Simak! Langkah Membatalkan Pesanan di Shopee Mudah Anti Ribet

Simak! Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Mudah Anti Ribet

Simak! Langkah Membatalkan Pesanan di Shopee Mudah Anti Ribet

Apakah Anda pernah membeli suatu barang di aplikasi marketplace terbesar Shopee, tapi Rupanya setelah check out Anda Tak tertarik atau salah membelinya? Sehingga, Mau sekali membatalkan pesanan yang sudah terlanjur. Tenang, kami akan memberikan Langkah membatalkan pesanan di Shopee dengan mudah.

Salah satu Langkah membatalkan setiap pesanan yang Eksis di aplikasi Shopee, yakni langsung melalui persetujuan sang penjual. Selain itu, pembeli hanya Dapat mengajukan proses retur barang satu kali Buat setiap pesanan. Buat lebih lanjut, silahkan simak caranya di Rendah ini!

Sekilas Tentang Aplikasi Shopee

Shopee adalah aplikasi toko online yang memudahkan Anda Buat berbelanja, menemukan, dan menjual produk atau layanan apa pun di mana saja. Shopee juga membantu penjual lebih mudah memamerkan produknya, membantu pembeli bertransaksi, dan berinteraksi dengan penjual dengan fitur live chat.

Selain itu, Shopee juga merupakan sarana jual beli online yang menawarkan berbagai jenis barang, seperti fashion, snack, elektronik, perkakas, dan mobil. Shopee pun telah terintegrasi langsung dengan layanan pengiriman serta pembayaran yang Membikin belanja online menjadi lebih mudah serta Kondusif bagi pembeli dan penjual.

Dibandingkan platform marketplace lain, Shopee merupakan salah satu perusahaan marketplace termuda dan Tetap minim pengalaman. Tetapi, promosi yang kuat dapat memungkinkan e-commerce ini berdiri sejajar dengan pesaingnya yang sudah Eksis.

Kelebihan Aplikasi Shopee

Setiap marketplace online Mempunyai kelebihannya tersendiri, tak terkecuali aplikasi Shopee seperti berikut ini:

1. Langkah Bertransaksi Mudah

Kelebihan pertama yakni aplikasi ini memudahkan pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi. Penjual dan pembeli cukup Membikin akun di Shopee, login, dan Dapat langsung melakukan transaksi.

Baca Juga:   Langkah Menyantap Tarif Gojek Tanpa Memesan, Bikin Nyaman!

2. Menawarkan Affiliate

Aplikasi menawarkan fitur affiliate, yakni berbagi link setiap produk yang dijual di aplikasi ini pada platform media sosial. Nantinya, setiap transaksi melalui link yang sudah dibagikan, penjual akan memberikan komisi beberapa persen terhadap orang yang membagikan link tersebut.

3. Terdapat Fitur Live Chat

Aplikasi Shopee menawarkan fitur live chat, dimana pembeli Dapat langsung chat kepada penjual tentang segala bentuk informasi barang yang akan dibeli, seperti persediaan barang, pengiriman, dan lain sebagainya.

4. Terdapat Majemuk Metode Pembayaran

Ketika ini aplikasi Shopee Mempunyai banyak sekali metode pembayaran yang memudahkan pembeli, seperti COD (Cash On Delivery), metode transfer bank, dan dompet digital.

5. Terdapat Gratis ongkos kirim

Yang Membikin banyak orang melakukan belanja online di aplikasi Shopee adalah adanya gratis ongkos kirim. Sehingga, Membikin belanja Dapat menjadi lebih Irit, dimana pembeli cukup membayar barang belanjaan saja.

3 Jenis Pembatalan Pesanan di Shopee

Setelah mengetahui apa itu Shopee serta kelebihannya, berikut ini beberapa jenis pembatalan pesanan yang biasanya terjadi di aplikasi ini: 

1. Pembatalan Secara Instan

Yang pertama yakni pembatalan pesanan secara instan, yakni pembatalan yang dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman barang. Sehingga, Tak perlu menunggu respon penjual terlebih dahulu. 

Pembeli Dapat memilih “Batalkan Pesanan” dan sistem secara Mekanis membatalkan pesanan tanpa harus menunggu respon penjual terlebih dahulu. Tetapi, dengan catatan selama pembatalan dilakukan penjual belum mengatur pengiriman serta memasukan nomor resi.

