Pengertian Forklift, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Pengertian Forklift, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Pengertian Forklift, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Dalam dunia industri, khususnya bagian pergudangan pastinya mengenal kendaraan bernama forklift atau truk garpu. Ini merupakan kendaraan yang Mempunyai fungsi sangat Krusial di dalam proses pemindahan barang yang mempunyai bobot besar. Adanya truk garpu Membikin pemindahan barang menjadi lebih praktis.

Aktivitas di dalam Penyimpanan pun menjadi lebih efektif dan efisien. Tetapi, tahukah Anda bahwa Eksis banyak jenis truk garpu dengan fungsi yang cukup berbeda? Berikut pembahasan selengkapnya.

Pengertian Forklift

Sebenarnya alat ini punya nama yang cukup Majemuk. Selain Eksis yang menyebutnya sebagai truk garpu, truk tersebut juga Eksis yang menyebutnya fork hoist, fork truck, jitney, lift truck, dan lain-lain.

Truk ini mempunyai fungsi Primer yakni mengangkat serta menata barang-barang yang bobotnya berat. Banyak industri, khususnya di bagian warehouse yang sudah menggunakannya Buat memindahkan barang yang Tak dapat diangkat oleh tenaga Orang.

Pengoperasian truk garpu juga Dapat Anda lakukan Bagus indoor maupun outdoor. Contohnya Buat menata barang-barang di rak Penyimpanan, bongkar muat di pelabuhan, dan sebagainya.

Jenis-jenis Forklift

Desain truk garpu yang compatible memungkinkan alat berat tersebut meringankan pekerjaan industri dan perusahaan. Setidaknya terdapat 4 truk garpu yang sering Anda temukan, di antaranya:

1. Berdasarkan Pasarannya

a. Counter Balance

Truk garpu jenis counter balance merupakan jenis yang paling sering dipakai Buat kebutuhan industri. Truk garpu tersebut mempunyai bobot pemberat yang fungsinya sebagai penyeimbang. Letaknya pada belakang dan biasanya dinamakan counterweight.

Fitur ini berfungsi sebagai penyeimbang barang-barang yang hendak diangkat oleh truk garpu tersebut. Dengan begitu, keseimbangan truk garpu tetap terjaga dan Tak Tiba terbalik Ketika mengangkat beban.

Baca Juga:   Stock Opname: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Penyelenggaraan

b. Forklift Diesel

Jenis yang satu ini cukup canggih serta mempunyai kualitas terbaik. Truk garpu tersebut berfungsi mengangkat dan melakukan bongkar muat berbagai barang produksi.

Performa yang terdapat pada truk garpu diesel cenderung lebih tinggi daripada jenis lift truck lainnya. Selain itu, karena menggunakan diesel Membikin konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat Buat menghemat biaya pengeluaran BBM.

Penggunaan truk garpu diesel cocok Buat Majemuk aktivitas outdoor. Alasannya karena bentuk truk garpu yang sangat memungkinkan Buat Anda operasikan pada ruangan terbuka.

c. Forklift Reach Truck

Kemudian Eksis truk garpu reach truck yang punya kapasitas Tiba 2 ton serta tinggi Nomor mencapai 11 meter. Alat ini berfungsi memindahkan barang-barang produksi yang kapasitasnya sangat besar. Umumnya, truk garpu ini Buat memindahkan barang yang akan ditata pada atas rak Penyimpanan.

Selain itu, reach truck mempunyai bodi ramping sehingga memudahkan dalam bermanuver pada tempat sempit. Berdasarkan karakteristiknya, alat tersebut sangat cocok ketika Anda menggunakannya Buat warehouse.

d. Forklift Gasoline/LPG

Selanjutnya Eksis truk garpu yang mempunyai kapasitas lebih besar daripada jenis yang kedua. Buat life truck LGP mempunyai kapasitas mencapai 10 ton dengan tinggi angkatnya 2 meter.

Fungsi utamanya Yakni memudahkan proses bongkar muat atau memindahkan barang serta menatanya kembali pada rak tinggi. Pemilihan truk garpu gasoline cocok Buat kebutuhan mobilitas luar ruangan.

e. Pallet Stacker

Jenis truk garpu yang sekaligus versi lebih kecil dari reach truck. Buat level ketinggiannya pun juga lebih rendah. Alat ini berfungsi Buat memindahkan barang dari Letak yang tak Dapat dijangkau Ketika Anda memakai reach truck.

