Langkah Menulis Deskripsi Diri dan Pengalaman Kerja dalam CV

Cara Menulis Deskripsi Diri dan Pengalaman Kerja dalam CV

Langkah Menulis Deskripsi Diri dan Pengalaman Kerja dalam CV

Mencari kerja adalah momen Krusial Buat menentukan masa depan. Karena itulah banyak orang berlomba-lomba Buat memperbaiki CV-nya supaya dilirik oleh rekruter. Nah, salah satu bagian dari CV yang membingungkan adalah menulis deskripsi diri dan pengalaman kerja. Bagaimana Langkah menulis deskripsi keduanya?

Bagi Anda yang sering merasa kesulitan mendeskripsikan diri dan pengalaman kerja dalam CV, jangan lewatkan tulisan ini dan baca Tiba tuntas!

Langkah Menulis Deskripsi Diri secara Profesional dalam CV

Banyak orang merasa kebingungan ketika mengisi kolom deskripsi diri pada CV. Padahal bagian ini sangat Krusial karena letaknya paling atas dan menjadi bagian paling pertama yang dibaca oleh rekruter. 

Kebingungan ini biasanya terjadi karena menyusun kalimat efektif yang padat dan singkat memang terbilang sulit. Banyak orang yang menulis profilnya bertele-tele sehingga Membikin rekruter Tak tertarik dan malas melanjutkan membaca. 

Nah, kalau Anda mengalami masalah ini, tenang saja. Kali ini Anda akan diberi tips mudah dan singkat mengenai Langkah menulis deskripsi diri tanpa meninggalkan sisi profesionalitasnya. 

1. Jelaskan Profil secara Ringkas dan Padat

Tips efektif menulis profil adalah tulis dengan ringkas dan jangan berbelit-belit. Bahasa yang berbelit-belit akan menyulitkan kerja rekruter karena mereka Tak hanya membaca CV Anda dalam satu hari tersebut. Eksis ratusan CV yang masuk dan harus dicek supaya mendapatkan kandidat yang pas. 

Mulailah menuliskan nama dan status atau jabatan Anda. Misalnya Anda seorang fresh graduate, tulis saja fresh graduate, atau kalau sudah pernah bekerja, tulis jabatan dalam CV secara singkat. Setelah itu, jangan lupa cantumkan riwayat pendidikan, misalnya Anda lulusan universitas mana. 

Krusial juga mencantumkan pengalaman dan skill yang Anda miliki, Bagus itu pengalaman organisasi atau kerja secara singkat. Tulis Seluruh informasi Krusial Buat melamar kerja. Idealnya, bagian ini terdiri dari 30-50 kata, Dapat lebih asalkan jangan lebih dari 100 kata, supaya efektif.

Baca Juga:   Bilaman Masa yang Pas Mengevaluasi Pemenuhan ECommerce?

2. Tunjukkan Poin yang Relevan

Ketika menulis pengalaman, pilih pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Kalau Anda Mempunyai banyak pengalaman, pilih dan pilah mana yang sekiranya sesuai dengan posisi tersebut sehingga hasil CV-nya lebih efektif dan Pas sasaran. 

Jangan Seluruh pengalaman tersebut Anda masukkan, Kalau memang itu Tak relevan karena akan Membikin rekruter malas melanjutkan membaca CV Anda. 

3. Tunjukkan Pencapaian dan Keunikan Anda

Cantumkan juga apa saja pencapaian dan keunikan Anda secara singkat. Ini Dapat membantu Anda terlihat berbeda dengan pelamar lainnya di mata rekruter. Supaya lebih efektif, gunakan Nomor dan pilih pencapaian yang relevan dengan posisi.  Dengan begitu Anda Dapat Mempunyai poin plus yang berpotensi menarik rekruter. 

Baca Juga: Tugas dan Skill Customer Service yang Harus Anda Ketahui

Misalnya Langkah Menulis Deskripsi Diri

Sebagai gambaran, berikut Misalnya Langkah menulis deskripsi singkat dan profesional supaya Anda Tak bingung Ketika mengaplikasikannya pada CV. 

1. Misalnya Deskripsi Content Writer

Saya Shanon Asyara lulusan Ilmu Administrasi Universitas Tunggadewi yang berpengalaman 5 tahun lebih sebagai Content Writer.  Sebagai Content Writer, saya Mempunyai kemampuan menulis sangat Bagus yang dibuktikan dengan beberapa sertifikat Juara lomba menulis, Bagus tingkat swasta, nasional, dan Dunia. 

Saya sudah menghasilkan 50+ artikel SEO yang berhasil mendapat peringkat pertama Google. Selain itu, Eksis Sekeliling 100+ artikel saya yang dimuat di berbagai media terkemuka Indonesia. 

