Warehouse Management System: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

Warehouse Management System: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

Penyimpanan merupakan tempat yang digunakan Buat menyimpan persediaan produk sebelum didistribusikan kepada konsumen. Buat mempermudah pengelolaannya, Anda Dapat menggunakan Warehouse Management System atau WMS yang termasuk dalam manajemen pergudangan.

WMS sendiri merupakan salah satu bukti bahwa teknologi informasi Bisa memberikan kemudahan di Seluruh sektor, termasuk bisnis dan perdagangan. Buat mengetahui lebih lengkap tentang WMS, mari simak penjelasan di Rendah ini.

Apa Itu Warehouse Management System?

Sebelum membahas lebih jauh, mari memahami pengertian pergudangan terlebih dahulu. Pergudangan adalah aktivitas menyimpan barang di dalam Penyimpanan serta mempersiapkan barang sebelum dikirim kembali kepada konsumen.

Sedangkan WMS merupakan sejenis platform yang Bermanfaat Buat mempermudah perusahaan dalam mengelola pergudangan. Pengaturan barang di Penyimpanan menggunakan WMS sudah melibatkan teknologi sehingga menjadi lebih mudah, efisien, dan Lekas.

Tujuan Primer penggunaan WMS adalah memantau atau mengontrol berbagai jenis proses yang terjadi di warehouse, meliputi penerimaan, penyimpanan, dan pengiriman. Tak hanya Tiba di situ, WMS juga berfungsi Buat mengontrol pengambilan barang di Penyimpanan.

Baca Juga:   Inventory Control Methods, Kenali Jenis dan Fungsinya!

Fungsi WMS

Di Rendah ini akan dijelaskan mengenai fungsi dari Warehouse Management System. Terdapat 3 fungsi Primer sebagai berikut.

1. Pelacakan Stok

Penggunaan WMS adalah mempermudah proses pemantauan stok ketika keluar dan masuk Penyimpanan. Di dalam WMS tersimpan data riwayat proses masuk dan keluarnya barang sehingga Dapat dipantau dengan lebih Jernih dan transparan.

Staf yang bekerja di Penyimpanan juga dapat memantau Lepas kedaluwarsa bagi setiap barang yang Eksis. Hal ini Krusial karena umumnya warehousing menggunakan sistem First Expired First Out Buat mengurangi pembuangan barang yang sudah kedaluwarsa.

2. Putaway, Picking, Packing, and Shipping

Dalam manajemen Penyimpanan, putaway, picking, packing, dan shipping merupakan aktivitas paling krusial. Berikut ini pengertian dari istilah-istilah tersebut.

  • Putaway merupakan proses Buat menempatkan barang-barang di Penyimpanan. 



  • Picking adalah proses mengambil barang di Penyimpanan sesuai dengan order.



  • Packing adalah proses mengemas barang yang sudah diambil Buat selanjutnya dikirim kepada konsumen.



  • Shipping merupakan proses pengiriman barang yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

3. Pembuatan layout Penyimpanan

Fungsi yang terakhir dari WMS adalah Membikin layout Penyimpanan. Fungsi ini diperlukan Buat memudahkan penempatan barang berdasarkan kategori dan urutan tertentu. Pembuatan layout akan memudahkan proses penyimpanan dan pengambilan barang sehingga prosesnya lebih efisien.

Baca juga: Fulfillment Warehouse, Penyimpanan All in One Buat Bisnis Online

Keuntungan Menggunakan WMS

Menggunakan WMS dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Berikut detailnya.

  • Mempercepat Handling Proses

Lead time proses akan menjadi lebih Lekas ketika WMS diterapkan daripada menggunakan sistem manual. Dengan begitu, seluruh transaksi dan aktivitas pergudangan Dapat dilakukan dengan lebih Lekas dan Seksama.

  • Mengurangi Anggaran Buat Gaji Karyawan

Berkat penggunaan WMS, Penyimpanan Tak memerlukan terlalu banyak orang Buat bekerja. Artinya, perusahaan juga dapat mengurangi anggaran Buat gaji karyawan.

  • Mengurangi Belanja Peralatan

Perusahaan Tak perlu Tengah menggunakan peralatan manual. Investasi yang diperlukan hanyalah seperangkat komputer Buat mengoperasikan WMS. Dengan begitu, anggaran belanja perusahaan akan berkurang.

  • Mempermudah Pengaturan Tempat Penyimpanan

Salah satu fungsi dari WMS adalah Membikin layout Penyimpanan. Manfaat dari fitur tersebut tentu saja memudahkan pengaturan tempat penyimpanan di dalam Penyimpanan.

  • Meningkatkan Pelayanan bagi Konsumen

Karena seluruh proses di pergudangan sudah dijalankan dengan sistematis dan efisien, pelayanan kepada konsumen juga lebih maksimal. Barang dan pengiriman Dapat dilakukan lebih Lekas dan Seksama.

Rekomendasi Produk Warehouse Management System

Buat memaksimalkan fungsinya, sebaiknya Anda memilih produk WMS yang terbaik. Biteship (https://biteship.com/) sangat direkomendasikan Buat hal ini. Apalagi sekarang Biteship juga telah bekerja sama dengan Penyimpanan.io Buat menyediakan layanan manajemen Penyimpanan.

Tak hanya itu, Biteship juga akan membantu Anda dalam hal penyimpanan, pengemasan barang, serta pengiriman barang Tiba ke tangan konsumen. Cocok sekali Buat bisnis online shop.Buat mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai warehouse management system yang disediakan oleh Biteship, Anda Dapat langsung mengunjungi laman resminya di https://biteship.com/.

Baca Juga:   Stok Barang: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Membikin Laporannya