Panduan Lengkap Kelola Akun Ninja Biz

Panduan Lengkap Kelola Akun Ninja Biz

[ad_1]

Ilustrasi akun biz pada hanphone

Panduan Lengkap Kelola Akun Ninja Biz – Semenjak dirilis pada awal tahun 2023, aplikasi Ninja Biz membantu proses pengiriman paket semakin mudah dan Irit. Para pengirim dapat menikmati berbagai fitur dan Majemuk keuntungan termasuk kemudahan pembuatan pesanan langsung tinggal klik melalui handphone.

Apabila Anda Mau mengirimkan paket melalui aplikasi Ninja Biz, syaratnya hanya perlu Membikin akun pada aplikasi tersebut dan Seluruh fitur dan layanan dari Ninja Biz dapat Anda nikmati, termasuk cek tarif. Buat memaksimalkan pengelolaan akun Ninja Biz Anda, mari simak artikel berikut ini Buat mengetahui panduan lengkap dalam mengelola akun Ninja Biz Punya Anda.

Langkah Membikin Akun Ninja Biz

Sebelum mengetahui Langkah mengelola akun Ninja Biz lebih dalam, Anda diharuskan Buat melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Silakan unduh aplikasi Ninja Biz melalui tautan berikut Google Play Store atau di App Store. Kalau sudah berhasil diunduh, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukan alamat email atau nomor telepon Anda
  2. Selanjutnya, silakan pilih negara Anda. Dalam hal ini silakan pilih negara Indonesia
  3. Setelah itu, segera lakukan Pembuktian melalui email atau nomor telepon yang telah Anda daftarkan
  4. Setelah berhasil melakukan Pembuktian, buatlah kata sandi Buat akun Ninja Biz Anda
  5. Terakhir, tambahkan detail informasi dari bisnis yang Anda miliki.
  6. Selesai

Setelah akun Anda sudah berhasil dibuat, Anda dapat melakukan pengelolaan akun Ninja Biz Punya Anda pada menu Akun. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda kelola diantaranya informasi personal, pembayaran, Letak, air waybill printer serta notifikasi. Berikut detail informasi dari Langkah mengelola setiap hal tersebut.

Langkah Mengelola Informasi Personal

Anda dapat mengelola informasi personal akun Anda Kalau terdapat beberapa hal yang ini Anda ubah. Pada bagian pengelolaan informasi personal Anda dapat merubah beberapa hal diantaranya nama akun Anda, nama dari bisnis atau usaha Anda, nomor telepon, bahasa dan kata sandi.

Baca Juga:   Ketahui Apa Itu ERP dan Peran Pentingnya dalam Dunia Bisnis

Anda dapat mengubah setiap informasi dengan menulis informasi terbaru pada kolom yang tersedia dan menekan tombol ‘Simpan’ pada bagian paling Rendah Kalau telah selesai mengubah suatu informasi. Tak hanya itu saja, Anda juga Dapat melakukan permintaan Buat menghapus dan melakukan logout akun Ninja Biz Anda pada bagian ini.

Langkah Mengelola Informasi Pembayaran

Pada bagian informasi pembayaran, Anda dapat mengelola informasi rekening bank yang Anda gunakan Buat menerima pembayaran Biaya COD (cash on delivery) pada setiap pesanan COD yang Anda buat. Terdapat beberapa kolom yang harus Anda isi Buat melengkapi informasi rekening bank Anda diantaranya nama bank, kode bank (muncul secara Mekanis), nomor rekening bank serta nama pemilik akun rekening bank.

Kalau Anda Mau mengubah detail rekening bank, Anda hanya perlu mengisi ulang setiap kolom informasi rekening bank. Setiap pengiriman Biaya COD yang akan datang akan dikirimkan ke rekening bank yang telah diperbaharui. Apabila bank atau cabang dari rekening yang Anda punya Tak Eksis dalam daftar, silakan Buat menghubungi pihak Ninja Xpress melalui alamat email shippercare_id@ninjavan.co.

Langkah Mengelola Letak

Hal selanjutnya yang dapat Anda kelola pada akun Ninja Biz milikmu Yakni informasi Letak yang disimpan. Letak yang disimpan artinya Letak yang akan Anda gunakan secara reguler Buat melakukan penjemputan atau pengembalian paket yang Anda kirimkan.

