Mengenal Truk Engkel dan Keunggulannya dalam Membawa Muatan

Mengenal Truk Engkel dan Keunggulannya dalam Membawa Muatan

Mengenal Truk Engkel dan Keunggulannya dalam Membawa Muatan

Truk kerap disebut sebagai siput jalanan karena Mempunyai laju yang sangat Lamban. Padahal, perannya begitu Krusial Buat segala Macam-macam kebutuhan logistik di masyarakat. Truk sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan bobot muatan yang dibawa, salah satunya adalah truk engkel.

Jenis truk ini umumnya digunakan Buat membawa beban yang Tak begitu berat. Selain itu, banyak sekali kelebihan yang ditawarkan Buat mendukung proses dalam distribusi barang. Kelebihan inilah yang Membikin Terkenal di kalangan para pengguna truk.

Mengenal Truk Engkel

Truk Colt Diesel Engkel (CDE) atau yang Normal disebut truk engkel menjadi jenis truk yang paling Terkenal di Indonesia. Jenis truk yang satu ini dijual dengan berbagai Macam-macam dan mempunyai konfigurasi dua sumbu roda.

Pemberian nama truk colt diesel engkel awalnya hanya digunakan Buat truk ringan yang Mempunyai sepasang as roda di bagian belakang. Tapi sekarang ini, pengertiannya sudah meluas Buat truk medium yang mempunyai konfigurasi dua as roda.

Bagi yang sudah Paham bentuk mobil elf yang Normal digunakan sebagai kendaraan travel, seperti inilah bentuk truk CDE yang sesungguhnya. Tapi, engkel telah digeneralisir Buat penyebutan truk yang Mempunyai dua as roda.

Truk CDE Bisa mengangkut muatan besar hingga mencapai 2 ton. Ukuran box umumnya Mempunyai ukuran lebar 170 cm, panjang 350 cm, dan tingginya 160 cm. Kapasitas kubikasi atau volume yang Dapat dimuat dalam truk ini mencapai 7 Tiba 9 cbm per kubik.

Kelebihan dari Truk Engkel

Dalam penggunaannya, truk CDE menawarkan banyak kelebihan yang Tak dimiliki oleh jenis truk lainnya. Inilah berbagai Kelebihan yang ditawarkan oleh truk Colt Diesel Engkel Buat membawa muatan:

  • Dapat Menjangkau Jalanan Kecil

Ukuran truk CDE terbilang sangat kecil sehingga membuatnya Bisa menjangkau pengiriman yang Mempunyai akses jalanan sempit. Seperti misalnya jalanan di area perkampungan atau perumahan. Penggunaannya lebih banyak Buat pengiriman berbagai barang retail atau pindahan kantor dan rumah.

Baca Juga:   Inilah 4 Perbedaan J&T Express dan J&T Economy!

Seperti yang diketahui, bahwa truk besar umumnya mengalami berbagai kendala seperti ranting pohon, kabel listrik, dan lain sebagainya. Tetapi, dengan truk ini maka Dapat terhindar dari berbagai masalah tersebut. Ini karena memang tingginya mencapai 160 cm yang dapat melintasi jalanan tanpa khawatir.

  • Bisa Memuat Barang Mencapai 2 Ton

Meskipun ukurannya Tak terlalu besar, tapi nyatanya truk ini Bisa membawa muatan mencapai 2 ton. Hal ini Normal dijadikan sebagai bahan pertimbangan Buat pebisnis retail ketika Mau mengirim barang.

Sebelum barang dikirim menggunakan truk ini, akan dibuat surat delivery order terlebih dahulu. Delivery order adalah Arsip yang Bermanfaat sebagai perintah Buat menyerahkan barang atau produk yang sudah dipesan oleh pembeli.

Selain itu Kalau dibandingkan dengan L300 atau Gran Max, truk ini lebih banyak digunakan sebagai kendaraan Buat mengangkut barang. Dilihat dari segi tonasi Buat truk Gran Max hanya Bisa mengangkut muatan 700 Tiba 900 kg, sedangkan L300 Bisa membawa muatan 900 Tiba 120 kg.

