Apa Itu Freight Forwarding? Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Apa Itu Freight Forwarding? Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Apa Itu Freight Forwarding? Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Freight forwarding adalah jasa yang dikenal sangat membantu kegiatan usaha, khususnya dalam mengurus pengiriman maupun penerimaan barang dari luar negeri. Karena itu, pelaku bisnis yang melakukan ekspor dan impor akan sangat membutuhkan layanan jasa satu ini. Mari pahami fungsi lengkapnya di sini!

Apa Itu Freight Forwarding?

Freight forwarding adalah layanan yang hadir Buat membantu para pengusaha dalam ekspor impor dengan jumlah banyak. Penjelasan mengenai basa ekspor impor ini juga tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan atau Permenhub No. 49 tahun 2017. 

Di peraturan tersebut membahas tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Jasa Pengurusan Transportasi pada Pasal 1 ayat 15. Jadi, jasa freight forwarding merupakan kegiatan yang dilakukan Buat menjalankan pengiriman maupun penerimaan barang. 

Kegiatan ekspor impor ini Dapat menggunakan angkutan laut, udara, darat, atau kereta api. Adapun barang yang Dapat diekspor impor lewat jasa ini cukup Majemuk, antara lain makanan, minuman, hingga bahan baku produksi Buat perusahaan manufaktur. 

Fungsi Freight Forwarding

Fungsi dan peran freight forwarder Tak hanya pada pengiriman dan penerimaan barang, Tetapi meliputi seluruh proses pengiriman. Mulai dari menyimpan dan mengemas barang, mengurus Arsip, menangani surat perizinan kepabeanan, serta memastikan barang Tiba dengan Kondusif di tangan penerima barang. 

Pada dasarnya, jumlah tugas atau fungsi dari jasa freight forwarding Dapat dibilang lebih banyak dari jasa logistik Normal. Salah satu alasannya karena freight forwarding Mempunyai jaringan transportasi lebih luas, mengingat adanya keterlibatan antara dua negara yang berbeda. 

Kemudian, Eksis layanan yang Tak Eksis di jasa logistik Normal. Di mana freight forwarder memberikan tawaran Buat memproses izin operasional ekspor impor barang. Seperti yang Anda Paham, proses izin satu ini jadi salah satu yang menguras banyak tenaga karena berurusan dengan perizinan usaha hingga distribusi barang. 

Baca Juga:   Tutorial Request Pick Up Paket Melalui SiCepat Klik

Nah, tugas dan fungsi lengkap dari penyedia jasa freight forwarding adalah sebagai berikut.

  • Penerimaan barang.
  • Menyediakan jasa penyimpanan barang di Penyimpanan.
  • Pemisahan atau sortasi barang.
  • Pengemasan, pemberian tanda, pengukuran, penimbangan barang.
  • Memilih transportasi, misalnya kereta api, kapal, pesawat, atau lainnya.
  • Menerbitkan dan mengurus penyelesaian Arsip angkutan barang.
  • Memasan ruang angkut barang seperti kontainer atau lainnya.
  • Pengiriman barang.
  • Mengelola distribusi barang.
  • Memperhitungkan biaya angkut dan logistik.
  • Memproses asuransi pada pengiriman barang.
  • Menyelesaikan tagihan dan biaya lain yang diperlukan. 
  • Menyediakan sistem informasi dan komunikasi.
  • Menyediakan layanan logistik Bagus Buat pasar nasional maupun Dunia secara tradisional atau elektronik.
  • Menyediakan teknologi internet Buat keamanan barang selama dalam perjalan.
  • Menyediakan pengangkut kontraktual atau Non Vessel Operator Common Carrier (NVOCC).
  • Mengirim dan menerima barang Spesifik bawaan sesuai dengan peraturan undang-undang yang Eksis

Sudah dipastikan, bisnis yang menggunakan jasa ini Tak akan Tengah dipusingkan dengan segala proses ekspor impor barang karena semuanya akan dikerjakan oleh penyedia jasa. Intinya, jasa ini sangat Bermanfaat Buat proses ekspor dan impor suatu bisnis Bagus dalam skala kecil maupun besar.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Layanan Land Freight Service

Keuntungan Freight Forwarding

Kalau Menyantap dari pengertian dan fungsinya, layanan pengiriman ini sudah tentu Dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Apa saja di antaranya? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca Juga:   Berapa Lamban Durasi Pengiriman POS Indonesia?

