Kenali 6 Indikator Loyalitas Pelanggan yang Harus Anda Ketahui

Kenali 6 Indikator Loyalitas Pelanggan yang Harus Anda Ketahui

Kenali 6 Indikator Loyalitas Pelanggan yang Harus Anda Ketahui

Pengusaha perlu mengetahui indikator loyalitas pelanggan mereka, karena indikator tersebut berfungsi Buat memprediksi pertumbuhan penjualan dan perilaku konsumen. Bagaimana gambaran loyalitas pelanggan terhadap brand? Baca ulasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Loyalitas Pelanggan?

Loyalitas pelanggan adalah strategi bisnis Buat mempertahankan pelanggan agar membeli produk atau Lanjut menggunakan layanan yang disediakan oleh bisnis. Meski bisnis Anda akan Lanjut Konsentrasi Buat mendapatkan pelanggan baru, Tetapi jangan lupakan mereka yang pernah berbelanja di toko Anda.

Pelanggan Loyal adalah bukti bahwa bisnis cukup dapat dipercaya Buat Lanjut membeli produk Anda. Kepercayaan ini berasal dari kepuasan pelanggan Ketika menggunakan produk Anda. Kepuasan pelanggan dapat mengembangkan bisnis Anda agar bertahan dalam persaingan pasar yang ketat.

6 Indikator Loyalitas Pelanggan

Buat Menyantap bagaimana indikator loyalitas pelanggan, simak beberapa indikator seperti berikut ini!

1. Pelanggan Membeli Kembali (Repeat Purchase)

Seperti yang dikatakan Griffin, membeli kembali produk atau layanan adalah bentuk loyalitas pelanggan yang paling sederhana. Pelanggan yang sudah berkali-kali membeli produk Anda adalah calon pelanggan Loyal.

2. Peningkatan Frekuensi dan Volume Pembelian (Choice Reduction/Habit)

Anda juga dapat Menyantap indikator lainnya, seperti seberapa sering pelanggan mengunjungi toko Anda (Frekuensi) dan berapa banyak nominal barang atau pembelian yang mereka lakukan (Kuantitas).

Hal ini dapat memberikan petunjuk pelanggan mana yang Loyal dan pelanggan mana yang Tak. Kebiasaan konsumen yang Loyal dimulai dengan mencoba satu produk dan Lamban kelamaan mereka Mau mencoba Tengah.

3. Pelanggan Abai dengan Harga (Satisfaction)

Kenapa pelanggan iPhone selalu membeli seri terbaru, padahal Paham harganya naik? Ini adalah indikator selanjutnya dari loyalitas pelanggan yang abai pada harga. Unsur harga Tak Tengah menjadi penentu Primer keputusan pembelian. Pasalnya, konsumen sudah percaya dengan kualitas produk dan pengalaman pemakaian.

Baca Juga:   Ketahui Langkah Memulai Bisnis UMKM yang Sukses

4. Upaya Rekomendasi Berjalan dengan Bagus (Referral)

Kalau Eksis Kawan atau Personil keluarga yang merekomendasikan tempat makan kepada Anda, mereka mungkin akan menjadi pelanggan Loyal restoran. Merekomendasikan sebuah produk atau jasa terhadap orang lain adalah tingkat loyalitas konsumen yang paling tinggi. 

Mereka merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain tanpa diminta. Pada dasarnya, konsumen Loyal juga Mau mengajak orang lain Buat berbagi pengalaman positif yang mereka rasakan.

5. Pelanggan Tak Mudah Terbujuk Oleh Pesaing (Retention)

Seperti disebutkan sebelumnya, kepercayaan adalah salah satu indikator loyalitas pelanggan. Pelanggan Tak akan mudah beralih, Kalau mereka Percaya dengan kualitas produk merek tersebut.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan menjaga dan meningkatkan kualitas. Seperti halnya Interaksi apa pun, Kalau kepercayaan ini rusak karena suatu kesalahan, pelanggan Niscaya akan beralih ke merek lain.

6. Peningkatan Keterlibatan Pelanggan dan Merek (Emotional Bonding)

Salah satu Ciri Aneh pelanggan Loyal adalah keinginan mereka yang Lanjut-menerus Buat berbisnis dengan merek. Berbagi dan berpartisipasi lebih dari sekadar pembelian. Keinginan konsumen Buat berbagi dapat berasal dari ikatan emosional.