  • Terbebas dari Embargo Jam

Aturan dari Kementerian Perhubungan mengenai jam operasional truk, truk golongan II ke atas diperbolehkan beroperasi mulai pukul 22.00 hingga 05.00 WIB. Hal ini berarti, truk golongan tersebut Tak boleh beroperasi dalam kota pada pukul 05.01 hingga 21.59.

Baca Juga:   Perubahan Logistik Akibat Truk Otonom

Kalau Eksis truk yang beroperasi di jam tersebut, maka dianggap melanggar peraturan Lampau lintas. Tetapi, peraturan tersebut Tak berlaku Buat truk engkel. Dimana kendaraan ini termasuk golongan I sehingga dibebaskan Buat melintas Bilaman saja dalam kota.

Tak hanya terbebas dari Embargo jam saja, jenis truk engkel ini juga bebas melewati jalan tol. Tetapi peraturan ini hanya diberikan Spesifik Buat Daerah Jakarta, dimana truk golongan II dilarang keras melewati tol dalam kota.

Truk ini mempunyai kubikasi 9 cbm/kubik sehingga Bisa membuatnya membawa muatan lebih banyak ketimbang truk 4 roda yang lainnya. Ukuran box yang dimiliki juga lebih besar sehingga truk ini Dapat dijadikan sebagai andalan dalam mengirim barang Bagus di dalam ataupun di luar kota.

Hal Krusial yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Truk Engkel

Sebelum mengirim barang dengan truk colt diesel engkel, Eksis beberapa hal yang Krusial diperhatikan supaya Fasih dan selamat Tiba tujuan. Beberapa hal Krusial yang dimaksud tersebut adalah seperti berikut ini:

Pertama pastikan terlebih dahulu bahwa muatan barang Tak melebih kapasitas truk, yakni 2 ton. Tapi pada kenyataannya, banyak yang melanggar ketentuan dalam membawa barang muatan yang terlalu banyak atau overload.

Bahkan, banyak yang menggunakan truk ini Buat membawa muatan mencapai 3 ton. Kalau dipaksakan, akan Membikin mesin bekerja lebih ekstra sehingga membuatnya Tak awet dan bahkan berbahaya Buat penumpang.

Baca Juga:   Ketahui Lebih Lanjut Soal Layanan Jumbo Pos Indonesia

Maka dari itu, Kalau Mau lebih Kondusif sebaiknya ganti dengan jenis truk yang lainnya. Truk tersebut tentu harus Mempunyai ukuran yang lebih besar, misalnya truk 6 roda dan lain sebagainya.

  • Letak Muat atau Membokar Barang

Sebelum memulai pengiriman, sangat disarankan Buat memastikan lebih dulu mengenai Letak muat dan bongkar barang yang Mau dituju. Tujuannya supaya perjalanan yang dilakukan menjadi lebih Fasih dan terhindar dari risiko keterlambatan.

Hal ini Krusial sekali Buat dilakukan, Karena banyak sekali Letak perkampungan ataupun perkotaan yang Mempunyai portal jalan. Portal jalan inilah yang nantinya dapat menghalangi akses truk engkel Buat lewat.

  • Kubikasi Muatan atau Barang

Kubikasi barang yang Mau dikirim harus sesuai spesifikasi truk, yakni kubikasi 9 cbm. Barang yang Mau dikirim Tak boleh Melampaui panjang box yang mencapai 350 cm, tinggi 160 cm, dan lebar 170 cm.

Kalau Eksis salah satu ukuran barang yang melebih panjang, tinggi, atau lebar truk, maka pengiriman Tak Dapat dilakukan. Kelebihan ukuran barang yang dibawa hanya akan mengganggu perjalanan. Tetapi Kalau tetap Mau melakukan pengiriman, sebaiknya ganti terlebih dahulu dengan jenis truk yang lebih besar.

Truk engkel pada dasarnya menawarkan banyak Kelebihan ketimbang jenis truk lainnya. Meskipun ukurannya kecil, tapi sudah Bisa dibawa Buat mengangkut barang mencapai 2 ton. Penggunaannya juga terbebas dari Embargo jam sehingga proses pengiriman barang Dapat lebih Fasih.