Langkah Retur Barang di Lazada, Tak Perlu Panik Ketika Belanja Online

Cara Retur Barang di Lazada, Tidak Perlu Panik saat Belanja Online

Langkah Retur Barang di Lazada, Tak Perlu Panik Ketika Belanja Online

Banyak orang yang Tetap ragu Buat belanja barang secara online karena Tak Dapat Menyantap barang secara langsung. Padahal, Kalau barang Tak cocok atau Eksis kerusakan, Anda Dapat lakukan pengembalian. Contohnya seperti Langkah retur barang di Lazada yang Dapat bantu belanja online lebih nyaman. Penasaran? Yuk, simak penjelasan ini!

Kebijakan Pengembalian Produk di Lazada

Walaupun sebenarnya Anda Dapat mengembalikan barang Kalau Tak sesuai, Tetapi Eksis kebijakan yang Lazada buat agar dapat melindungi kedua sisi. Barang yang Mau Anda kembalikan harus memenuhi beberapa kebijakan, seperti:

1. Barang dalam Periode Konfirmasi Pesanan

Secara singkat, periode konfirmasi pesanan adalah ketika barang yang Anda pesan sudah Tiba, Tetapi Anda belum menekan “Konfirmasi Pesanan” di aplikasi Lazada. Jangka Masa ini memang e-commerce berikan pada pelanggan Buat melakukan pengecekan kondisi barang.

Sehingga selama periode ini pelanggan Dapat memastikan produk yang ia beli sudah sesuai pesanan. Umumnya, periode konfirmasi ini berkisar 3 x 24 jam hingga 15 x 24 jam.

2. Jenis Toko yang Dapat Mengajukan Pengembalian

Sebenarnya Langkah retur barang di Lazada dalam artikel ini, Dapat Anda gunakan Buat segala jenis toko. Mulai dari MP Lokal, LazMall Lokal, MP Luar Negeri, hingga LazzMall Luar Negeri. Hal yang berbeda hanya periode konfirmasi yang Anda terima saja.

Persyaratan Pengembalian Barang

Selain beberapa kebijakan di atas, sebelum Anda menjalankan proses pengembalian Eksis beberapa syarat yang harus Anda persiapkan. Cakupan persyaratan tersebut meliputi hal-hal berikut ini:

  • Menyertakan bukti pembelian berupa nomor pesanan, faktur pembelian, resi pengiriman, dan sebagainya. Anda Dapat melakukan screenshot pada bukti pembelian yang Eksis dalam aplikasi.
  • Memilih metode pengembalian barang. Lazada menyediakan layanan pengembalian Drop Off yang memungkinkan Anda mengembalikan barang ke jasa pengiriman yang sama dengan menunjukkan nomor resi pengembalian. 
Baca Juga:   Jasa Angkutan Barang Serbaguna (Rating Tertinggi 2024)

Resi pengembalian ini Dapat Anda dapatkan melalui pengisian formulir pengembalian.

  • Menyertakan Dalih pengembalian yang Absah. Biasanya, hal ini terkait pemilihan Dalih yang tersedia dan terbukti, serta Tetap dalam masa konfirmasi pesanan.
  • Pengiriman kembali ditujukan ke alamat yang tercantum dalam formulir pengembalian. Jadi, Anda Dapat mengisi formulir dan sistem akan menunjukkan alamat pengembaliannya pada formulir Anda.
  • Kalau Anda hendak mengembalikan produk perangkat pintar yang sudah Anda pasangkan kata sandi, Eksis baiknya Anda mengembalikan ke mode dan setelan pabrik. Atau sertakan kata sandi yang Anda gunakan.

Langkah Retur Barang di Lazada

Kalau Anda sudah memenuhi kebijakan dan menyiapkan Seluruh persyaratan yang Eksis. Maka, berikut Langkah pengembalian yang Dapat Anda coba ikuti:

  • Langkah pertama, cari pesanan dari barang yang Mau Anda kembalikan dengan membuka aplikasi atau website Lazada. Pesanan berada pada menu “Lihat Seluruh Pesanan” yang Eksis dalam opsi akun dalam aplikasi Lazada yang Anda gunakan.
  • Setelah membuka menu tersebut dan menemukan pesanan, buka pesanan Lampau cari menu “Pengembalian Saya”. Lampau, temukan opsi “Saya Mau Mengembalikan Produk”.
  • Setelah memilih opsi tersebut, sistem akan membuka opsi Dalih pengembalian yang Dapat Anda sesuaikan dengan Dalih yang terjadi pada produk tersebut.
  • Tambahkan keterangan dan bukti yang Jernih Buat mendukung Dalih tersebut. Sertakan beberapa foto kongkrit yang berhubungan dengan Dalih Anda mengembalikan produk yang Anda beli sebelumnya.
  • Kalau Anda sudah melalui Langkah retur barang di Lazada ini, sistem akan mengarahkan Anda Buat memilih metode pengembalian Biaya. Anda Dapat memilih pengembalian Biaya melalui transfer Bank atau dengan voucher belanja senilai harga barang Ketika Anda membelinya.
  • Pastikan Nomor sudah sesuai dengan jumlah Ketika Anda membeli, sebelum melanjutkan ke proses berikutnya. Simak seluruh detail pengembalian Biaya sebelum melakukan konfirmasi.
  • Setelah itu, Anda Dapat memilih bagaimana metode pengembalian barang  atau “Kurir Pick Up” yang Mau Anda gunakan. Anda Dapat memilih penjemputan barang dan juga drop off secara gratis maupun berbayar sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Setelah Anda memastikan seluruh persyaratan dan Mekanisme sudah sesuai, Anda Dapat pilih opsi “Lanjutkan” Buat melakukan konfirmasi.
  • Kalau formulir telah terisi sempurna, Anda Dapat memilih “Kirimkan”, Lampau tunggu hingga Eksis notifikasi berhasil dikirim. 
  • Tunggu kurir atau kirim barang sesuai Mekanisme pengembalian yang Anda pilih. Lampau, tunggu hingga Anda mendapatkan tanggapan dari pihak Lazada.
  • Kalau Dalih dan bukti sesuai dan dapat diterima, Anda tinggal menunggu Biaya Anda kembali melalui pilihan metode yang Anda gunakan.
  • Hubungi customer service Lazada Kalau Eksis keluhan atau kendala lainnya.
Baca Juga:   Bad Address SiCepat Artinya Apa? Penyebab dan Langkah Mengatasi

Langkah Retur Barang di Lazada Buat Barang COD

Sebenarnya caranya tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Tetapi, dalam Mekanisme pengembalian Eksis beberapa ketentuan, seperti:

  • Pastikan barang sudah Anda bayar ke kurir sebelum Anda membuka paket. 
  • Kalau Anda belum membayar, pengembalian Tak akan Dapat di proses.
  • Pastikan Anda meminta kurir Buat stay di Letak Ketika Anda membuka paket dan memeriksanya.
  • Kalau Anda merasa aneh dengan ukuran paket dan deskripsinya, minta kurir Buat melakukan pembatalan pesanan dan pengembalian retur.
  • Barang yang pihak Lazada terima adalah yang belum dibuka, Tetap dalam segel, dan barang belum digunakan.
  • Kurir akan membantu Anda dalam pembatalan transaksi COD. 
  • Anda juga Dapat langsung membatalkan pesanan melalui menu pembatalan yang Eksis dalam opsi “Pesanan Saya”. Tentunya setelah proses pembayaran COD sudah Anda lakukan.
  • Pastikan transaksi COD yang Anda batalkan sesuai dengan deskripsi produk yang Anda tolak.
  • Seperti Normal, pilih Dalih, metode pengembalian Biaya, dan pengiriman barang kembali.
  • Setelah itu, tunggu Info dari pihak Lazada terkait status pembatalan dan pengembalian Biaya.
  • Hubungi customer service Lazada Kalau Eksis keluhan atau kendala lainnya.
Baca Juga:   Seluruh Info Layanan Pos Instan Plus Eksis Di Sini

Baca Juga: Simak! Langkah Membatalkan Pesanan di Shopee Mudah Anti Ribet

Ingat! Kurir hanya membantu pengiriman paket Tiba ke tujuan. Sedangkan masalah ketidakcocokan barang bukan selalu kesalahan kurir. 

Jadi, Buat pembatalan COD, Minta Buat membayar kurir terlebih dahulu sebelum pengembalian setelah pengecekan. Tetapi, Kalau Anda ragu sejak awal, jangan buka paket dan minta kurir mengembalikannya.

Sudah Paham Bagaimana Langkah Retur Barang di Lazada?

Nah, itulah beberapa kebijakan, persyaratan, dan Langkah retur barang di Lazada. Pastikan Anda menyiapkan persyaratan dan bukti kongkrit Buat mempermudah konfirmasi pihak Lazada. Jangan ragu Buat menghubungi Customer Service Kalau Eksis keluhan atau pertanyaan lebih lanjut!