Crane: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya di Pergudangan

Crane: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya di Pergudangan

Crane: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya di Pergudangan

Salah satu jenis alat berat yang sering digunakan Buat memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya adalah crane atau katrol. Penggunaan katrol ini sangat membantu mempermudah pekerjaan, terutama Buat yang bekerja di pergudangan. 

Barang berat yang sering kali sulit Buat diangkat, Dapat dengan mudah dipindahkan dengan menggunakan alat ini. Dengan kata lain, crane Dapat Membikin pekerjaan bidang pergudangan lebih efisien. Lebih lengkapnya, berikut pengertian, fungsi hingga jenis-jenis katrol di pergudangan. 

Apa Itu Crane?

Crane merupakan alat yang memanfaatkan sistem kerja tali dan katrol Buat mengangkat material secara vertikal, kemudian menggerakkannya secara horizontal. Adapun jenis barang yang biasanya dibawa adalah barang-barang berat proyek, industri, pergudangan, dan sejenisnya. 

Dalam pengoperasianya, katrol digerakkan dengan motor listrik atau mesin internal dengan minyak atau dengan sistem hidraulik. Adapun secara lengkapnya, alat ini dilengkapi dengan kabel, rantai, atau tali baja yang diatur sedemikian Macam-macam, sehingga menciptakan sistem katrol yang bermanfaat Buat berbagai pekerjaan.  

Fungsi Crane 

Berikut ini beberapa fungsi katrol yang sudah sangat membantu berbagai aktivitas terutama di bidang pergudangan.

1. Mengangkat dan Memindahkan Barang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi Primer dari alat ini adalah mengangkat dan memindahkan material berat dari satu tempat ke tempat lainnya. Caranya pun cukup mudah, Yakni hanya dengan memasangnya di Penyimpanan, Lampau mulai mengoperasikannya Buat mengangkat dan memindahkan barang. 

2. Menyusun Material

Tak hanya memindahkan barang, tetapi crane juga Dapat membantu menyusun material atau barang di pergudangan. Jadi, tentunya akan sangat menghemat Masa dan tenaga Anda yang bekerja di Penyimpanan. Pekerjaan yang biasanya selesai berjam-jam, tentunya Dapat selesai hanya dalam hitungan menit dengan alat ini. 

Baca Juga:   Purchase Order: Pengertian, Manfaat, Format, dan Contohnya

3. Membongkar dan Memuat Barang

Katrol juga Dapat berfungsi sebagai alat dalam membongkar dan memuat barang, terutama kontainer dari satu tempat ke lainnya. Ini karena Eksis beberapa jenis katrol yang Mempunyai kapasitas angkat yang besar, Buat memindahkan kontainer yang notabenenya Mempunyai berat berton-ton.

Baca Juga: Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Penyimpanan?

Jenis-Jenis Crane Pergudangan

Berikut ini beberapa jenis katrol pergudangan lengkap dengan kelebihannya yang sudah sangat membantu banyak pekerja.

1. Overhead Crane

Jenis katrol pertama ini biasanya digantungkan pada langit-langit atau atap bangunan, sehingga memungkinkan Buat memindahkan beban berat ke seluruh tempat. Kelebihan Primer dari katrol ini, Yakni kemampuannya Buat mengangkat beban berat hingga berton-ton. 

Selain itu, katrol ini juga Dapat bergerak ke berbagai arah, sehingga Dapat meningkatkan fleksibilitas dalam memindahkan barang. Tak hanya itu, keuntungan dari katrol ini, Yakni kecepatan dan ketepatannya dalam memindahkan barang, sehingga Dapat Membikin pekerjaan di pergudangan Betul-Betul efisien. 

2. Gantry Crane

Katrol gantry merupakan jenis derek dengan dilengkapi dua kaki atau lebih, yang Dapat berjalan di rel dan Mempunyai kemampuan bergerak secara horizontal maupun vertikal. Keuntungan dari katrol ini, Yakni mobilitasnya yang tinggi, sehingga Dapat dipindahkan dan diposisikan ke berbagai tempat. 

