Apa Itu Departed From Transit? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu Departed From Transit? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Pernah mendengar istilah departed from transit? Ya, istilah satu ini seringkali digunakan oleh salah satu jasa ekspedisi terkenal di Indonesia yakni JNE. Setelah berhasil meniti karir selama lebih dari 30 tahun, JNE kini sudah mengembangkan beberapa fitur baru, salah satunya dinamakan istilah “Departed”. 

Walaupun sudah banyak pengguna JNE di Indonesia, Tetapi Rupanya Tetap Eksis yang belum memahami istilah departed transit dalam proses pengiriman barang. Guna menghindari terjadinya salah paham, kali ini Anda Dapat memahami pengertian departed transit, Perkiraan Masa Tiba, dan istilah Krusial lainnya. 

Definisi Departed From Transit

Ketika dalam status tracking barang menunjukkan istilah “Departed From Transit”, maka maknanya paket telah meninggalkan tempat transit sementara, kemudian menuju ke tempat tujuan akhir pengiriman. Hal ini menunjukkan bahwa paket sudah memenuhi segala Mekanisme, maka Dapat lanjut melakukan perjalanan.

Kalau dalam proses transit sementara paket barang mengalami masalah serius, jasa ekspedisi akan berusaha menyelesaikan masalah terlebih dahulu. Mereka perlu melakukan pemeriksaan supaya paket yang akan didistribusikan ke tempat berikutnya lebih Kondusif serta kualitasnya terjaga dengan Bagus. 

Daerah transit akan berperan sebagai pos pemeriksaan, Lampau paket melalui proses penyortiran sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya. Setelah proses penyortiran selesai, status pengiriman akan dirubah menjadi “ Departed From Transit” menunjukkan bahwa paket sudah beralih dari Daerah transit. 

Sudah paham kan maksud departed transit dalam jasa ekspedisi JNE? Dalam tahap ini, kiriman barang sudah Berbarengan pihak jasa penyedia pengiriman. Proses pengiriman akan segera dilanjutkan menuju alamat berikutnya, status dialihkan menjadi barang sudah berada dalam perjalanan menuju Letak akhir. 

Baca Juga:   maksud JKS Transit Center Pada Pengiriman J&T Express

Apakah Fungsi Departed From Transit dalam Pengiriman?

Tiap jasa ekspedisi Mempunyai maksud tertentu menyelipkan istilah Krusial dalam halaman tracking barang dengan tujuan melancarkan proses pengiriman. Begitu juga dengan istilah “DPT”, Anda perlu memahami fungsinya dalam proses pengiriman barang dari Daerah transit menuju konsumen akhir. 

1.  Membantu Memantau Pergerakan Paket

Apa maksud departed dalam pengiriman? Departed berarti “Berangkat”, dimana memungkinkan para pengirim Dapat mengetahui posisi pergerakan paket. Ketika paket sudah disortir melewati Letak transit terakhir, berikutnya Dapat melakukan perjalanan menuju Letak tujuan akhirnya. 

Biasanya proses sortir paket Dapat berlangsung Lekas atau Lamban, tergantung dengan masalah yang terjadi dalam proses pengiriman. Pihak ekspedisi JNE akan memberikan informasi update mengenai posisi kiriman paket pada laman tracking yang sudah disediakan secara online. 

2.  Dapat Memperkirakan Perkiraan Masa Tiba

Memangnya berapa Lamban proses departed from transit? Dengan adanya istilah DPT, Anda lebih mudah memperkirakan Masa Tiba pengiriman kepada konsumen. Biasanya estimasinya Dapat lebih singkat apabila Tak mengalami kendala selama perjalanan dilanjutkan. 

Pada umumnya perkiraan Masa Tiba proses transit paket Sekeliling 24 jam semenjak perubahan status dilakukan. Perubahan status melewati proses pendataan, proses sortir, dan pengiriman barang sesuai dengan tenggang Masa yang sudah dicantumkan sebelumnya. 

