5 Langkah Hapus Akun Shopee Secara Permanen & Dalih Penolakan

5 Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen & Alasan Penolakan

5 Langkah Hapus Akun Shopee Secara Permanen & Dalih Penolakan

Eksis banyak Dalih seseorang Mau menghapus akun Shopee. Mulai dari menghindari budaya konsumtif, kebocoran data, ketidakpuasan dengan layanannya, dan Tetap banyak lainnya. Kalau Anda salah satu yang merasakan hal tersebut, maka Anda wajib mengetahui Langkah hapus akun Shopee secara permanen.

Tetapi, sebelum mencoba langkah menghapus akun Shopee, sebaiknya Anda mengetahui berbagai ketentuannya. Selain itu, Eksis beberapa Dalih yang juga Dapat menyebabkan Shopee menolak permohonan penghapusan akun. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Ketentuan Penghapusan Akun Shopee

Sebelum mengetahui Langkah hapus akun Shopee, berikut beberapa ketentuan yang perlu Anda pahami!

1. Tak dapat Dipulihkan 

Ketika Anda sudah memilih Buat menghapus akun, maka akun akan hilang secara permanen dan Tak dapat dipulihkan kembali. Artinya, Anda Tak Dapat Tengah login atau mengakses akun tersebut Buat sekedar Menyantap riwayat transaksi.

2. Koin Hangus

Koin-koin yang Anda miliki sebelumnya akan hangus Berbarengan terhapusnya akun. Karena itu, akan lebih Bagus Kalau Anda segera menggunakan koin yang Eksis sebelum proses menghapus akun terjadi.

3. Shopee Menyimpan Data Anda

Meski pemilik akun sudah Tak Dapat mengakses dan Menyantap riwayat transaksi, Shopee akan tetap menyimpan data transaksi Anda. Ini biasanya berhubungan dengan keperluan audit setelah akun terhapus.

4. Pembuatan Akun Baru

Ketika sudah menghapus akun dan Mau kembali menggunakan Shopee, Anda Dapat Membikin akun baru. Tetapi, Shopee berhak menolak pengajuan Ketika pengguna Mau Membikin akun Shopee berikutnya Buat beberapa Dalih tertentu.

Terlebih Kalau Anda Membikin akun Shopee dengan nomor telepon yang sama dan sudah melakukan penghapusan akun berkali-kali.

Baca Juga:   Langkah Jualan di Shopee: Panduan Lengkap dan Terbaru Serta Tips Jualan

Baca Juga: Mengenal Shopee Pinjaman, Syarat dan Langkah Pengajuannya

5 Langkah Hapus Akun Shopee

Setelah mengetahui berbagai ketentuannya, Anda Dapat melakukan penghapusan permanen dengan Langkah berikut!

1. Buka Aplikasi Shopee

Pertama, buka aplikasi Shopee di ponsel, tablet, atau komputer. Kemudian, login menggunakan username, email, atau nomor telepon yang terdaftar di akun Shopee dan masukkan password yang Betul.

2. Masuk ke Profile 

Ketika sudah masuk dalam akun, Anda akan Menyantap tampilan menu Rekomendasi, Live, Video, Notifikasi, dan Akun Saya pada tampilan bagian Rendah. Pilih menu Akun Saya di bagian kanan Rendah. Scroll Tiba Rendah dan pilihlah menu Pengaturan Akun.

3. Mengajukan Penghapusan Akun Shopee

Setelah masuk ke dalam menu pengaturan akun, Langkah hapus akun Shopee selanjutnya adalah scroll kembali Tiba Anda menemukan pilihan Ajukan Penghapusan Akun. 

Kalau sudah memilih menu tersebut, maka akan muncul peringatan berupa “Minta perhatikan bahwa setelah akun Anda akan dihapus, Anda Tak dapat memulihkannya kembali”. Kalau sudah membaca peringatan penghapusan dan Tetap Percaya Mau melanjutkannya, klik saja “Ok” Buat hapus akun.

4. Lanjutkan Penghapusan Akun

Nantinya, kode Pembuktian OTP akan dikirim pada nomor yang terdaftar pada akun Shopee. Tunggu hingga Anda mendapatkan kodenya, Lampau masukkan kode OTP dan ketik Dalih tentang penghapusan akun. Jangan lupa juga Buat menuliskan alamat email serta periksa syarat dan ketentuan, kemudian kirim.

