Barcode Harga: Fungsi, Langkah Kerja dan Bagaimana Membacanya

Barcode Harga: Fungsi, Cara Kerja dan Bagaimana Membacanya

Barcode Harga: Fungsi, Langkah Kerja dan Bagaimana Membacanya

Ketika membeli produk, tentu Anda Dapat Menyantap kode-kode dengan pola horizontal yang biasanya terdapat di belakang/Rendah produk. Kode tersebut terkenal dengan istilah barcode. Penggunaan barcode memang sangat terkenal, termasuk barcode harga yang menyediakan informasi seputar harga produk hanya dengan memindai kode. 

Lampau sebenarnya kenapa harus menggunakan barcode? Pada artikel ini akan membahas secara lebih jauh seputar barcode.

Pengertian Barcode

Barcode atau kode barang merupakan serangkaian kode dari spasi dan bar (batang) dengan lebar yang bervariasi yang hanya Dapat Anda baca menggunakan scanner atau pemindai barcode optik. Kode barang tersebut juga merupakan representasi Watak dan Nomor yang Dapat dibaca mesin. Kini, bentuk kode bukan hanya garis seperti barcode, Tetapi juga berbentuk kotak dengan pola Spesifik yang disebut dengan QR Code.

Anda Dapat menemukan kode batang seperti di surat pos, kartu identitas, produk di supermarket, dan lain-lain. Secara Biasa, terdapat tiga bagian kode batang Yakni:

  • Quiet Zone, merupakan margin Hampa yang terdapat di kedua ujung barcode. Buat minimal margin antar kode batang Yakni 2,5 mm. Ketika lebar margin Rupanya Tak mencukupi, maka barcode sulit dibaca scanner
  • Stop Character/Start: keduanya sama-sama mewakili bagian awal serta akhir data. Buat karakternya memang Tak sama karena menyesuaikan jenis barcode
  • Check Digit: digit yang digunakan memeriksa apakah data pada barcode telah dikodekan secara Betul

Fungsi Barcode

Fungsi kode batang Yakni memudahkan Anda ketika Mau melakukan identifikasi data secara Lekas dan Pas. Nanti kode tersebut akan dibaca scanner maupun kamera.

Melalui barcode ini, proses pencarian serta pelayanan produk Dapat Anda lakukan dengan lebih efektif, efisien, dan Seksama. Selain itu, penggunaan barcode memungkinkan informasi tersimpan secara lebih lengkap. Misalnya informasi tentang produk-produk yang Anda jual, termasuk harganya.

Baca Juga:   Cari Paham Tentang Fulfillment Center dan Langkah Kerjanya

Hal tersebut juga membantu meningkatkan kepuasan pelanggan serta Membikin bisnis Anda menjadi Fasih. Bukan hanya Buat kebutuhan bisnis, kode batang juga berfungsi Buat kebutuhan di bidang lainnya. Beberapa contohnya Yakni bidang kesehatan, logistik, pendidikan, dan sebagainya.

Melalui barcode, produktivitas Anda menjadi meningkat. Adapun beberapa fungsi lain dari penggunaan kode batang Yakni:

  • Memudahkan pencarian produk. Ketika Anda Mau menemukan informasi tentang produk tertentu, Anda cukup mencarinya lewat kode batang yang sudah Eksis. Kemudian informasi yang Anda butuhkan akan langsung tampil dengan Lekas.
  • Penggunaan barcode juga berfungsi mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan di dalam pelayanan toko. Misalnya pada barcode harga yang berfungsi memberikan informasi terbaru seputar harga produk. Informasi yang sudah tersedia Membikin Anda Tak perlu harus bertanya ke orang lain atau mencarinya sendiri secara manual.
  • Fungsi lainnya adalah barcode juga memudahkan proses pembayaran. Buat hal ini kasir Tak harus memasukkan data produk secara satu per satu. Cukup dengan memindai kode melalui mesin atau aplikasi Spesifik.
  • Penggunaan barcode juga berfungsi memberikan informasi seputar Lepas expired produk, tempat penyimpanan, maupun harganya.

Baca Juga: Stock Keeping Unit Adalah Kode Aneh Barang, Apa Sajakah Fungsinya?

Langkah Kerja Barcode

Kode batang yang terdapat di setiap barang nantinya dibaca alat yang dinamakan barcode scanner atau pemindai kode batang. Pada prosesnya, setiap garis/pola yang terdapat pada kode batang tersebut punya Arti tersendiri yang menyesuaikan tingkat ketebalannya. Buat tingkat ketebalannya sendiri cenderung berbeda. 

