Panduan Langkah Buat Blog Pribadi Sederhana Buat Pemula

Panduan Cara Buat Blog Pribadi Sederhana untuk Pemula

Panduan Langkah Buat Blog Pribadi Sederhana Buat Pemula

Pembuatan blog sudah jadi langkah yang menarik bagi Anda yang Mau berbagi ide, pengalaman, atau pengetahuan dengan audiens online. Nah, Rupanya dengan semakin berkembangnya teknologi digital, Langkah buat blog jadi lebih mudah karena Anda Dapat melakukannya lewat smartphone.

Melalui tutorial ini, Anda yang Tetap pemula pun Dapat jadi seorang Blogger dalam sekejap! Baca artikel ini Buat Paham tahapan selengkapnya.

Langkah Buat Blog dari Smartphone

Sudah bukan rahasia Tengah Kalau Blog Mempunyai potensi besar Buat menghasilkan cuan dari menulis artikel. Bahkan, Kalau Anda Paham, sebenarnya platform ini Dapat Anda kembangkan langsung dari smartphone. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi browser yang Anda gunakan, Lampau masuk ke halaman Blogger.com.
  2. Anda perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu, caranya adalah tekan tombol “BUAT BLOG ANDA” pada halaman Primer.
  3. Setelah itu, tekan tombol “Buat akun” yang akan mengarahkan Anda ke halaman registrasi.
  4. Isi Seluruh form pendaftaran dan sebisa mungkin gunakan email yang terhubung dengan smartphone. Tujuannya adalah Buat memudahkan proses pengelolaan Blog kedepannya.
  5. Kemudian, pilih URL Blog yang menarik. Karena Langkah ini Buat pemula, Anda Dapat mulai dengan URL gratisan.
  6. Klik tombol “Lanjutkan”, Lampau konfirmasi pendaftaran dan akun Blog Anda sudah siap Anda gunakan.

Langkah Ubah Tema dengan Template 

Langkah Langkah buat Blog berikutnya adalah mengubah tampilan antarmuka dari platform yang akan Anda kelola. Anda Dapat gunakan tema dengan template Blog yang sudah tersedia dengan Langkah berikut ini:

  1. Setelah Anda berhasil masuk ke halaman dashboard Blog, cari menu “Theme” atau “Tema”.
  2. Dalam menu tersebut, Anda akan Menyantap banyak pilihan template sederhana yang mana Dapat Anda sesuaikan kembali.
  3. Pilih salah satu template, Lampau klik “APPLY” Buat menerapkannya pada halaman yang Anda buat.
  4. Kalau Anda menekan tombol “PREVIEW”, maka Anda Dapat Menyantap tampilan tema secara real time sebelum Anda pilih. Sedangkan tombol “CUSTOMIZE” akan membantu Anda menyesuaikan atau melakukan editing pada halaman yang Anda buat.
  5. Anda Dapat ganti nama atau teks sesuai Blog yang akan Anda desain. Seimbangkan berbagai aspek sehingga tampilan sesuai seperti yang Anda inginkan.
  6. Kalau Anda Tak Mau bagian background terlalu Hampa, Anda Dapat menambahkan dan menyesuaikan berbagai pengaturan Buat Membikin desain lebih menarik.
  7. Terakhir, scroll layar ke bagian paling atas dan klik tombol “SAVE” atau “Simpan” agar tampilan Blog Anda ter-update.
Baca Juga:   Langkah-Langkah dan Syarat Menjadi Kawan JNE

Baca Juga: Langkah Membikin Website Gratis Buat Pemula, Tak Perlu Coding!

Langkah Ubah Tatanan Layout 

Langkah buat Blog selanjutnya adalah menyesuaikan layout atau tatanan ruang pada halaman yang Anda buat. Fokusnya adalah mengatur beberapa area seperti bagian atas (header, logo, atau nama), bagian tengah (isi dan konten), samping (menu bar) dan Rendah (footer). 

Langsung buka saja menu “Layout”, Lampau sesuaikan sidebar sesuai preferensi Anda. Pengaturan ini sifatnya segmented, jadi Anda harus atur tiap halaman sesuai preferensi yang berbeda. Misalnya, halaman Primer dan halaman Blog tentu punya layout yang berbeda.

Langkah Menambah Halaman

Buat halaman ini, Anda Dapat buat sesuai kebutuhan di mana utamanya Anda perlu halaman dashboard, sitemap, halaman Blog Buat membuka artikel, dan halaman kontak Kalau perlu. Caranya dengan membuka menu “Pages”, Lampau tambahkan halaman dan sesuaikan dengan preferensi pribadi.

