Seluruh Yang Perlu Anda Ketahui Soal Asuransi Wahana

Seluruh Yang Perlu Anda Ketahui Soal Asuransi Wahana

[ad_1]

Ilustrasi paket dan asuransi Wahana

Seluruh Yang Perlu Anda Ketahui Soal Asuransi Wahana – Ketika ini, industri jasa pengiriman barang sudah semakin berkembang yang ditandai dengan semakin tingginya perputaran barang yang dikirimkan setiap harinya. Setiap barang yang dikirimkan sangat Majemuk mulai dari pengiriman individu hingga Buat kebutuhan bisnis. Tentu saja, banyaknya pengiriman barang yang dilakukan oleh setiap jasa ekspedisi kadang Dapat Membikin Anda cemas karena terdapat resiko barang rusak, hilang ataupun tertukar. Buat mengurangi kecemasan tersebut, Krusial sekali bagi Anda Buat menggunakan jaminan asuransi pengiriman pada barang Anda yang akan dikirimkan.

Asuransi pengiriman merupakan produk asuransi yang akan menjamin pemberian ganti rugi Kalau terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Asuransi pengiriman sendiri Mempunyai beberapa model dan jenis yang berbeda. Sebagai bentuk jaminan pengiriman kepada pelanggan, terdapat beberapa jasa ekspedisi yang memberlakukan perlindungan Buat Seluruh barang yang dikirimkannya termasuk Wahana Express, ya Wahana merupakan salah satu jasa ekspedisi terkemuka yang dikenal memberikan cek tarif yang terjangkau.

Dalam penerapannya, Wahana Express mencantumkan beberapa syarat dan ketentuan terkait asuransi pengiriman. Beberapa hal yang diatur diantaranya Yakni biaya Iuran pertanggungan, proses klaim, dan juga maksimal nominal yang akan ditanggung. Buat mengetahui Seluruh informasi terkait dengan asuransi Wahana Express, mari simak artikel berikut ini.

Tentang Asuransi Layanan Wahana Express

Wahana Express menyediakan layanan asuransi demi memastikan bahwa barang yang dikirim para pelanggan terlindungi dari kerugian yang disebabkan oleh potensi kerusakan atau kehilangan barang di tengah proses pengiriman. Seluruh barang yang dikirimkan melalui Wahana Express akan diasuransikan.

Paket yang diasuransikan akan dikenakan biaya Iuran pertanggungan sebesar 0.5% dari harga nominal produk. Sebagai Misalnya, nilai harga barang yang akan Anda kirimkan senilai Rp 2.000.000, maka biaya asuransikan yang akan dikenakan Yakni Rp 2.000.000 X 0.5% = Rp 10.000. Perhitungan beban biaya asuransi yang dikenakan tersebut berlaku Buat barang yang Mempunyai nilai dengan nominal mulai dari Rp 200.00 Tiba Rp 9.999.999. Kalau harga barang lebih kecil dari Rp 199.999, maka beban biaya asuransi akan ditanggung oleh pihak Wahana Express. Sementara itu, nilai pertanggungan maksimum Buat barang yang dikirimkan ke Singapura Yakni senilai Rp 2.999.999.

Baca Juga:   8 Langkah Mengetahui Nomor Kurir Shopee J&T Express di HP

Kalau nantinya paket Anda mengalami kerusakan atau kehilangan yang terjadi di tengah proses pengiriman, Anda dapat melakukan pengajuan klaim ganti rugi ke pihak customer service dari Wahana Express melalui alamat email ke claimcs@wahana.com. Pastikan Anda mengirimkan Arsip data diri, formulir klaim, bukti transaksi jual beli, nomor rekening sebagai bukti pendukung. Proses penggantian ganti rugi akan memakan Masa Lekas atau lambatnya tergantung dari durasi Penyelidikan yang dilakukan oleh pihak Wahana Express. Pastikan melakukan komunikasi yang intens Buat memastikan pengajuan klaim Anda diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal-hal yang Menyebabkan Klaim Asuransi Tak Berlaku

Meskipun barang yang Anda kirimkan telah diasuransikan, hal tersebut belum menjamin Kalau nantinya terjadi kehilangan atau kerusakan barang maka Anda akan menerima ganti rugi. Rupanya, Eksis beberapa kejadian yang menyebabkan pihak Wahana Express Tak bertanggung jawab dan melepaskan diri dari keterlibatan atas kerusakan ataupun kehilangan yang terjadi di luar kontrol pihak Wahana Express. Berikut ini merupakan beberapa kejadian yang menyebabkan klaim asuransi Tak berlaku:

  • Terjadinya force majeure atau kejadian Tak terduga seperti adanya huru-hara, bencana alam, kebakaran atau juga banjir
  • Terjadi peperangan, aksi terorisme, pembajakan, dan juga kejadian-kejadian serupa
  • Terjadinya kekacauan yang terdapat di jaringan darat, laut maupun udara
  • Terjadinya penyitaan atau penahanan serta pemusnahan terhadap suatu jenis barang kirim oleh pihak pemerintah yang Mempunyai kewenangan seperti bea cukai, kejaksaan, polri, karantina dan instansi lainnya
  • Terjadi kesalahan teknis dari pelayaran ataupun penerbangan yang berakibat pada kerugian non-material
Baca Juga:   Shipping Gateway Indonesia: Langkah Kerja & Manfaatnya Buat Bisnis