Tak hanya itu, alat ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti kerekan, troli, dan kendali jarak jauh. Dengan Seluruh keuntungan ini, tentu saja akan sangat mempermudah Anda yang bekerja di bidang pergudangan.  

Baca Juga:   Pengertian Pallet Mesh dan Fungsinya dalam Industri Pergudangan

3. Gantry Portable Crane 

Jenis katrol yang Dapat dipasang di Penyimpanan selanjutnya, Yakni katrol gantri portable. Katrol ini terdiri atas balok horizontal yang ditopang dengan dua kaki dan roda vertikal yang pada umumnya menggunakan gimbal, sehingga memungkinkannya Buat mengangkat dan memindahkan beban secara Luwes. 

Tak hanya itu, katrol ini juga mudah Buat dirakit dan dibongkar, serta Tak membutuhkan alat  dan perlengkapan yang terlalu banyak. Selain itu, katrol ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas, sehingga membuatnya cukup cocok Buat berbagai pengaplikasian, terutama Buat pergudangan. 

4. Overhead Stasiun Kerja Crane

Katrol overhead stasiun kerja memang sudah dirancang Buat digunakan di area kecil, seperti bengkel, pabrik, dan pergudangan. Sama seperti sebelumnya, katrol ini juga biasanya digunakan Buat mengangkat dan memindahkan material di dalam area tertentu. 

Kelebihan dari katrol ini, Yakni kemampuannya yang Dapat memaksimalkan ruang dasar. Maksudnya Yakni Anda Dapat mengoperasikan katrol ini di Penyimpanan Anda tanpa menghabiskan banyak ruang. Oleh Karena itulah, katrol ini sangat ideal Buat ruang Penyimpanan yang kecil dan terbatas. 

Tak hanya itu, keuntungan dari katrol ini Yakni kemudahan penggunaannya. Bahkan, Ketika hanya Eksis satu pekerja, katrol tetap Dapat dijalankan, karena sistem operasinya yang menggunakan remote control. Selain itu, katrol ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas yang Dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

5. Jib Crane

Selanjutnya, Eksis katrol jib yang menggunakan tumpuan jib dengan struktur berbentuk tower. Menariknya, katrol ini Dapat berputar hingga 360 derajat, yang tentunya akan sangat mempermudah proses pemindahan barang di Penyimpanan yang notabenenya sempit. 

Baca Juga:   Definisi Safety Stock, Manfaat dan Rumus Menghitung yang Betul

Kelebihan Primer dari katrol ini, Yakni desainnya yang sederhana, sehingga mudah digunakan. Tak hanya itu, struktur yang ringan dan Luwes, Membikin katrol jenis ini banyak dipilih. Yang terpenting, katrol ini juga terjangkau, sehingga pastinya Dapat menghemat biaya produksi nantinya. 

6. Hoist Crane

Jenis katrol selanjutnya Yakni hoist crane yang mana dirancang Spesifik Buat mengangkat material secara vertikal. Katrol ini biasanya dipasang di dinding dan Mempunyai kabel atau rantai yang Dapat naik turun. Nah, karena sistemnya yang seperti ini lah yang membuatnya cocok Buat Anda letakkan di Penyimpanan. 

Tak hanya itu, katrol ini juga Mempunyai sistem program berulang Mekanis. Jadi, Anda Dapat mengangkat dan menurunkan barang dengan lebih Lekas, mudah, dan tentunya akan sangat mengefisiensi pekerjaan di Penyimpanan. 

Baca Juga: Pengertian Forklift, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Sudah Paham Apa Itu Crane?

Secara garis besar, katrol merupakan alat Buat mengangkat dan memindahkan barang, terutama Buat yang berukuran besar dan berat. Karena kemampuannya inilah yang Membikin crane banyak orang pilih Buat membantu pekerjaan mereka di pergudangan. 

Anda juga Dapat melakukan hal sama. Tetapi sebaiknya dalam memilih katrol,  Anda sesuaikan dengan ukuran dan bentuk Penyimpanan serta kebutuhan barang yang akan diangkat. Ini karena setiap katrol Mempunyai sistem kerja dan kemampuan yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat!