Plastik Packing: Pengertian, Kelebihan, dan Jenis-jenisnya

Plastik Packing: Pengertian, Kelebihan, dan Jenis-jenisnya

Plastik packing atau kemasan plastik Niscaya sering ditemukan Buat membungkus berbagai jenis barang, mulai dari produk non makanan hingga makanan bahkan minuman. Kemasan plastik digunakan Buat memberi keamanan dan menjaga kualitas produk di dalamnya.

Tetapi, perlu diperhatikan bahwa kemasan plastik Mempunyai Ciri berbeda-beda, khususnya Tak Seluruh plastik Kondusif digunakan Buat mengemas makanan. Memangnya, apa saja jenisnya? Simak informasi lebih lengkap tentang kemasan plastik melalui artikel di Rendah ini!

Sekilas Tentang Plastik Packing

Kemasan plastik merupakan Seluruh bahan atau material dibuat dari biji plastik dan dibentuk sedemikian Macam-macam Buat membungkus atau mengemas produk tertentu. Kemasan plastik yang dimaksud dapat berupa kantung plastik, pouch, kotak makanan, botol, dan lain sebagainya.

Plastik packing memang paling sering digunakan Buat mengemas produk tertentu karena bahannya Luwes, murah, dan membantu melindungi produk. Tak hanya itu, kemasan plastik dipilih karena Dapat menambah nilai estetika bahkan nilai jual suatu produk.

Kelebihan Plastik Buat Packing

Pada umumnya, plastik lebih sering dipilih dan digunakan Buat mengemas berbagai jenis barang. Kenapa? Tentu saja karena kemasan dari plastik Mempunyai lebih banyak kelebihan. Memangnya, Apa kelebihan dari kemasan plastik?

Kalau belum Paham, maka berikut ini beberapa kelebihan plastik Buat packing, Yakni:

  • Bahannya ringan dan juga Luwes
  • Dapat melindungi produk dari kontaminasi Unsur eksternal
  • Awet dan tahan Lamban dibandingkan kemasan dari kertas
  • Lebih tahan terhadap cuaca atau Unsur lingkungan dari luar lainnya
  • Mudah dibentuk dan Mempunyai banyak pilihan bentuk kemasan, sehingga dapat menambah estetika barang yang dikemas
  • Kemasan plastik berbahan lebih tebal Bisa melindungi barang dari kerusakan atau benturan
  • Plastik juga lebih murah, sehingga secara finansial Anda Dapat Irit biaya packing
Baca Juga:   6 Inspirasi Membikin Kerajinan dari Botol Bekas

Baca Juga: Kemasan Produk: Definisi, Jenis, Fungsi, Peran

Jenis-jenis Kemasan Plastik dan Karakteristiknya

Apa saja jenis kemasan plastik? Kalau penasaran dan Mau Paham, maka berikut ini beberapa jenis plastik Buat mengemas berbagai produk atau barang!

1. Polyethylene Terephthalate (PET)

Kemasan plastik PET sering ditemukan Buat mengemas berbagai bahan makanan maupun minuman. Pada umumnya, produk yang dikemas menggunakan plastik PET akan Mempunyai logo atau tanda segitiga dengan Nomor satu di dalamnya.

Jenis kemasan plastik ini umumnya dibuat Buat botol-botol minuman dengan Ciri khas bening atau jernih. Selain itu, kemasan plastik PET juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan serat sintesis Buat berbagai keperluan.

Kemasan plastik PET direkomendasikan hanya Buat satu kali pemakaian dan Tak Dapat digunakan kembali terutama dalam kondisi panas. Kenapa? Hal ini karena panas Dapat memicu keluarnya zat karsinogenik dari kemasan PET dan berbahaya bagi tubuh.

2. Low Density Polyethylene (LDPE)

Kemasan plastik yang termasuk LDPE menjadi salah satu bahan paling sering digunakan Buat mengemas barang. Ciri LDPE adalah tembus pandang, kuat, Mempunyai permukaan yang agak berlemak, dan lainnya. Tetapi, kemasan LDPE termasuk sulit dihancurkan.

