Apa itu FIFO, FEFO, dan LIFO dalam Pergudangan?

Apa itu FIFO, FEFO, dan LIFO dalam Pergudangan?

Buat menjalankan suatu bisnis, tentu diperlukan adanya beberapa strategi Buat menyukseskannya. Anda juga perlu melakukan beberapa metode Buat Membikin perkembangan bisnis Fasih seperti FIFO, FEFO, dan LIFO. Apa itu FIFO dan metode lainnya?

FIFO, FEFO, dan LIFO berkaitan dengan manajemen pergudangan atau barang. Anda perlu menerapkannya terutama bagi yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Dengan metode ini, bisnis akan lebih mudah dikelola dengan Bagus.

Apa itu Manajemen Persediaan?

Sebelum dijelaskan tentang FIFO, FEFO, dan LIFO, ketahui terlebih dahulu manajemen persedian yang merupakan ruang lingkup dari metode tersebut.

Manajemen persediaan adalah aktivitas yang di dalamnya berisi pengelolaan, pengawasan, dan pengendalian yang diterapkan yang berkaitan dengan persediaan atau masuk dan keluarnya barang.

Setiap pengusaha bisnis perlu melakukan hal ini Buat Dapat Membikin bisnis menjadi lebih berjalan Fasih. Jadi, penerapan manajemen tersebut umumnya juga dibutuhkan Buat perusahaan yang bergerak di bidang produksi.

Dalam melakukan proses produksi dibutuhkan pengelolaan pendistribusian barang yang Bagus selain menggunakan strategi pemasaran seperti foto katalog.

Manajemen persediaan tersebut berkaitan dengan rantai pasokan barang Buat memastikan seluruh proses pendistribusian, penyimpanan, Tiba keluarnya dari Penyimpanan ini berjalan Fasih.

Aktivitas yang dilakukan oleh manajemen persediaan adalah mencatat data Aliran barang, menghitung barang, dsb. Diperlukan tenaga kerja yang terampil dan teliti Buat melaksanakan tugas tersebut dengan Bagus.

Oleh Karena itu, tujuan dari adanya manajemen persediaan ini Bermanfaat agar menghindari kesalahan fatal yang mungkin terjadi karena kesalahan pengelolaan di Penyimpanan.

Apabila salah memasukkan data, tentu ini akan berdampak Jelek bagi perusahaan dan bahkan Dapat mengalami kerugian.

Adapun manfaat yang Dapat dirasakan dari manajemen persediaan adalah Buat meminimalisir keterlambatan barang Buat didistribusikan dan Tiba ke pelanggan. Selain itu, manajemen barang ini berfungsi Buat Membikin Aliran barang Lanjut tersedia.

Jangan Tiba stok habis agar konsumen Dapat Lanjut mendapatkan produk tersebut dan Aliran pendapatan Lanjut mengalir.

Baca Juga: Manajemen Pergudangan: Pengertian dan Hal-hal Pentingnya

Mengenal FIFO FEFO LIFO dalam Pergudangan

Baca Juga:   Inventory Control Methods, Kenali Jenis dan Fungsinya!

Di dalam manajemen persediaan, Anda akan mengenal FIFO, FEFO, dan LIFO. Ketiganya termasuk dalam metode Krusial dalam pengelolaan barang.

Barang dalam pergudangan adalah hal yang kompleks sehingga membutuhkan adanya strategi, pengaturan, dan organisasi yang mengelola pergudangan dengan Bagus. Perlu ketelitian dan strategi dalam menjalankan masa Guna barang berdasarkan masa kadaluarsanya.

Pengaturan ini Krusial dilakukan agar menghindari penumpukan barang maupun kehabisan barang yang Eksis di Penyimpanan. Oleh Karena itu, diperlukan adanya manajemen yang Bagus Buat mengetahui kualitas barang yang Eksis di Penyimpanan.

Berikut ini adalah beberapa Langkah pengelolaan barang yang tersedia, Yakni sebagai berikut:

Apa itu FIFO?

Pertama adalah metode FIFO atau kepanjangan dari (First In First Out). Metode ini dilakukan dengan memakai stok barang di Penyimpanan berdasarkan Masa masuk gudangnya. Maksud dari FIFO Yakni stok pertama masuk adalah stok yang harus dikeluarkan dari Penyimpanan.

Dengan memakai Langkah ini, Membikin persediaan pertama di Penyimpanan dikeluarkan terlebih dahulu agar Tak Lekas rusak. Hal ini Krusial karena Kalau terlalu Lamban disimpan, maka barang ini Dapat saja mengalami kerusakan atau bahkan kadaluarsa sebelum diterima ke tangan pelanggan.

Penerapan dari FIFO ini sangat sederhana sehingga para manajer Penyimpanan juga mudah Buat melaksanakannya. Anda perlu mencatat barang yang pertama kali masuk dan barang apa yang akan keluar.

Dengan Langkah ini, memudahkan Aliran barang menjadi lebih Bagus Tengah. Selain bermanfaat Buat Aliran pergudangan, FIFO juga sering digunakan Buat menentukan Harga Pokok Penjualan (HPP).

Alasannya adalah karena harga produk tersebut nantinya akan disesuaikan dengan berapa lamanya stok barang di perusahaan. 

Harga yang ditetapkan ini berdasarkan dengan biaya masuk barang harus sama dengan nilai penjualan dari barang yang masuk pertama kali. Dapat dikatakan bahwa perusahaan ini akan mengeluarkan barang Lamban Buat yang pertama kali dijual. Banyak yang sudah menjalankan konsep ini seperti perusahaan FnB, kosmetik, obat-obatan, dan jasa pengiriman barang.