Pihak toko maupun pembeli Dapat dengan mudah mengetahui barang atau produk hanya melalui barcode yang dipindai.

Baca Juga:   Pergudangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme

Majemuk scanner kode batang punya pemancar Sinar serta dioda foto. Keduanya akan diposisikan secara bersebelahan di bagian ujungnya. Selanjutnya Sinar disorotkan melewati deretan barcode

Nanti dioda foto akan memperoleh intensitas Sinar yang dipantulkan. Lampau mengubahnya ke sinyal listrik serta menerjemahkannya melalui sistem yang sama dengan morse.

Bukan itu saja, ukuran titik dari sinar scanner juga tak boleh melewati celah di antara garis barcode. Buat ukuran titik sinar minimal Yakni 4 kali titik yang diperoleh printer di resolusi 300 dpi.

Baca Juga: Inventaris: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Langkah Mengelolanya

Langkah Membaca Barcode Harga

Kalau hanya melihatnya saja, Niscaya kode tersebut hanya berisi pola tertentu yang sulit Anda pahami. Padahal di dalam kode batang terdapat banyak informasi yang Anda butuhkan. Lampau bagaimana Langkah membacanya? Buat membaca kode batang, Bagus barcode harga maupun barcode lainnya sama. Berikut informasi selengkapnya.

1. Menggunakan Aplikasi Scanner Bawaan

Langkah pertama Buat membaca barcode menggunakan aplikasi pemindai bawaan yang terpasang di ponselmu. Eksis beberapa smartphone yang sudah Mempunyai fitur ini, salah satunya Yakni smartphone merek Xiaomi.

Anda tinggal menggunakan scanner tersebut Lampau mulailah memindai kode batang. Hanya beberapa detik dan Anda sudah Dapat mendapatkan informasi di dalamnya.

2. Membaca Barcode Lewat Browser

Langkah yang kedua Dapat melalui aplikasi browser. Langkah-langkahnya Yakni:

  • Pertama, buka browser apa pun di ponsel Anda. Misalnya Anda menggunakan Google Chrome
  • Kedua, masuk ke website https://webqr.com/
  • Silakan beri izin akses kamera agar kamera ponsel Anda Dapat memindai barcode
  • Setelah itu dekatkan kamera ke kode batang yang akan Anda pindai
  • Tunggu beberapa Ketika dan Anda akan memperoleh pop up informasi maupun link
  • Klik tautan tersebut Buat mengakses informasi yang tertera
Baca Juga:   Apa Itu Smart Warehouse? Definisi, Manfaat, dan Penerapannya

3. Menggunakan Google Lens

Google Lens juga Dapat Anda manfaatkan Buat membaca kode batang. Caranya juga sangat mudah seperti yang dibahas berikut ini:

  • Langkah pertama, buka aplikasi browser
  • Langkah kedua, masuk ke laman Google
  • Pilih ikon kamera yang terdapat di browser Google
  • Arahkan kamera ponsel Anda ke barcode
  • Selanjutnya akan muncul pop up yang isinya tentang informasi maupun tautan tertentu

4. Menggunakan Aplikasi

Langkah membaca barcode harga berikutnya Yakni dengan aplikasi. Sudah tersedia banyak aplikasi terutama di Google Play Store Buat memudahkan Anda memindai kode batang.

Anda tinggal buka Google Play Store atau App Store. Pada kolom pencarian tinggal Anda ketikkan aplikasi scan barcode. Nanti akan muncul berbagai aplikasi dengan fungsi yang sama.

Selanjutnya, install salah satu aplikasi yang akan Anda gunakan. Ketika instalasi telah selesai, buka aplikasi dan mulailah proses scanning. Buka aplikasi scanner dan arahkan kamera pada produk yang akan Anda pindai.

Hanya dalam beberapa detik nanti pop up muncul di layar perangkat Anda. Kalau berupa link, Anda tinggal mengeklik tautan tersebut.

Sudah Paham Langkah Scan Barcode Harga?

Jadi, sistem pada barcode Dapat Anda terapkan Buat mempermudah berbagai kebutuhan Anda Bagus di bidang bisnis, pendidikan, dan lain-lain. Selain itu, penyimpanan data menjadi jauh lebih mudah.

Kemudian, mendapatkan informasi seperti pada barcode harga juga jauh lebih Lekas. Anda tinggal menggunakan pemindai barcode dan Seluruh informasi yang tertera akan muncul. Semoga bermanfaat.