Analisis Kompetitor, Seluk Beluk dan Penerapannya dalam Bisnis

Analisis Kompetitor, Seluk Beluk dan Penerapannya dalam Bisnis

Analisis Kompetitor, Seluk Beluk dan Penerapannya dalam Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, analisis kompetitor adalah salah satu kegiatan wajib yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang akan Anda buat. Sayangnya, Tetap banyak pebisnis yang belum maksimal menjalankan kegiatan ini. Agar Tak terjebak dalam masalah yang sama, mari pelajari lewat artikel ini!

Sekilas Mengenai Analisis Kompetitor

Pada dasarnya, kegiatan ini melibatkan identifikasi dan pengamatan pada subjek kompetitor atau pesaing bisnis. Bahan pengamatan adalah strategi dan langkah yang kompetitor ambil. Tak hanya itu, Anda juga akan mencari banyak informasi dari berbagai sumber, Bagus sosial media, website, maupun observasi lapangan.

Dengan mengenal siapa yang harus Anda hadapi, Anda akan lebih matang dalam menyiapkan strategi terbaik yang Dapat membawa kemenangan. Karena bisnis sebaiknya memberikan sedikit pembeda, keunikan, hingga Kelebihan dengan produk atau jasa yang ditawarkannya.

Walaupun terdengar sedikit kasar, Tetapi hal ini sudah sangat wajar terjadi dalam Penguasaan pasar. Semakin Bagus strategi Anda dalam menghadapi strategi musuh, maka akan semakin besar Kesempatan Buat menguasai pangsa pasar yang lebih luas.

Apa Tujuan dari Analisis Kompetitor?

Dari penjelasan di atas, sebenarnya sedikit banyak Anda Niscaya sudah Dapat menerka apa yang menjadi tujuan dari kegiatan satu ini. Tujuan tersebut Tak jauh dari beberapa hal berikut ini:

1. Lebih Mengenal Siapa Kompetitor

Tujuan Primer mengamati pergerakan dan strategi kompetitor sudah Niscaya Buat lebih mengenal siapa yang harus Anda kalahkan. Dalam hal ini, Anda harus Paham apa saja kekuatan dan kelemahan dari kompetitor bisnis.

2. Memahami dan Memprediksi Strategi Kompetitor

Dengan memahami siapa kompetitor Anda, pastinya akan membantu dalam memahami dan memprediksi langkah, pergerakan, atau strategi yang akan kompetitor jalankan. 

Baca Juga:   Mengapa Jaringan Pemasok Harus Kurangi Jejak Karbon?

Sehingga Anda Dapat Paham dan menyiapkan counter terbaik Buat setiap strategi yang kompetitor jalankan. Jadi, bisnis yang Anda jalankan akan terlihat lebih unggul dan Dapat segera menguasai pasar.

3. Mengantisipasi Ancaman yang Mungkin Terjadi

Dalam bisnis, tak Seluruh pelakunya bermain dengan Langkah Kudus, walaupun terkadang Langkah kotor yang dilakukan pun cukup sulit terdeteksi. Oleh karena itu, analisis kompetitor harus Anda jalankan dengan sungguh-sungguh Buat mengantisipasi setiap ancaman yang dapat mengganggu bisnis.

4. Mengantisipasi Reaksi Kompetitor

Karena kegiatan ini cukup Biasa, besar kemungkinan Kalau kompetitor akan melakukan hal yang sama kepada Anda. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengetahui setiap pergerakan kompetitor. Tujuannya Buat mengantisipasi reaksi yang terjadi pada langkah yang Anda jalankan.

Baca Juga: Langkah Membikin Business plan yang Mudah dan Simple

Manfaat Analisis Kompetitor

Seperti halnya beberapa tujuan di atas, melakukan kegiatan ini dengan Betul akan memberikan benefit yang besar. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Memahami Siapa Saja Kompetitor Pasar Anda

Dengan mengamati pasar, Anda akan Paham siapa saja kompetitor yang Dapat membahayakan bisnis Anda. Lewat teknik pengamatan yang Pas, Anda Dapat menemukan celah pasar dan Kesempatan Buat melawan balik strategi yang kompetitor jalankan.

2. Membikin Strategi Terbaik Sesuai Kondisi yang Terjadi

Memahami langkah yang kompetitor ambil serta kekuatan dan kelemahannya, pastinya akan membantu Anda Membikin strategi paling potensial Buat bisnis dalam kondisi tertentu. 