Kalau terjadi hal-hal Tak terduga seperti diatas, maka kemungkinan besar pengajuan klaim asuransi barang yang Anda kirim Tak akan diterima oleh pihak Wahana Express. Selain itu, Anda juga Tak dapat mengklaim asuransi Buat kehilangan barang apabila barang yang Anda kirimkan teridentifikasi sebagai barang yang dilarang berdasarkan syarat dan ketentuan Wahana Express. Buat itu, simak pembahasan tentang barang apa saja yang dilarang Buat dikirim menggunakan layanan dari Wahana Express.

Daftar Barang yang Dilarang Dikirim di Wahana Express

Dalam peraturan undang-undang yang mengatur tentang pos, disebutkan bahwa barang-barang yang dilarang Buat dikirim dikarenakan dapat menimbulkan potensi bahaya yang lazim. UU No.38 Tahun 2009 tersebut juga menegaskan bahwa pengguna layanan pos telah Eksis Embargo barang yang dapat membahayakan barang kiriman lainnya, lingkungan ataupun keselamatan orang atau makhluk hidup.

Ditambah Tengah, terdapat juga beberapa barang yang cenderung Mempunyai nilai yang tinggi sehingga jaminan ganti rugi dari asuransi Tak Dapat melindungi nominal nilai barang secara utuh. Berikut beberapa barang yang dikategorikan barang dilarang Buat dikirim melalui Wahana Express:

  1. Barang berharga berupa perhiasan seperti emas dan berlian
  2. Alat elektronik seperti telepon dan sejenisnya
  3. Duit Kontan atau surat berharga seperti saham, sertifikat, cek, giro, tiket pesawat, obligasi, ijazah Asli, Arsip tender, Kitab nikah Asli, B/L, kartu kredit, paspor, STNK Asli, NPWP, KTP, Arsip invoice, BPKB Asli dan berbagai surat berharga lainnya
  4. Senjata tajam, senjata api termasuk juga kategori senjata mainan seperti airsoft gun
  5. Barang yang mudah terbakar, meledak atau barang yang dapat memunculkan bau serta barang yang dapat merusak barang lainnya
  6. Obat-obatan terlarang, minuman keras dan narkotika
  7. Barang yang dianggap Mempunyai nilai tinggi seperti lukisan, keramik dan juga barang-barang lainnya yang dianggap Mempunyai nilai sejarah
  8. Cairan dalam bentuk apapun. PT Wahana Prestasi Logistik terkait hal ini hanya melayani pengiriman dari dan tujuan ke beberapa daerah saja seperti Nusa Jawa, sebagian daerah di Nusa Sumatera seperti Lampung, Palembang, Pekanbaru, Padang serta Nusa Bali dengan standar yang berlaku
  9. Barang cetakan ataupun rekaman yang berbentuk kaset, CD, VCD, DVD yang bertentangan dengan nilai kesusilaan
  10. Binatang hidup, tanaman hidup atau makan yang Lekas kadaluarsa atau mudah basi
  11. Arang tubuh dan organ Punya Orang
  12. Tubuh atau Bagian dari hewan langka yang telah Wafat atau diawetkan
  13. Limbah
Baca Juga:   Langkah Mudah Hubungi Customer Service Rosalia Express

Dari daftar barang yang dilarang dikirim diatas, dapat disimpulkan barang-barang yang tersebut merupakan barang yang Mempunyai nilai tinggi, barang yang bersifat Arsip Asli dan Tak dapat tergantikan Kalau hangus, barang yang dapat menyebabkan kerusakan di sekitarnya. Oleh karena itu, diharapkan bagi Anda Buat tetap bijak dalam mengirimkan barang sesuai dengan peraturan yang berlaku Bagus itu dari Wahana Express maupun dari instansi pemerintah yang mengatur hal tersebut.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat tentang Seluruh hal yang perlu Anda ketahui perihal asuransi yang Eksis di Wahana Express. Dengan berbagai informasi yang telah dijelaskan, semoga Anda dapat memanfaatkan informasi ini sebagai Surat keterangan ketika menggunakan asuransi pengiriman di Wahana Express. Terdapat Mekanisme dan ketentuan yang berlaku dalam penggunaan asuransi pengiriman, utamanya Anda Tak melanggar pasal apapun Buat dapat menjamin asuransi tetap valid Buat pengajuan klaim ganti rugi.

 

Baca juga:

  1. Hari dan Jam Operasional Wahana (Terbaru)
  2. Layanan Express Wahana: Kelebihan & Kekurangannya
  3. Urutan Pengiriman Wahana Express
  4. Langkah Cek Resi Wahana Express
[ad_2]