Bea Cukai Tracking: Simak Langkah & Tips Penggunaannya yang Mudah

Bea Cukai Tracking: Simak Cara & Tips Penggunaannya yang Mudah

Bea Cukai Tracking: Simak Langkah & Tips Penggunaannya yang Mudah

Sudah Tiba manakah paket Anda? Sekarang, sudah Eksis kemudahan dalam melacak paket Dunia melalui Bea Cukai tracking. Nah, agar kiriman luar negeri Anda Tiba dengan selamat, yuk simak penjelasan dari artikel ini!

Langkah Memantau Paket dari Bea Cukai Tracking

Dilansir Media Center Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Bea Cukai, Bea Cukai tracking suatu kemudahan yang ditawarkan kepada masyarakat Spesifik dalam hal pengecekan pengiriman barang. Berikut 3 langkah yang Dapat Anda lakukan Buat menggunakan fitur Spesifik tracking pengiriman luar negeri ini. 

1. Masuk ke Laman Formal Bea Cukai

Pertama, Anda Dapat memulai dengan masuk ke halaman Formal bea cukai melalui https://www.beacukai.go.id/. Terdapat beberapa menu yang Dapat Anda temukan, salah satunya layanan tracking barang kiriman. 

Buat Dapat menemukan menu ini, Anda Dapat scroll ke Rendah Tiba menemukan menu “tracking barang kiriman” dengan ikon bergambar Orang. Selanjutnya, klik menu tersebut. 

2. Tracking Barang Kiriman

Anda akan langsung diarahkan ke halaman selanjutnya Spesifik Buat mendapatkan informasi mengenai barang kiriman. Kemudian, Anda Dapat mencari paket yang sedang Anda kirimkan atau yang Anda pesan dari luar negeri. 

Pada menu ini, akan muncul tampilan Buat memasukkan nomor airway bill (AWB), resi maupun nomor tracking. Anda Dapat langsung memasukkan nomor tersebut ke dalam menu, dan jangan lupa Buat memasukkan juga keycode yang tertera. 

3. Klik Submit 

Setelah memasukkan seluruh isian dengan Pas termasuk keycode yang tersedia,, Anda Dapat menekan tombol “submit” Buat mendapatkan informasi mengenai pengiriman paket Anda. 

Hanya melalui tiga langkah di atas, Anda sudah Dapat mendapatkan informasi lengkap mengenai pengiriman paket Dunia. Tentunya, Anda Tak perlu khawatir karena informasi ini merupakan informasi Formal dari Bea Cukai. 

Baca Juga:   Pilihan Pintar Bisnis Kecil 2024

Baca juga: Langkah Lacak Paket Luar Negeri Shopee Dengan Lekas dan Mudah

3 Keterangan Bea Cukai Tracking

Setelah menekan tombol “submit”, Anda akan menemukan beberapa keterangan mengenai perkembangan pengiriman barang seperti di Rendah ini. 

1. Arsip Diterima dan Diproses Bea Cukai

Keterangan ini menunjukkan, proses pengiriman barang melalui Bea Cukai sudah sesuai dan petugas sedang melakukan pemeriksaan Arsip.

Ketika keterangan ini muncul, artinya barang Anda sudah diinput oleh Perusahaan Jasa Titipan ke sistem Bea Cukai. 

Pada Ketika ini, pastikan Anda sudah mendapatkan nomor resi Buat kepentingan pengecekan pengiriman barang. 

2. Konfirmasi/Menunggu Kelengkapan Berkas

Ketika keterangan ini muncul, maka menunjukkan barang Anda sedang tertahan di Bea Cukai. Eksis beberapa hal yang Dapat menyebabkan keterangan ini muncul, sehingga membutuhkan pemeriksaan tambahan oleh petugas. 

Pemeriksaan tambahan yang dilakukan oleh pemeriksa, meliputi pemeriksaan barang yang dilarang, dibatasi, atau bebas diimpor. Termasuk pemeriksaan Buat menentukan pemungutan bea masuk dan pajak impor. 

Kalau Anda mendapat keterangan ini pada Ketika memasukkan nomor resi, besar kemungkinan petugas akan meminta Anda Buat mengirimkan beberapa Arsip tambahan seperti invoice, bukti bayar, link pembelian, atau NPWP. 

Segera lengkapi permintaan Arsip-Arsip tersebut melalui Perusahaan Jasa Titipan atau langsung melalui kantor Bea Cukai. 

3. Barang Selesai/Keluar dari Penyimpanan

Selanjutnya, keterangan dari Bea Cukai tracking yang menunjukkan barang Anda telah selesai melewati proses pemeriksaan dan sedang dikirimkan ke alamat penerima. 