Atur penamaan, jenis halaman, dan konfigurasi lain sesuai keinginan. Jangan lupa kembali ke pengaturan Layout Buat menyesuaikan antarmuka tiap halaman yang sudah Anda buat.

Baca Juga:   Manfaat dan Langkah Jadi Member JLC

Langkah Menambah Sitemap

Langkah buat Blog tak berhenti Tiba di sini, karena tujuan pembuatan Blog adalah tambahan cuan sehingga Anda perlu meningkatkan peluangnya. Jadi, Anda juga perlu mengintegrasikan sitemap dengan Langkah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, buat sitemap.xml. Anda Dapat manfaatkan tools online seperti Google Webmaster Tools.
  2. Kemudian, Anda perlu login atau daftar dengan akun Google, Lampau buat sitemap baru.
  3. Kalau sudah berhasil, maka Anda Dapat submit sitemap tersebut ke dalam Blog yang sudah Anda buat.
  4. Salin (copy) script dari xml yang Anda buat sebelumnya, Lampau buka halaman pengaturan Blog.
  5. Setelah itu, buat halaman baru dengan nama “Sitemap”, dan tempel (paste) script sitemap yang sudah Anda salin sebelumnya. 

Fungsi sitemap sendiri adalah membantu web crawler Buat membaca Blog yang Anda buat dengan lebih Lekas. Dengan hal ini, proses indexing juga akan semakin Lekas, sehingga Kesempatan Blog Anda muncul di rekomendasi atas pencarian Google juga akan meningkat.

Baca Juga: Tips SEO agar Traffic Website Meningkat Buat Pemula

Langkah Membikin dan Posting Artikel

Buat mendapatkan cuan dari Langkah buat Blog ini, Anda perlu Membikin konten artikel berkualitas dan menarik dengan konsisten. Anda Dapat mulai dengan Membikin artikel menarik dengan kaidah SEO, Lampau mempostingnya dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman Blog, Anda Dapat pilih menu “Posts” dan klik tombol “+” atau “New Post”.
  2. Setelah itu, masukkan judul artikel pada kolom “Title” dan masukkan isi konten pada kolom teks di bawahnya.
  3. Anda Dapat Membikin konten sedemikian Macam-macam, sehingga proses penyerapan informasi lebih mudah.
  4. Tambahkan gambar pendukung, sumber terpercaya, dan backlink Buat meningkatkan SEO artikel.
  5. Jangan lupa atur jenis konten Buat pribadi atau Buat Biasa, setelah itu klik tombol pesawat kertas atau publish. 
  6. Anda Dapat bagikan link artikel ke sosial media atau platform komunitas Buat meningkatkan trafik blog Anda.
Baca Juga:   Apa Itu Member VIP J&T: Penjelasan & Langkah Daftarnya

Langkah Melakukan Indexing

Langkah buat Blog yang terakhir adalah melakukan indexing pada tiap halaman yang sudah Eksis. Tujuannya adalah Buat berkenalan dengan SERP (Search Engine Result Page) dari Google. Anda Dapat mulai dengan mengikuti panduan di Rendah ini:

  1. Masuk ke web Google Search Console, Lampau login dengan akun Google yang sama dengan yang terhubung dalam Blog.
  2. Tambahkan properti melalui menu “+ Add property” Lampau pilih “URL Prefix” dan copy paste link Blog yang Anda buat.
  3. Setelah itu, klik tombol Continue dan tunggu proses berjalan. Bila perlu, lakukan Pembuktian dengan menyalin script ke hosting Anda, caranya dengan menyalin HTML Tag yang Anda dapatkan. Lampau, letakkan pada bagian <head> (buka template yang Anda gunakan).
  4. Kalau sudah, kembali ke Google Search Console dan klik “Verify”. Apabila sudah masuk antrian, klik “REQUEST INDEXING”.
  5. Buat pengecekan, Anda Dapat masukkan perintah [“site:”+”domain”] di pencarian browser, contohnya “site:https//www.ceritanyaBlog.Blogger.com”. Kalau muncul halaman yang Anda mau, berarti Blog sudah terindeks.

Bagaimana, Langkah Buat Blog Itu Mudah, Bukan?

Itulah panduan singkat Langkah buat blog yang Dapat Anda praktikkan lewat smartphone. Lebih dari langkah-langkah tersebut, Anda juga perlu menyesuaikan pembuatan hingga indexing secara lebih lanjut. Tentunya Anda perlu Membikin konten menarik, berkualitas (SEO), dan konsistensi Buat mendapatkan cuan dari Blog.