3.  Menjaga Keamanan Paket Barang

Ketika status tracking barang menunjukkan departed from transit, maka sebelumnya paket sudah melalui tahap pemeriksaan secara detail. Pemeriksaan perlu dilakukan dari segi kemasan, jumlah, dan mengumpulkannya sesuai dengan blok pengiriman masing-masing. 

Baca Juga:   Langkah Cek Resi JNE, J&T, SiCepat Express, dan Shopee Express

Anda Dapat menggunakan 3 layanan diantaranya JNE YES, JNE Regular, dan JNE OKE guna memudahkan pengiriman produk kepada konsumen. JNE YES menjadi solusi bagi masyarakat yang Mau kirim barang Lekas Tiba keesokan harinya, tentu biayanya akan lebih mahal sedikit. 

Baca Juga: Manifested Adalah Istilah Krusial Jasa Ekspedisi, Apa Manfaatnya?

Majemuk Istilah dalam Status Pengiriman JNE

Selain istilah “Barang Berangkat dari Transit“, JNE sebagai jasa ekspedisi ternama juga Mempunyai istilah lain dalam proses pengirimannya. Kalau Anda terbiasa menggunakan layanan kurir JNE, Dapat memahami istilah kali ini Buat meningkatkan pemahaman Ketika tracking barang selanjutnya. 

1.  AU TO UPS

Pernah Menyantap status AU TO UPS? Tak perlu bingung, maknanya penyerahan paket dari bagian undelivered Buat menangani masalah pengiriman ke bagian operasional. Paket akan segera melanjutkan proses pengiriman secara selamat Tiba tujuan selama Tak Eksis kendala urgensi. 

2.  Shipment Received by JNE Counter Officer

Kiriman barang Anda sudah diterima oleh petugas konter JNE, maka menandakan bahwa proses pengiriman barang sudah mulai dilakukan. Pihak pengirim Dapat melakukan tracking barang melalui laman yang sudah disediakan oleh pihak JNE dengan memasukkan kode tertentu. 

3.  Processed at Sorting Center

Selain departed from transit, JNE juga Mempunyai istilah processed at sorting center yang Mempunyai maksud paket sedang diproses di pusat pengurutan. Biasanya paket akan melalui tahap cek ulang, penempatan kendaraan, pelabelan ulang, dan pembagian area pengiriman selanjutnya. 

Baca Juga:   WordPress WooCommerce Plugin: 5 Pilihan Terkuat (2024)

4.  Received at Sorting Center

Sebelum melalui processed at sorting center, paket akan menunjukkan status received at sorting center. Paket telah tiba di pusat pengurutan, kemudian selanjutnya akan di sortir sesuai dengan Letak pengiriman masing-masing. 

5.  Received Warehouse

Received Warehouse menunjukkan paket telah tiba di Penyimpanan, kemudian menunggu proses lebih lanjut guna dilakukan pemeriksaan lebih dulu. JNE sendiri Mempunyai Penyimpanan lokal atau regional dengan muatan luas Buat menyimpan sementara paket yang akan dikirimkan. 

6.  Box Undelivered

Paket sudah Tiba ke alamat tujuan, Tetapi Tak Eksis pihak yang menerimanya. Hal ini seringkali terjadi karena Tak Eksis respon dari pihak konsumen, sehingga kurir terkadang membawanya Tengah. Pihak konsumen Dapat menghubunginya kembali Buat mengambil paket dari pihak kurir JNE. 

7.  Received at Inbound Station

Mempunyai maksud paket sudah tiba di stasiun masuk terdekat, kemudian nantinya Dapat diantarkan menuju alamat tujuan. Istilah lain “With Delivery Courier” menunjukkan paket sedang dalam proses pengantaran, sehingga akan tiba dalam Masa dekat. 

Baca Juga: Perbedaan Inbound dan Outbound Logistic dan Perannya dalam Bisnis

Istilah departed from transit Normal digunakan oleh JNE sebagai jasa ekspedisi ternama di Indonesia. Kalau Mau menggunakan layanan ekspedisi ternama mulai dari JNE, JNT,Si Lekas, dan lainnya Dapat bekerjasama dengan Biteship Buat mendapatkan banyak kemudahan.