2. Pembatalan Pesanan Mekanis

Pembatalan pesanan akan secara Mekanis terjadi Kalau: 

  • Penjual belum mengatur pengiriman serta memasukan nomor resi dalam Masa “Masa Pengemasan (Dikirim Dalam)” yang sudah ditentukan. 
  • Penjual Tak login ke aplikasi Shopee selambatnya 7 hari sejak pembeli membayar pesanan barang.
  • Kalau resi pengiriman Tak dikonfirmasi dalam Masa 2 hari setelah berakhirnya “periode pengepakan (pengiriman)”, sehingga barang Tak akan diberikan ke kurir.
Baca Juga:   Cek Tarif J&T Cargo Per Kg Seluruh Indonesia Online, Offline 2024

3. Pembatalan Pesanan Non-Instan

Pembatalan jenis ini biasanya dilakukan oleh pembeli dengan menunggu respon dari si penjual terlebih dulu. Pembeli dapat memilih “Batalkan pesanan” serta menunggu respon penjual dalam Masa 24 jam setelah transaksi. Kalau penjual Tak merespon, pesanan akan dibatalkan secara Mekanis dalam Masa 24 jam.

Penjual berhak menolak permintaan pembeli Buat membatalkan pesanan dan melanjutkan proses pengiriman. Tetapi, pembeli tetap dapat membatalkan pengiriman setelah penjual mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi, kecuali Kalau paket telah diambil oleh layanan pengiriman.

Ketika dalam masa tunggu konfirmasi pembatalan dari penjual, supaya proses lebih Lekas, Anda Dapat menghubungi penjual melalui fitur chat. Tetapi, bila penjual Tak menyetujuinya atau Tak Eksis respon dan Anda tetap Mau membatalkan pesanan secepatnya, maka Dapat meminta Donasi dari pihak Shopee.

Nantinya pihak Shopee akan membantu Buat membatalkan pesanan Anda. Asalkan Dalih yang Anda berikan logis dan Tak melanggar aturan Shopee.

Langkah Membatalkan Pesanan di Shopee dengan Mudah

Berikut ini Langkah membatalkan pesanan di Shopee yang Dapat Anda ikuti Kalau Anda sudah terlanjur check out barang:

  • Pertama, Anda buka aplikasi Shopee. 
  • Lampau, klik menu Pesanan Saya. 
  • Setelah itu, Pilih menu Dikirim. Pilih pesanan yang Mau Anda batalkan. 
  • Scroll layar Lanjut ke Rendah hingga muncul klik tombol Batalkan Pesanan. 
  • Terakhir, Anda Dapat menunggu beberapa Ketika Tiba penjual menyetujui pembatalan pesanan yang Anda ajukan. Kalau sudah disetujui, Biaya akan secara Mekanis dikembalikan ke akun Shopee Anda dalam Masa 1×24 jam atau selama periode 7-14 hari tergantung pada metode pembayaran yang Anda pilih sebelumnya.
Baca Juga:   Harus Bagaimana Kalau Supir Deliveree Harus Menunggu?

Langkah Memeriksa Pesanan yang Dibatalkan di Shopee

Setelah berhasil mengajukan pembatalan pesanan, Anda Niscaya juga Mau Menyantap pesanan apa saja yang sudah Anda batalkan. Berikut caranya:

  • Sebelumnya, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Shopee di perangkat smartphone.
  • Selanjutnya, Anda Dapat membuka aplikasi Shopee dan login menggunakan akun Anda. 
  • Terakhir, Anda hanya perlu klik tab Pesanan Saya. Anda Dapat memilih tampilkan rincian pembatalan. Lampau, Anda Dapat cek status pembatalan yang tertera.

Dalih Kenapa Eksis Pembatalan Pesanan di Aplikasi Shopee

Biasanya, pembatalan pesanan karena beberapa hal seperti berikut ini:

  • Penjual Tak menjawab chat dari pembeli
  • Permintaan dari penjual sendiri 
  • Pembeli Mau mengubah detail pesanan serta Membikin yang baru
  • Penjual Mempunyai produk dengan review serta rating Jelek dari pembeli sebelumnya
  • Penjual menghabiskan Masa yang cukup Lamban Buat mengirimkan pesanan
  • Penjual mencurigakan, karena mengajak transaksi di luar aplikasi Shopee
  • Pembeli mengubah pikiran Buat membeli barang tersebut 

Sudah Paham Langkah Membatalkan Pesanan di Shopee?

Demikian penjelasan singkat mengenai Langkah membatalkan pesanan di Shopee, jenis-jenis pembatalan, serta Dalih mengapa terjadi pembatalan pesanan di aplikasi Shopee. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan!