Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan dan Ragam Jenisnya

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan dan Ragam Jenisnya

Dalam suatu perusahaan, Bagus perusahaan dengan skala kecil maupun besar, Niscaya membutuhkan adanya struktur organisasi. Dengan adanya struktur organisasi perusahaan yang Bagus, pastinya Seluruh pekerjaan dalam perusahaan tersebut akan berjalan dengan Fasih tanpa adanya kendala yang berarti.

Berkat adanya struktur organisasi, para pegawai dapat mengetahui tugas dan tanggung jawabnya di kantor. Dengan begitu mereka dapat berkonsentrasi penuh terhadap pekerjaannya. Struktur ini juga memudahkan pemimpin Buat memberikan wewenang dan tugas yang Pas kepada anak buahnya.

Apa itu Struktur Organisasi Perusahaan?

Struktur organisasi perusahaan merupakan susunan yang memperlihatkan peran dan tugas perseorangan sesuai dengan jabatannya dalam sebuah perusahaan. Dapat dikatakan bahwa struktur organisasi adalah salah satu komponen penyusun Krusial dalam suatu organisasi Buat dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Secara Biasa, struktur perusahaan disusun dalam bentuk bagan berdasarkan urutan Strata jabatan dari yang teratas Tiba yang terbawah dengan disertai deskripsi kerja pada setiap posisinya. Hal tersebut bertujuan agar setiap individu dapat bertanggung jawab atas tugas yang telah diemban pada posisinya masing-masing.

Sehingga dengan adanya struktur organisasi ini dapat Membikin alur komunikasi dan koordinasi kerja dapat terjalin dengan Bagus dan lebih Jernih.

Selain itu, strukturisasi juga dapat membantu perusahaan dalam memberikan posisi jabatan pada tiap-tiap individu sesuai dengan potensi bidang serta keahliannya. 

Secara Tak langsung dapat dikatakan bahwa suksesnya suatu perusahaan itu karena adanya struktur organisasi yang tertata dengan Jernih sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga: 10 Keterampilan Manajerial yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Perusahaan

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi mempunyai fungsi sebagai acuan manajemen perusahaan dalam menyusun strategi dan Sasaran Buat mencapai tujuan yang telah disepakati. Oleh karena itu, struktur organisasi perusahaan Mempunyai beberapa poin fungsi, Yakni:

Baca Juga:   Apa Itu Perilaku Konsumen? Arti, Unsur, dan Jenisnya

1. Mendeskripsikan Tanggung Jawab Tiap-Tiap Individu

Setiap individu dalam suatu perusahaan tentunya mempunyai tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Dalam hal ini, struktur perusahaan memperjelas tugas dan wewenang yang harus dipertanggung jawabkan oleh setiap individu pada perusahaan tersebut.

2. Mendeskripsikan Kedudukan Individu di Perusahaan

Masing-masing individu mempunyai peran yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga adanya struktur organisasi dapat membantu individu Buat mengetahui kedudukannya sebagai apa dan mempunyai wewenang apa dalam suatu perusahaan.

3. Menguraikan Tugas Setiap Individu

Adanya deskripsi tugas Buat setiap individu tentu dapat membantu Seluruh pihak yang Eksis di perusahaan. Bagi mereka yang mempunyai kedudukan tinggi, uraian tugas anak buahnya akan membantu ia dalam melakukan pengawasan sebagai bentuk menjalankan salah satu tugasnya.

Sedangkan adanya deskripsi tugas bagi mereka yang mempunyai kedudukan lebih rendah, dapat membantu mereka Buat berkonsentrasi dalam menjalankan tugas. Dengan ini, dapat Membikin suatu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Menjelaskan Jalur Interaksi Setiap Individu

Dalam sebuah perusahaan, tentunya antara individu satu dengan individu lainnya mempunyai keterkaitan sebagaimana yang tertulis dalam struktur organisasi perusahaan tersebut.

Sehingga memungkinkan setiap individu Buat dapat memahami sejauh mana batas kewenangannya agar Tak melampaui tanggung jawab individu lain. Selain itu, mereka juga dapat memahami Bilaman saatnya mereka harus berkolaborasi Buat menyelesaikan pekerjaan.

5. Membantu Mencapai Sasaran Perusahaan

Masing-masing komponen perusahaan, yang sudah tertulis secara Jernih dalam struktur organisasi, Bagus terkait posisi dan pembagian tugasnya dapat memungkinkan kegiatan bisnis akan berjalan mulus dan lebih Konsentrasi Buat mencapai Sasaran yang telah ditentukan.

Baca Juga:   Alibaba Investasi $378,5 Juta di Lazada

6. Mengurangi Konflik Internal Dalam Perusahaan

Struktur perusahaan yang Jernih, menjadikan sangat kecil kemungkinan menumpuknya pekerjaan pada satu orang atau bahkan Tak terselesaikannya suatu pekerjaan.

Baca Juga: Sebelum Memulai Bisnis, Ketahui Unsur 6M Dalam Wirausaha

Jenis Struktur Organisasi Perusahaan

Eksis beberapa jenis struktur organisasi yang dapat Anda terapkan. Tetapi, penyusunan struktur ini tentunya harus disesuaikan dengan dengan bentuk perusahaan, karena Tak Seluruh tersebut cocok dengan perusahaan Anda. 

Pemilihan jenisnya harus diterapkan dengan tujuan agar perusahaan Anda lebih mudah membedakan dan mengklasifikasikan tugas masing-masing pegawainya. Adapun beberapa jenis struktur organisasi yang mungkin dapat diaplikasikan, adalah:

1. Struktur Organisasi Fungsional

Struktur organisasi fungsional banyak sekali diterapkan pada suatu perusahaan. Pembagian tugas dilakukan berdasarkan pada fungsi manajemennya, seperti sumber daya Orang, produksi, pemasaran, dan keuangan.

Pegawai yang mempunyai potensi dan keahlian yang sama akan digabung dalam satu Golongan kerja. Sehingga struktur organisasi jenis ini lebih sangat cocok diterapkan pada usaha skala kecil yang hanya menghasilkan beberapa jenis produk.

Struktur fungsional mempunyai kelebihan dapat menekan biaya operasional bisnis. Akan tetapi mempunyai kekurangan sulit berkomunikasi antar unit kerja.

2. Struktur Organisasi Divisional

Golongan kerja pada struktur organisasi ini disesuaikan dengan kesamaan produk, layanan, pasar, dan letak geografis. Perusahaan yang seringkali menerapkan struktur ini adalah perusahaan dengan skala menengah ke atas.

Kelebihan dari struktur  ini adalah lebih mudah memecah organisasi menjadi divisi yang lebih kecil. Tetapi, kekurangannya Yakni akan menimbulkan masalah dalam penentuan sumber daya dan distribusi biaya-biaya perusahaan.

3. Struktur Organisasi Matriks

Struktur matriks merupakan percampuran antara struktur organisasi fungsional dan divisional dengan tujuan Buat menutupi minus pada kedua struktur organisasi tersebut.

Baca Juga:   Langkah-Langkah dan Syarat Menjadi Kawan JNE

Dalam struktur organisasi matriks Seluruh pegawai harus mengerjakan tugas proyek-proyek organisasi yang ditugaskan kepadanya, sehingga kerap disebut juga struktur organisasi proyek.

Adapun yang sering menggunakan struktur organisasi matrik adalah mereka yang mempunyai perusahaan berskala besar atau multinasional.

Kelebihan dari struktur organisasi ini adalah dapat mengambil keputusan dengan mudah. Kekurangannya terletak pada struktur yang rumit dan mumungkinkan adanya dua kepemimpinan yang saling bertentangan serta berpotensi menimbulkan konflik besar antar unit kerja.

4. Struktur Organisasi Komite/Proyek

Dalam struktur organisasi komite, tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dikerjakan secara Berbarengan-sama oleh komite atau dewan dengan pluralistik manajemen.

Sehingga Seluruh tugas Spesifik lainnya dan tugas kepemimpinan harus dikerjakan dan dipertanggungjawabkan secara kolektif oleh dewan atau komite tersebut.

Kelebihan struktur organisasi jenis ini adalah pengambilan keputusan dilakukan secara musyawarah antara pemegang saham dengan dewan. Letak kelemahannya adalah pada biaya operasional yang cukup rutin dan melambung tinggi serta banyak timbulnya pelimpahan kesalahan.

5. Struktur Organisasi Tim Kerja

Struktur organisasi tim kerja  dibuat sewaktu-Masa Buat menangani proyek yang datangnya mendadak. Pada umumnya, struktur ini dibentuk dari pegawai-pegawai yang sudah banyak jam terbangnya sehingga Dapat menyelesaikan masalah dengan Lekas.

Baca Juga: 10 Tips Mengelola Karyawan Buat Perkembangan Perusahaan

Apa Struktur Organisasi Perusahaan yang akan Anda Terapkan?

Struktur organisasi perusahaan merupakan salah satu bagian Krusial bagi operasional bisnis Anda. Struktur yang bagus dapat menjadikan perusahaan Anda berjalan selaras, menghasilkan pegawai yang berkualitas, dan mempermudah mencapai tujuan perusahaan.