Karena proses di Bea Cukai sudah selesai, maka Anda dapat melanjutkan prosesnya dengan Perusahaan Jasa Titipan. 

Baca Juga:   7 Langkah Menentukan Letak Bisnis yang Pas dan Manfaatnya

4 Tips Penggunaan Bea Cukai Tracking

Media Center Bea Cukai juga memberikan beberapa tips Spesifik mengenai penggunaan sistem tracking sebagai berikut. Simak 4 tips di Rendah ini!

1. Akses Laman Website

Agar proses pencarian barang luar negeri Anda Pas sasaran, mulailah dengan mengakses laman website Formal Bea Cukai.

Pastikan, laman yang Anda tuju adalah laman Formal melalui alamat http://www.beacukai.go.id/barangkiriman. Dengan begitu, Anda hanya akan mendapatkan informasi yang sebenar-benarnya dari Bea Cukai. 

2. Teliti Nomor Tracking

Ketika berhasil masuk ke laman Formal, Bea Cukai juga mengingatkan pengguna fitur ini Buat selalu memasukkan nomor tracking secara Pas. Jadi, ketelitian sangat diperlukan disini. 

Apabila Anda keliru dalam memasukkan nomor resi atau AWB, Dapat mengakibatkan sistem gagal membaca nomor tracking atau keliru dalam memberikan informasi pengiriman barang. 

Tips ini juga berlaku pada Ketika memasukkan nomor keycode yang tertera pada layar setiap kali pengguna akan melakukan proses tracking

3. Proses Pembayaran Hanya ke Rekening Negara

Selanjutnya, yang Tak kalah Krusial adalah pengguna fitur ini dianjurkan Buat memproses pembayaran hanya ke Rekening Kas Negara menggunakan kode billing

Jangan Tiba Anda memproses pembayarannya ke rekening pribadi dan mengakibatkan kerugian bagi para pengguna. 

4. Pahami Ketentuan Pengiriman Barang

Berdasarkan penjelasan mengenai keterangan pada Bea Cukai tracking, terdapat satu kondisi pengguna Dapat diminta Buat melengkapi Arsip tambahan.

Sebelum keterangan ini muncul, Eksis baiknya Anda sudah memahami lebih dulu mengenai kebutuhan Arsip dalam hal pengiriman barang luar negeri. Termasuk ketentuan mengenai barang-barang yang dilarang, dibatasi atau bebas diimpor. Karena Bea Cukai juga telah mengatur mengenai ketentuan pengiriman barang Dunia. 

Baca Juga:   Pemikiran Kompetitif yang Dibutuhkan dalam eCommerce

Baca juga: 5+ Langkah Kirim Barang ke Luar Negeri

Ketentuan Barang Kiriman 

Merujuk laman Bea Cukai Kantor Daerah DJBC Bali, NTT, dan NTB, barang kiriman Mempunyai maksud tersendiri. Barang kiriman adalah barang yang dikirim oleh pengirim tertentu di luar negeri kepada penerima tertentu di dalam negeri melalui penyelenggara pos. 

Proses pengiriman barang dari atau ke luar negeri harus melalui Perusahaan Jasa Titipan yang sudah Mempunyai izin usaha. Misalnya, seperti Pos Indonesia, DHL, atau jasa pengiriman lainnya. 

Sebelum melakukan proses pengiriman, Anda harus melengkapi Arsip wajib berupa invoice pembelian, bukti bayar dan juga resi barang. Selain itu, pastikan barang yang dikirimkan bukan merupakan barang yang dilarang. 

Contohnya, barang-barang bekas. Anda dilarang mengirimkan barang bekas Bagus ke luar negeri maupun mendapatkan kiriman barang bekas dari luar negeri. Ketentuan ini juga berlaku Buat barang-barang yang masuk ke dalam daftar Embargo dan Batasan (LarTas).

Anda dapat mengetahui daftar LarTas barang tersebut melalui situs https://eservice.insw.go.id/, Lampau masukkan HS Code dan kata kunci pencarian barang. 

Selanjutnya, sistem akan menampilkan ketentuan LarTas termasuk perizinan yang Anda butuhkan. Jangan lupa juga ketentuan mengenai pengiriman Barang Kena Cukai. 

Yuk, Pantau Paketmu Melalui Bea Cukai Tracking!

Melalui penjelasan di atas, pastinya Anda sudah lebih paham mengenai penggunaan sistem Bea Cukai tracking. Jadi, jangan ragu Buat melakukan transaksi pembelian barang dari luar negeri dan memanfaatkan sistem canggih dari Bea Cukai!