Tujuan dari penyimpanan informasi Letak adalah Buat mempermudah Anda dalam mengisi kolom Letak ketika Membikin pesanan tanpa harus mengetiknya berulang kali. Anda hanya perlu memilih Letak berdasarkan informasi Letak yang telah tersimpan pada akun Ninja Biz milikmu. Buat menambahkan Letak baru pada akun Ninja Biz Anda, ikuti langkah berikut ini:

  1. Pada menu pengaturan akun, silakan klik bagian ‘Letak’
  2. Selanjutnya, silakan klik ‘Tambah Letak’
  3. Anda akan dialihkan pada halaman detail penambahan Letak
  4. Kolom pertama yang harus Anda isi Yakni ‘Nama Letak’. Informasi ini bertujuan sebagai Surat keterangan nama tempat atau bentuk yang memudahkan Anda dalam menentukan titik penjemputan ketika Membikin pesanan.
  5. Anda Dapat memberi nama Letak berupa rumah, Penyimpanan atau toko
  6. Setelah itu, Anda diharuskan Buat mengisi detail alamat dari Letak mulai dari Provinsi, Kota/Kabupaten,
  7. Kecamatan, Nama Jalan & Nomor Unit
  8. Anda juga dapat menambahkan instruksi kepada kurir Kalau dibutuhkan
  9. Selanjutnya tambahkan informasi dari detail kontak orang yang akan dihubungi Buat mengurus penjemputan paket yang terdiri atas nama dan nomor kontak
  10. Terakhir, Anda dapat menetapkan Letak tersebut sebagai Letak Primer atau Tak. Kemudian klik ‘Tambah Letak’ pada bagian paling Rendah aplikasi.
Baca Juga:   Intip Perjalanan Karir Pemilik Shopee dan Kekayaannya yang Lanjut Meningkat

Setelah menambahkan Letak, Anda juga dapat memperbaharuinya dengan Langkah berikut ini:

  1. Pada menu pengaturan akun, silakan klik ‘Letak’
  2. Selanjutnya akan tampil tombol ‘Tambah Letak’ dan daftar Letak yang disimpan yang pernah Anda buat.
  3. Silakan klik Letak disimpan yang Mau Anda perbaharui informasinya
  4. Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada halaman detail Letak seperti Ketika menambahkannya. Silakan ubah informasi sesuai dengan kebutuhanmu
  5. Terakhir, klik ‘Simpan perubahan’ Buat menyimpan informasi Letak yang telah Anda perbaharui.

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan Buat mengelola Letak yang disimpan Yakni menghapusnya. Simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada menu pengaturan akun, silakan klik ‘Letak’
  2. Selanjutnya akan tampil tombol ‘Tambah Letak’ dan daftar Letak yang disimpan yang pernah Anda buat.
  3. Silakan klik Letak disimpan yang Mau Anda hapus
  4. Setelah itu, klik tombol ‘Menghapus’ yang terdapat di bagian kanan atas menu
  5. Terakhir, klik ‘Ya, hapus’ Buat mengkonfirmasi penghapusan Letak yang disimpan.

Sebagai catatan, Kalau Letak yang Mau Anda hapus Ketika ini digunakan pada pesanan yang Tetap berjalan, maka Anda Tak akan dapat menghapus informasi Letak yang disimpan tersebut. Jadi, Anda hanya dapat menghapus informasi Letak disimpan yang Tak digunakan dalam pesanan yang Eksis.

Baca Juga:   Apa Itu Member VIP J&T: Penjelasan & Langkah Daftarnya

Langkah Mengelola Air Waybill Printer

Hal selanjutnya yang dapat Anda kelola dengan akun Ninja Biz yang Anda miliki Yakni menghubungkan printer Buat mencetak nomor resi. Dengan menghubungkan printer Anda dengan aplikasi Ninja Biz, maka Anda dapat mencetak resi tanpa perlu repot memindahkan file PDF resi ke komputer.

Terdapat 2 (dua) Langkah yang dapat Anda lakukan Buat menghubungkan aplikasi Ninja Biz dengan perangkat printer terdekat Yakni melalui kabel USB dan alamat IP. sebagai catatan, Ketika ini aplikasi Ninja Biz hanya dapat terhubung dengan printer merk Paperang dan Xprinter. Kalau printer yang Anda punya Tak didukung, Anda dapat mencetak resi dengan berbagi file PDF dari halaman pesanan.

Langkah Mengelola Notifikasi

Hal terakhir yang dapat Anda kelola pada akun Ninja Biz Anda Yakni pengelolaan notifikasi. Terdapat dua notifikasi yang dapat Anda kelola Yakni push notification dan email notification. Pada bagian push notification, Anda dapat mengaktifkan ataupun menonaktifkan notifikasi terkait dengan penjemputan dan pengiriman.

Anda dapat mengaktifkan notifikasi apabila penjemputan dan pengiriman sukses serta apabila penjemputan dan pengiriman gagal. Sementara itu, pada bagian email notification, Anda hanya dapat mengaktifkan notifikasi penjemputan dan pengiriman sukses saja.

Itulah pembahasan singkat tentang panduan lengkap mengelola akun Ninja Biz dari Ninja Xpress Punya Anda. Terdapat banyak hal yang dapat Anda kelola pada Akun Ninja Biz mulai dari informasi personal, detail rekening bank hingga pengaturan notifikasi pengiriman paket. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 

Baca Juga:

  1. Mau Paket Dijemput Kurir Ninja Xpress? Ini Caranya!
  2. Kirim Paket Praktis Dengan Aplikasi Ninja Biz
  3. Ninja Direct: Jasa Impor Ninja Xpress
  4. Istilah Pengiriman Ninja Xpress (Wajib Paham)
[ad_2]