3. Membantu Membikin Keputusan

Seperti halnya mengenal pasar, mengenal kompetitor juga jadi aspek terbaik Buat bertahan dalam persaingan bisnis. Selain itu, sebagai pebisnis Anda Niscaya harus berani mengambil keputusan demi keberlangsungan usaha. Nah, analisis kompetitor ini akan membantu Anda Membikin keputusan yang menguntungkan bisnis. 

Baca Juga:   Tips Sukses Membuka Usaha Toko Sembako

4. Menemukan Kesempatan Pasar yang Belum Kompetitor Jamah

Ketika Anda memahami apa kelemahan dan kelebihan kompetitor melalui pengamatan menyeluruh terhadap kondisi pasar. Maka, Anda akan menemukan Kesempatan yang mungkin belum kompetitor temukan. Sehingga dengan langkah yang lebih awal, Anda Dapat mengamankan posisi lebih besar.

5. Memanfaatkan Kelemahan Kompetitor dengan Sempurna

Setiap bisnis pastinya Mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Karena itu, Anda harus paham betul siapa kompetitor bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan kelemahan kompetitor dengan kelebihan atau strategi yang Anda miliki. Sehingga Anda dapat menarik lebih banyak perhatian konsumen.

Baca Juga: 6 Strategi Bisnis yang Bagus dan Mudah Dilakukan oleh Pemula

Langkah Melakukan Analisis Kompetitor yang Bagus dan Betul

Agar dapat menjalankan kegiatan analisis yang Bagus dan Betul, Anda Dapat menggunakan Langkah berikut ini:

1. Mengidentifikasi Siapa Kompetitor

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenal siapa saja kompetitor yang harus Anda waspadai. Anda harus menganalisa pasar, Lampau Membikin segmentasi kompetitor bisnis. Kenali apa saja produk, strategi bisnis, kelemahan dan kekurangan dari kompetitor.

2. Aplikasikan Analisis SWOT 

Agar lebih memudahkan kegiatan analisis, Anda dapat menggunakan SWOT. Pada dasarnya, SWOT terbagi pada beberapa Konsentrasi, yakni:

  • Strengths (Kekuatan): Pengaruh pada pasar, kepercayaan publik, kualitas produk, aset digital, dan strategi yang digunakan.
  • Weakness (Kelemahan): Kelemahan produk, celah strategi bisnis, kasus yang pernah terjadi.
  • Opportunity (Kesempatan): Celah Sasaran yang Dapat Anda ambil Buat mengungguli kompetitor.
  • Threats (Ancaman): Gerakan atau strategi kompetitor yang Dapat mengganggu bisnis, maupun pergerakan berbahaya dan mengancam bisnis secara langsung
Baca Juga:   Perusahaan Logistik Incar Industri yang Sedang Booming Tetapi Kurang Terlayani

Anda juga Dapat menggunakan berbagai tools analytics seperti SEMrush, Ahrefs, WebCEO, Moz Pro, dan Tetap banyak Tengah. Tools tersebut Bermanfaat Buat Menyantap ranking website kompetitor di mesin pencari, backlink, dan lain sebagainya.

3. Amati Penggunaan Media Sosial Secara Rutin

Selain Giat upload konten menarik hingga kampanye produk, sosial media juga Dapat jadi tools terbaik Buat memantau kompetitor. Analisis kompetitor melalui sosial media, Dapat Anda fokuskan pada aktivitas, tingkat popularitas, hingga pandangan publik terhadap kompetitor (produk maupun bisnis).

4. Cermati Langkan Marketing yang Kompetitor Gunakan

Melakukan pengamatan marketing jadi poin yang Krusial Buat Anda lakukan, terutama pada harga dan penawaran yang pesaing Anda berikan pada Sasaran pasar. Dalam hal ini, Anda harus mengamati segmentasi kompetitor. Sehingga Anda Mempunyai celah Buat mendapatkan Sasaran pasar yang berbeda.

5. Pelajari Teknologi dan Metode yang Kompetitor Gunakan

Terakhir Anda juga harus memahami teknologi dan metode yang kompetitor gunakan, karena Dapat berpeluang Anda adopsi dan kembangkan ulang. Sehingga akan terjadi peningkatan kredibilitas dan kepercayaan publik pada bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Aplikasi Wirausaha Online yang Dapat Membantu Anda Berbisnis

Anda Siap Melakukan Analisis Kompetitor?

Dengan memahami kebutuhan dasar, tujuan, manfaat serta Langkah terbaik menjalankannya, analisis kompetitor Dapat jadi senjata terbaik Buat mengembangkan bisnis. Karena itu, tak heran Kalau beberapa pebisnis menyediakan staf atau divisi Spesifik Buat menjalankan kegiatan ini dengan Bagus dan Betul.