Mungkin karena brand Anda Betul-Betul mewakili kepribadian orang tersebut. Misalnya, keterlibatan konsumen profesional adalah memberikan umpan balik, menyelesaikan survei, atau sekadar berinteraksi di media sosial. 

Perkembangan terkini dalam teknologi komunikasi telah Membikin perkiraan metrik keterlibatan pelanggan jauh lebih mudah.

Baca Juga:   6 Misalnya Analisis SWOT dalam Bisnis, Anda Harus Paham!

Baca Juga: 8 Langkah Membangun Customer Loyalty dan Manfaatnya Buat Bisnis

Langkah Membangun Loyalitas Pelanggan

Nah, berdasarkan beberapa indikator loyalitas pelanggan yang sudah kami jelaskan, Anda Dapat membangun loyalitas konsumen berdasarkan indikator tersebut. Mau Paham bagaimana caranya? Simak Bagus-Bagus ya!

1. Memberikan Kualitas Produk yang Unggul

Kalau pelanggan Loyal pada merek karena kualitas produk yang tinggi, mereka Tak akan ragu Buat membayar jumlah yang cukup tinggi Buat mendapatkan produk tersebut. Inilah pentingnya melakukan quality control (QC) sebelum menempatkan produk di pasar menengah.

2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Layanan ini berupa penjelasan lengkap tentang fitur dan manfaat produk serta menjawab setiap pertanyaan yang mungkin diajukan konsumen terkait produk tersebut. Tentunya, pelanggan Anda akan terkesan dengan layanan terbaik Anda dan akan Lanjut membeli produk Anda.

3. Tetapkan Harga yang Kompetitif

Harga produk yang Bertanding juga menjadi Dalih mengapa pelanggan menjadi loyal terhadap perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus Dapat menetapkan harga yang Pas Buat produk Anda. 

Langkah ini Dapat dilakukan dengan melakukan riset pasar, membandingkan harga produk dengan kompetitor, atau menghitung titik impas (BEP). Boleh saja mematok harga tinggi, tapi pastikan kualitas produk sesuai dengan harga tersebut.

4. Ciptakan Pengalaman Berbelanja yang Menyenangkan

Pelanggan akan Loyal pada merek yang menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih Bagus. Pengalaman ini lebih dari sekadar memberikan layanan yang ramah. Anda juga dapat Membikin dekorasi toko yang menarik dan menciptakan suasana santai Ketika berbelanja.

Baca Juga:   Cek Kode Voucher Lazada dan Langkah Pakainya: Belanja Lebih Irit!

Kalau Anda Mempunyai toko online, Anda dapat menerapkan tips ini dengan menawarkan metode pembayaran yang Kondusif, menyediakan fungsi pencarian di situs e-commerce Anda, atau Membikin layanan live chat Buat mendukung peningkatan pelayanan.

5. Berikan Program Loyalitas Pelanggan

Eksis banyak Misalnya program loyalitas pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan kartu keanggotaan yang dapat menawarkan keuntungan menarik bagi pelanggan. Mereka akan selalu tertarik menggunakannya Buat mendapatkan fasilitas tersebut.

Misalnya fasilitasnya juga sangat Majemuk, seperti diskon Spesifik, pengiriman gratis, dll. Alternatifnya, Anda dapat menawarkan program referral, sehingga mereka dapat menerima hadiah, karena berhasil mengundang kerabat terdekat Buat berbelanja produk atau jasa yang Anda tawarkan.

6. Berikan Solusi Atas Permasalahan yang Pelanggan Hadapi

Beberapa pelanggan membeli produk Anda karena mereka menemui masalah. Dengan merekomendasikan produk yang Pas, Anda Dapat memberikan solusi Buat permasalahan tersebut. Kalau solusi Anda berhasil, pelanggan akan menjadi lebih Loyal pada merek dan bertahan dengan produk Anda.

7. Berikan Komunikasi yang Efektif

Pastikan komunikasi yang efektif Ketika melayani pelanggan. Langkah ini Dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan sesegera mungkin serta memberikan update yang Seksama. Komunikasi yang Bagus meningkatkan kepercayaan pelanggan pada merek Anda dan meningkatkan loyalitas.

Sudah Paham Apa Saja Indikator Loyalitas Pelanggan?

Demikian penjelasan singkat mengenai apa saja indikator loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sejatinya, loyalitas pelanggan terjadi karena mereka puas dengan produk yang ditawarkan. Jadi, teruslah memperbaiki kualitas produk, agar pelanggan Tak kabur.