Baca Juga:   B-Log Logistik & Deliveree: Komparasi Buat Bisnis (2024)

2. Misalnya Deskripsi Buat Fresh Graduate

Saya seorang fresh graduate jurusan Marketing Universitas Pembangunan yang berhasil meraih IPK 3,70. Selama 4 tahun kuliah, saya aktif mengikuti organisasi Bagus intra kampus dan pernah menjabat sebagai Ketua BEM selama satu periode. 

Saya Mempunyai pengalaman magang di salah satu perusahaan terkemuka Indonesia sebagai penulis konten. Saya Mempunyai skill Bagus dalam hal menulis dan pemasaran digital yang dibuktikan dengan beberapa sertifikat yang saya miliki. 

3. Misalnya Deskripsi Buat Lulusan SMA/SMK

Saya lulusan SMA/SMK jurusan X yang menguasai bahasa asing dan pemrograman. Saya adalah seorang yang adaptif dan pembelajar, terutama bidang bahasa dan teknologi. 

Selama SMA/SMK, saya aktif mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan pernah menjabat sebagai ketua OSIS. Seain itu, saya Mempunyai pengalaman berhasil menyelesaikan beberapa proyek terkait pemrograman Berbarengan guru pendamping dengan predikat Juara 1 tingkat Nasional. 

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Admin Online Shop

Langkah Menulis Deskripsi Pengalaman Kerja

Selain profil, dalam CV juga wajib Anda beri deskripsi pengalaman kerja. Deskripsi kali ini tentu saja Eksis bedanya dengan informasi sebelumnya. 

Kalau tadi Anda menulis secara singkat pada profil Buat sekilas mengenalkannya pada rekruter, sekarang Anda perlu menjabarkan pengalaman kerja apa saja yang pernah dilakukan. Bagaimana langkah-langkahnya?

1. Urutkan dari yang Paling Baru

Tulis pengalaman kerja paling baru yang pernah Anda lakukan. Langkah ini nantinya akan membantu rekruter Ketika mengecek CV Anda. Setelah menempatkan dari pekerjaan terbaru, barulah letakkan pengalaman kerja lainnya yang sudah Lamban. 

2. Jelaskan Tugas dan Tanggung Jawab

Poin ini yang biasanya dilupakan oleh pelamar kerja. Jangan hanya menulis posisi kerja saja, tapi deskripsikan apa saja tugas dan tanggung jawab Anda Ketika Tetap berada di posisi tersebut. 

Baca Juga:   Langkah Mendaftar Donasi UMKM Buat Pengembangan Usaha Anda

Tujuannya, supaya rekruter mendapatkan informasi utuh terkait pekerjaan yang sudah Anda jalani sebelumnya. Dengan begitu, rekruter akan Paham seberapa profesional dan Ahli Anda dalam bidang tersebut. 

3. Sertakan Pencapaian Lengkap

Pencapaian Anda selama bekerja lebih Bagus diperjelas di bagian ini. Ini akan membantu Anda Buat mendapatkan perhatian dari rekruter sehingga kalau Mempunyai pencapaian yang bagus dan Mempunyai kemampuan mencapai Sasaran, Anda akan berpotensi lolos. 

4. Cantumkan Masa Jabatan

Tak hanya posisi saja yang harus Anda cantumkan, tapi sertakan juga masa jabatannya. Misalnya Anda dulunya bekerja sebagai Staff Administrasi di Perusahaan Rajawali, maka pada bagian samping atau Rendah tulisan tersebut sertakan masa jabatan, seperti:

Staff Administrasi PT. Rajawali Jaya | 2019-2022

Dari situ akan membantu rekruter Buat menilai kompetensi dari lamanya Anda bekerja di sebuah perusahaan. 

5. Cantumkan Pekerjaan yang Relevan

Kalau Anda Mempunyai banyak pengalaman kerja, cantumkan yang paling relevan dengan posisi atau jobdesk profesi yang Anda lamar. Langkah ini akan Membikin Anda lebih berpotensi Buat lolos daripada mencantumkan Seluruh pekerjaan yang Tak relevan. 

Baca Juga: Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan dan Ragam Jenisnya

Siap Mempraktikkan Langkah Menulis Deskripsi Keduanya?

Menyusun CV memang Tak Dapat sembarangan. Anda harus memperhatikan Langkah menulis deskripsi diri maupun pengalaman kerja serta mempraktikkannya sebaik mungkin supaya rekruter tertarik dengan CV Anda. Krusial juga Buat memberikan data yang jujur terkait profil Anda dan pengalaman supaya profesional dan Dapat dipertanggungjawabkan.