Baca Juga:   Value Stream Mapping dan Fungsinya¬†

Artinya, pallet stacker ini merupakan alat Buat menjangkau Letak yang sempit. Biasanya dipakai Buat kebutuhan indoor.

f. Forklift Elektrik

Lampau Eksis life truck Buat proses pemindahan barang berkapasitas besar. Adapun penggunaannya sangat direkomendasikan bagi indoor atau outdoor. Buat kapasitasnya, truk garpu ini mempunyai kapasitas mencapai 8 ton serta ketinggian angkat Dapat mencapai 6 meter.

Biasanya penggunaan truk garpu elektrik Buat kebutuhan industri farmasi karena mesinnya Tak keluar asap berbahaya. Selain itu, karena jenisnya elektrik, maka sumber energinya berasal dari baterai.

Baca Juga: 3 Jenis Hand Stacker Buat Memudahkan Pengangkutan

2. Berdasarkan Transmisinya

a. AT Forklift/Truk Garpu Matic

Sesuai namanya, truk garpu ini memakai automatic transmission alias transmisi Mekanis (matic). Karena matic, maka Tak heran Kalau mengoperasikannya cenderung lebih mudah daripada jenis manual. Buat perbedaannya terdapat pada tuas handle-nya.

Lift truck matic hanya mempunyai 3 tuas handle yakni maju mundur, naik turun, serta tilt mast. Buat pedal berfungsi sebagai rem.

Ketika Anda Mau mengoperasikannya, Anda hanya perlu menggerakkan handle ke arah maju/mundur. Kemudian menginjak gas maupun rem seperti ketika mengemudikan mobil matic.

b. Manual Transmission Forklift

Lampau Eksis truk garpu menggunakan transmisi manual dengan Langkah mengoperasikannya cenderung lebih sulit. Hanya saja, Buat mengoperasikan truk garpu tersebut tak jauh berbeda Ketika Anda mengemudikan mobil manual.

Eksis 3 komponen Krusial yakni pedal gas, rem, serta clutch atau kopling. Selain itu, truk garpu manual Tak mempunyai tuas handle Buat maju mundur. Lampau kendaraan ini juga dilengkapi gigi serta tuas handle turun naik dan tilt mast.

Baca Juga:   Kitab Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Langkah Membuatnya Terlengkap

Bagian-bagian Truk Garpu

Truk garpu juga mempunyai bagian-bagian yang fungsinya saling berkaitan, seperti:

  • Load back-rest: bagian yang berfungsi menjaga beban sehingga Tak Tiba geser ke belakang
  • Carriage: komponen yang terpasang di rel tiang dan memudahkan truk garpu Buat bergerak ke Rendah dan ke atas
  • Overhead guard: bagian ini berfungsi melindungi operator dari kejatuhan benda/barang-barang di Penyimpanan
  • Tiang mast: tiang menurunkan dan Meningkatkan beban. Terdapat rel dan menyediakan kontrol horizontal
  • Garpu/fork: bagian pada forklift yang tugasnya membawa beban
  • Counterweight: komponen yang berfungsi menstabilkan truk garpu serta menjaganya Buat Tak terbalik
  • Sumber daya: komponen yang berfungsi sebagai tenaga/pemberi daya agar life truck Dapat dioperasikan. Sumber daya tersebut berupa mesin diesel, bensin, maupun baterai
  • Frame: kerangka mesin serta Seluruh bagian yang terpasang padanya
  • Ban: truk garpu yang memakai ban pneumatic. Jenis ban ini biasanya Buat jenis luar ruangan. Eksis juga ban padat yang umumnya dipakai dalam ruangan serta dipakai pada Letak kerja dengan permukaan yang rata

Sudah Paham tentang Forklift Beserta Jenis dan Fungsinya?

Jadi, peran truk garpu sangat Krusial dalam industri maupun perusahaan. Selain itu, terdapat beberapa jenis life truck yang penggunaannya menyesuaikan kondisi lingkungan kerja.

Adanya alat tersebut memungkinkan proses pemindahan barang yang Tak Dapat dilakukan oleh tenaga Orang berlangsung lebih mudah dan efisien. Semoga bermanfaat.