5. Persetujuan dari Shopee

Langkah hapus akun terakhir adalah menunggu persetujuan dari Shopee. Apabila Anda sudah mengajukan permohonan hapus akun, Shopee akan melakukan peninjauan terlebih dahulu. Tujuannya Buat memastikan Anda Tak melakukan kesalahan.

Baca Juga:   Apa itu PO? Pengertian, Fungsi, serta Langkah Membuatnya

Kalau Shopee telah menyetujui permohonan hapus akun, Anda akan mendapat email sebagai pemberitahuan bahwa akun sudah terhapus secara permanen. Tetapi, Kalau Shopee menolak permohonan Buat hapus akun, tandanya Eksis pelanggaran yang Anda lakukan.

Baca Juga: Langkah Hubungi Shopee Customer Service Berbagai Metode

Dalih Penolakan Hapus Akun

Anda perlu mengetahui bahwa keputusan disetujui atau tidaknya penghapusan akun merupakan kewenangan Shopee. Jadi, meski sudah menerapkan Langkah hapus akun Shopee dengan Betul, penolakan bukanlah hal yang Tak mungkin terjadi. Eksis beberapa Dalih pengajuan hapus akun tertolak. Berikut beberapa di antaranya!

1. Akun Sedang Dibatasi atau Dibekukan

Kalau dalam suatu akun telah terdeteksi terlibat dalam aktivitas mencurigakan yang melanggar syarat atau ketentuan Shopee, maka akun akan dibekukan. Beberapa aktivitas yang dimaksud adalah Membikin pesanan Imitasi, menyalahgunakan voucher atau promo, penipuan transaksi, dan lain sebagainya.

Ketika akun dibekukan atau dibatasi, Anda akan Menyantap pesan pop up Ketika login atau checkout yang memberikan Anda informasi tentang hal ini. Tetapi, tenang saja, Anda Dapat mengajukan banding Buat memulihkan kembali akun. Caranya dengan mengirim formulir permintaan aktivasi pada menu Pusat Informasi Shopee.

2. Tetap Mempunyai Saldo ShopeePay

Penghapusan akun Tak dapat terjadi kalau Anda Tetap punya saldo di ShopeePay. Jadi, Anda Dapat segera memindahkan saldo ShopeePay dengan mentransfernya ke rekening bank. Sehingga saldo Anda akan tetap Kondusif.

3. Eksis Transaksi yang Sedang Berlangsung

Kalau Mempunyai berbagai transaksi yang Tetap berlangsung, Langkah hapus akun Shopee Tak akan akan Dapat Anda terapkan. Sebaiknya, selesaikan dulu sebelum mengajukan penghapusan akun. Contohnya adalah pembayaran barang, cash on delivery (COD), dan lain-lain.

Baca Juga:   Rencana Bangun Armada Kontainer Regional Vietnam

4. Mempunyai Tagihan yang Belum Terbayar

Sebelum mengajukan penghapusan akun, pastikan Anda Tak Mempunyai tagihan apapun. Misalnya SpayLater atau Spinjam. Kalau Tetap Mempunyai tagihan, permintaan Anda hapus akun tentu akan ditolak. 

5.  Batas Penghapusan Akun Telah Terlampaui

Kalau menggunakan nomor telepon yang sama Buat Membikin akun berkali-kali, Anda perlu waspada. Karena, kini di Shopee hanya dapat menghapus akun yang dibuat dengan nomor telepon yang sama (2) dua kali saja.

Contohnya, Anda menghapus akun sekali dan mendaftar Tengah menggunakan nomor telepon yang sama. Maka, Anda hanya dapat menghapusnya sekali Tengah. Kalau mendaftar Buat ketiga kalinya dengan nomor telepon yang sama, Anda Tak Dapat menghapus akun tersebut.

6. Tetap Eksis Saldo Investasi

Anda dapat meminta penghapusan akun ketika saldo investasi atau portofolio di Investasi Pintar, Emas, atau Reksadana sudah Kosong. Kalau Tetap Mempunyai saldo investasi atau portofolio investasi, Anda Dapat menjual seluruh investasi atau portofolio sebelum meminta penghapusan akun.

Sudah Lebih Memahami Langkah Hapus Akun Shopee?

Langkah menghapus akun Shopee secara permanen sangat mudah, bukan? Tetapi, Anda tetap harus memahami berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku dengan cermat agar Tak menyesalinya di kemudian hari. Pastikan juga Tak Eksis pelanggaran atau Dalih lain yang Membikin prosesnya Tersendat, ya!