Baca Juga:   Warehouse Management System: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

Kekurangan dari FIFO adalah beban pajak yang perlu dikeluarkan cenderung lebih mahal. Selain itu, FIFO memang terbilang menguntungkan tetapi labanya ini umumnya juga kurang Seksama.

Baca Juga: Langkah Manajemen Stok Barang Buat Bisnis Anda

Apa itu FEFO?

Setelah mengenal apa itu FIFO, ketahui pula apa yang dimaksud dengan metode FEFO. Meski punya nama yang Nyaris sama, FEFO Mempunyai Ciri yang berbeda. FEFO sendiri adalah kepanjangan dari First Expired First Out.

Maksudnya adalah pengelolaan barang yang dilakukan dengan mengeluarkan barang yang punya masa kadaluarsa yang dekat.

Dengan menggunakan konsep ini, Membikin barang Dapat lebih bermanfaat dan punya nilai jual dibandingkan harus membuangnya karena sudah kadaluarsa. Semakin kadaluarsanya sudah dekat, maka harus semakin Lekas dikeluarkan atau didistribusikan oleh Penyimpanan.

Tujuannya agar Tetap Dapat layak jual dan dimanfaatkan. Penerapan metode FEFO juga terbilang sederhana karena Bisa memberikan manfaat dan memudahkan produk menjadi bernilai.

Dengan demikian, Aliran ini akan lebih efektif dan mengurangi barang yang terbuang karena kadaluarsa akibat penyimpanan yang terlalu Lamban. Kalau banyak yang terjual, ini Dapat mengakibatkan kerugian bagi pemilik usaha tersebut.

Jenis perusahaan yang menerapkan bisnis ini cukup banyak terutama Buat bisnis makanan minuman yang memang Mempunyai masa kadaluarsa yang harus diperhatikan. Selain itu, Eksis pula jenis perusahaan lainnya seperti di bidang retail, farmasi, dsb.

Apa itu LIFO?

Metode berikutnya yang juga sering digunakan dalam pergudangan adalah LIFO atau Last In First Out. Metode ini adalah konsep manajemen pergudangan yang berkebalikan dengan FIFO. Konsep ini dilakukan dengan Langkah mengeluarkan barang berdasarkan yang pertama kali masuk.

Kenapa Dapat terjadi? Apakah Tak rugi? Tentu saja Tak malah sebaliknya Anda Dapat mendapatkan banyak keuntungan dengan melakukannya. Tetapi, Anda juga perlu memastikan apakah konsep ini cocok Buat perusahaan Anda karena perlu adanya pertimbangan Spesifik.

Baca Juga:   Value Stream Mapping dan Fungsinya 

Tetapi, dengan LIFO, Anda juga Dapat mendapatkan keuntungan yang besar. Misalnya perusahaan yang melaksanakan LIFO umumnya adalah yang bergerak di bidang fashion.

Seperti yang kita ketahui, orang lebih tertarik Kalau Eksis fashion terbaru dan viral sehingga berbondong-bondong Buat membelinya.

Pebisnis harus menangkap Kesempatan ini dengan Bagus Yakni segera mengeluarkan barang terbaru tersebut Buat mengambil momentum penjualan yang Eksis di pasaran. Dengan menerapkan konsep ini, maka harga Dapat mengalami inflasi tergantung dari keinginan pelanggan.

Kekurangan dari LIFO Yakni Untung yang diperoleh Dapat rendah. Selain itu, kekurangan lainnya yang terjadi dari konsep ini Yakni biaya pembukuan yang tinggi karena metodenya sedikit sulit.

Baca Juga: Definisi Safety Stock, Manfaat dan Rumus Menghitung yang Betul

Metode manajemen persediaan yang Biasa dilakukan adalah FIFO, FEFO, dan LIFO. Anda sudah mengetahui dengan Jernih apa itu FIFO dan bedanya dengan metode lain. Hal ini Membikin Anda Dapat menentukan pengelolaan barang menjadi lebih Bagus Tengah.

Layanan Fulfillment dengan Majemuk Metode Manajemen Persediaan 

Optimalkan pengelolaan stok barang Anda dengan solusi Penyimpanan terdepan dari Biteship! Penyimpanan kami Tak hanya menyediakan penyimpanan yang Kondusif Buat barang Anda, tetapi juga menawarkan manajemen stok yang Bergerak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa industri sangat memperhatikan proses keluar masuknya barang ke Penyimpanan, seperti makanan dan  obat-obatan. Bagi produk yang sensitif terhadap Lepas kedaluwarsa, kami akan menerapkan sistem FEFO guna kualitas produk tetap terjaga Tiba di tangan konsumen.

Berbeda dengan industri fashion di mana biasanya permintaan akan model terbaru lebih tinggi dibandingkan model Lamban. Kondisi seperti ini Membikin stok model terbaru akan lebih Lekas keluar dibandingkan stok model Lamban yang lebih dulu disimpan di Penyimpanan. Maka, bisnis fashion dapat menggunakan motede LIFO di Biteship.

Biteship memberikan kebebasan bagi pengguna Buat menerapkan metode FIFO, FEFO, atau LIFO pada manajemen persediaannya. Kami siap memberikan solusi yang sesuai dengan preferensi Anda! 

Tertarik mencoba layanan Penyimpanan dan fulfillment Biteship? Hubungi kontak di Rendah ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online Berbarengan tim Biteship pada link berikut ini:

Jadwalkan Pertemuan.