Baca Juga:   Alibaba Investasi $378,5 Juta di Lazada

Apa Misalnya kemasan plastik LDPE? Contohnya dapat berupa kantung plastik grocery, food wrapping, bungkus roti, dan lain sebagainya. Makanan yang dikemas menggunakan LDPE dapat terhindar dari reaksi kimiawi.

LDPE juga merupakan kemasan yang bisanya digunakan dalam pembuatan plastik bubble wrapping Buat keperluan packing berbagai jenis barang agar tetap Kondusif.

Kemasan yang berasal dari plastik LDPE dapat didaur ulang atau bahkan digunakan kembali meskipun tetap bersifat jangka pendek.

3. High Density Polyethylene (HDPE)

Jenis kemasan plastik lainnya adalah HDPE yang identik Mempunyai tampilan Rona putih. HDPE Mempunyai Ciri kuat, Tak tembus Sinar, keras, ringan, dan dapat didaur ulang. Kemasan HDPE cocok Buat apa?

Anda Dapat menggunakan HDPE sebagai tempat sereal, botol cuka, susu, sirup, detergen, minyak, dan lain sebagainya. Kalau digunakan Buat mengemas makanan atau minuman, maka jenis kemasan plastik ini hanya Dapat digunakan satu kali pemakaian.

Baca Juga: Packing Kue Kering: Tips dan Jenis Material Kemasan yang Dapat Digunakan

4. Polyvinyl Chroride (PVC)

Apa nama plastik buat packing? Jenis plastik yang Dapat digunakan Buat packing barang-barang non food disebut PVC. Kemasan plastik PVC memang Tak diperbolehkan Buat membungkus makanan karena berbahaya dan Dapat mengkontaminasi makanan di dalamnya.

Selain Buat mengemas produk non food, PVC juga Dapat digunakan Buat keperluan lainnya. Misalnya, bahan baku pembuatan pipa, taplak meja plastik, botol sabun, mainan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Langkah Memulai Bisnis Kacamata Online yang Menguntungkan

5. OPP (Oriented Polystyrene)

OPP merupakan jenis plastik packing yang Mempunyai Ciri berwarna bening mengkilap dan Tak terlalu tahan terhadap panas. Anda Dapat menggunakan kemasan plastik jenis OPP Buat membungkus atau mengemas baju, jacket, mainan, dan lain sebagainya.

Selain itu, sebenarnya kemasan plastik OPP Dapat digunakan Buat mengemas makanan, seperti snack bahkan roti. Tetapi, perlu diperhatikan agar Tak langsung memasukkan makanan panas ke dalam kemasan plastik OPP karena sifatnya memang Tak tahan panas.

Artinya, Anda perlu mendinginkan makanan terlebih dahulu sebelum membungkus atau mengemasnya menggunakan kemasan plastik jenis OPP.

6. Polypropylene (PP)

Jenis kemasan plastik yang berasal dari PP biasanya Mempunyai Ciri kuat, ringan, serta daya tembus uap rendah. Oleh karena itu, kemasan plastik ini cocok digunakan Buat packing makanan kering, kantung obat, pembuatan botol minuman, tempat makan, dan lain sebagainya.

7. PS (Polystyrene)

Kemasan plastik lainnya juga dapat dibuat menggunakan plastik PS dan bisanya berupa gabus. Bagaimana pemanfaatannya? Anda Dapat menggunakan kemasan plastik PS Buat cup minuman, box, styrofoam, tempat telur, tray daging, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Packing kayu J&T: Fungsi, Kelebihan, Tips Kondusif, Hingga Biaya

Plastik packing digunakan Buat membungkus berbagai jenis produk demi menjaga keamanan hingga menambah nilai jual/ estetika. Produk yang sudah dikemas dengan Bagus Dapat dikirim ke konsumen menggunakan jasa pengiriman Biteship agar lebih Kondusif!