1. Pengiriman Lekas dan Kondusif 

Manfaat yang Dapat Anda dapat dari jasa ini, proses ekspor impor barang akan dilakukan dengan Lekas dan Kondusif. Layanan jasa freight forwarder tentu Mempunyai aturan ketat Buat memastikan barang Kondusif Ketika perjalanan dan Tiba dengan utuh.

Selain itu, ekspor impor akan terjadi lebih Lekas karena Anda akan dibantu Buat menyelesaikan prosesnya yang panjang dan banyak. Sehingga, jasa ini menjadi pilihan terbaik agar bisnis Anda Dapat berjalan lebih optimal dan Tak mengecewakan atau mengurangi kepuasan pelanggan. 

2. Mudah dan Efisien 

Keuntungan lain dari freight forwarding adalah proses ekspor impor barang akan dilakukan dengan mudah dan efisien. Apabila Seluruh prosesnya Anda lakukan secara Berdikari, maka dapat mempersulit proses produksi akan memberikan Akibat yang kurang Bagus bagi kualitas produk. 

Penyedia layanan jasa freight forwarder sudah berpengalaman. Jadi, Anda hanya perlu memantau dan memastikan barang Dapat Tiba tujuan secara Kondusif dan Pas Masa.

3. Ramah Buat Bisnis UMKM 

Tak Buat perusahaan besar, jasa ini juga Dapat Anda gunakan sekalipun bisnis Tetap berskala kecil atau UMKM. Lebih bagusnya Tengah, pelaku bisnis kecil maupun UMKM ini Dapat melakukan negosiasi terkait biaya pengiriman hingga mendapatkan harga ekonomis dan Tak akan terlalu memberatkan pelaku usaha. 

4. Ekspor Impor Jumlah Sedikit atau Banyak 

Keuntungan lain dari freight forwarding adalah kuantitas yang Dapat disesuaikan. Kalau Mau menggunakan jasa ini, Tak usah takut tentang masalah kuantitas. Karena, freight forwarder tetap Dapat Anda Guna Bagus Buat barang dengan jumlah sedikit maupun banyak. 

Baca Juga:   Langkah Kirim Barang Perabotan via Kargo Technologies

Keuntungan ini sebenarnya akan sangat terasa bila Anda menggunakannya Buat ekspor impor barang dalam jumlah besar. Bisanya ini akan Dapat lebih menghemat biaya dan Masa.

Jumlah muatan barang ekspor impor menggunakan jasa freight forwarder minimal 10 ton dengan menggunakan kapal laut, wingbox, kontainer, dan pesawat udara. Berbeda dengan pengiriman barang pada umumnya yang hanya Dapat memuat barang Tak lebih dari 10 ton dengan armada mobil box, van, dan truk. 

5. Minim Terjadi Kesalahan Pengiriman

Jasa freight forwarder yang berpengalaman tentu Mempunyai tim dengan tugasnya masing-masing. Sehingga mereka jauh lebih profesional dalam mengirim barang sesuai Mekanisme. Karena itu, kemungkinan terjadinya kesalahan pengiriman akan sangat minim atau bahkan Tak Eksis.

Baca Juga: Custom Clearance Ekspor-Impor Barang dalam Dunia Logistik

Sudah Paham Apa Itu Jasa Freight Forwarding? 

Intinya, freight forwarding adalah adalah penyedia dengan cakupan yang sangat luas. Selain itu, jasa freight forwarder juga sudah banyak hadir di Indonesia Buat membantu para pengusaha dalam urusan ekspor impor barang agar semakin mudah. Layanan yang diberikan sendiri biasanya cukup Majemuk dan Dapat berbeda. 

Karena itu, Anda Dapat memilih mana jenis layanan jasa atau perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Tetapi, pastikan Anda memilih jasa yang Mempunyai track record Bagus, menyediakan garansi, prosesnya transparan, dan prosedurnya mudah. Semoga bermanfaat!