truk sesuai permintaan maupun terjadwal, penugasan armada yang Lekas, pelacakan langsung melalui maps dan pembaruan status, digitalisasi informasi seperti tanda tangan, foto, dan Arsip, serta dashboard terpusat Buat mengelola dan mengoptimalkan pengiriman.

Tom menyambut antusias kemitraan dengan Persero Batam dan Logistika Buat mewujudkan proyek ini di Kota Batam. Kemitraan ini sejalan dengan tujuan NLE yang diprakarsai oleh keputusan Presiden 5/2020 Buat menyelaraskan dan menghubungkan industri logistik Indonesia melalui penggunaan data dan teknologi informasi guna mencapai penyederhanaan dan interkonektivitas, meningkatkan kecepatan dan efisiensi, serta mengurangi biaya dan pemborosan. NLE dipimpin oleh Kementerian Keuangan dengan dukungan dari Kementerian Investasi, Kementerian Perekonomian, Kementerian Perdagangan, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.