7 Langkah Membikin Toko Online Buat Pemula: 5 Menit Dijamin Jadi!

7 Cara Membuat Toko Online untuk Pemula: 5 Menit Dijamin Jadi!

7 Langkah Membikin Toko Online Buat Pemula: 5 Menit Dijamin Jadi!

Dalam era perkembangan digital yang semakin pesat, keberadaan toko online menjadi hal Krusial yang Tak boleh terlewat. Tetapi, bagi Anda yang Tetap awam mungkin bingung mengenai bagaimana Langkah Membikin toko online sendiri?

Selain itu, Anda juga mungkin berpikir kalau caranya akan sulit dan memakan banyak Masa. Padahal, Membikin toko online Dapat Anda lakukan dengan Lekas Kalau mengikuti panduan lengkap berikut ini.

Langkah Membikin Toko Online Sendiri

Dalam dunia bisnis yang semakin digital, toko online adalah langkah cerdas Buat memasarkan produk atau jasa Anda secara efektif. Melalui toko online, Anda Dapat membuka akses ke pasar Dunia dan memungkinkan Anda Buat menjalankan bisnis selama 24/7 tanpa batasan geografis. 

Oleh karena itu, segera buat toko online Buat bisnis Anda melalui beberapa langkah berikut ini:

1. Membeli Domain dan Hosting

Ketika Membikin website toko online, langkah pertama adalah membeli nama domain dan berlangganan layanan web hosting. Ketika ini, tersedia banyak provider yang menawarkan layanan tersebut, Bagus secara terpisah maupun dalam paket bundling. Tetapi, Krusial Buat memilih yang terbaik, terutama dalam hal dukungan teknis.

Pastikan hosting yang Anda pilih dapat di-upgrade sesuai dengan perkembangan bisnis online Anda. Lebih Bagus Tengah Kalau hosting tersebut mendukung platform WordPress.

Setelah berhasil membeli nama domain dan memilih layanan web hosting, selanjutnya adalah menginstal WordPress sebagai langkah awal dalam proses pembuatan toko online Anda.

2. Install WordPress

Langkah Membikin toko online yang selanjutnya adalah menginstal WordPress sebagai platform dasar Buat situs web dan toko Anda. Tenang saja, setiap provider hosting Mempunyai Langkah instalasi WordPress yang mudah. Kira-kira seperti ini caranya:

  1. Masuk ke cPanel dan cari menu “Instalasi Mekanis” di bagian Website.
  2. Klik ikon WordPress, kemudian isi informasi yang diminta.
  3. Setelah melengkapi informasi, klik “Install”.
  4. Selesai! Anda telah berhasil menginstal WordPress.
Baca Juga:   Kupas Tuntas! 10 Tips Bisnis Sayuran Online yang Menguntungkan

Kalau Anda memerlukan panduan yang lebih rinci, silahkan cari panduan Langkah menginstal WordPress di internet. Setelah berhasil menginstal WordPress, Anda akan menerima email dengan informasi login Buat WordPress. Gunakan informasi ini setiap kali Anda masuk ke Dashboard WordPress.

Setelah masuk ke WordPress dan sebelum menginstal perangkat lunak toko online, Anda perlu Membikin halaman Buat situs web toko online Anda. Langkah melakukannya cukup mudah, Yakni dengan pergi ke “Halaman” > “Tambah Baru”. Beberapa halaman yang sebaiknya Eksis di situs web toko online Anda meliputi:

  • Beranda atau Halaman Primer
  • Informasi Pengiriman
  • Pertanyaan Biasa (FAQ)
  • Layanan Pelanggan
  • Blog

Spesifik halaman lainnya, seperti halaman belanja, halaman Checkout, dan lain-lain, platform e-commerce Anda akan menghasilkannya secara Mekanis. Di sini, platform yang akan digunakan adalah WooCommerce, yang akan membantu Anda Membikin halaman yang diperlukan agar situs web toko online Anda berfungsi dengan Bagus.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis bagi Pemula agar Sukses

3. Instal plugin  WooCommerce

Langkah Membikin toko online berikutnya adalah menginstal WooCommerce, sebuah plugin WordPress gratis yang akan mengubah situs Anda menjadi toko online lengkap. Plugin ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, sehingga Anda Tak perlu menginstal plugin tambahan. 

Selain itu, WooCommerce juga menawarkan Perluasan berbayar yang dapat Anda beli Buat mengaktifkan fitur tambahan di toko Anda. Berikut adalah Langkah menginstal WooCommerce:

  1. Masuk ke Dashboard WordPress Anda dengan mengakses WP admin.
  2. Temukan opsi “Plugins” di sebelah kiri, Lampau pilih “Tambah Baru” dan ketik “WooCommerce” dalam kolom pencarian di sebelah kanan.
  3. Klik “Aktifkan” Buat menginstal plugin.
  4. Setelah itu, Anda akan diminta Buat mengisi informasi toko Anda.
  5. Selesai! Ikuti langkah-langkah selanjutnya yang sangat intuitif.
Baca Juga:   Adu Platform Trucking Top 2024

Setelah proses ini, Seluruh file yang dibutuhkan Buat WooCommerce akan dibuat. Bahkan, dengan WooCommerce, Anda dapat mengaktifkan metode pembayaran seperti Stripe dan PayPal.

Jadi, sejauh ini, Langkah Membikin toko online sendiri dengan WooCommerce sangat mudah, bukan? Sekarang kita Dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, Yakni mendesain tampilan situs web toko online Anda.

4. Sempurnakan Tampilan Website

Dalam mengubah tampilan website toko online, Anda dapat menggunakan opsi kustomisasi yang disediakan oleh tema WordPress. Karena WooCommerce adalah plugin WordPress yang Terkenal, kebanyakan tema WordPress telah dioptimalkan Buat kompatibilitas dengan WooCommerce.

Tetapi, Krusial diingat bahwa karena Anda sedang Membikin toko online, disarankan Buat memilih tema yang secara Spesifik dirancang Buat WooCommerce. Terdapat Majemuk tema di WordPress yang dirancang Spesifik Buat memaksimalkan potensi dan kinerja WooCommerce. 

Selalu Eksis tema yang sesuai dengan kebutuhan situs toko Anda, terlepas dari anggaran yang Anda miliki.

Baca Juga: Tips Bisnis Laku Buat Para Pengusaha Muda

5. Tambahkan Katalog Produk

Langkah berikutnya dalam Langkah Membikin toko online adalah mengisi katalog dengan produk yang akan dijual. Berikut panduannya:

  1. Di Dashboard WordPress, klik “Products” > “Add New”.
  2. Masukkan judul dan deskripsi produk yang Mau Anda jual. Kalau perlu, Anda dapat mempelajari Langkah menulis deskripsi produk yang efektif.
  3. Di bagian kanan, Eksis menu “Product Categories”. Klik “+Add New Category” Buat menambahkan kategori produk. Ini akan membantu calon pembeli dalam mencari produk berdasarkan kategori.
  4. Tambahkan harga jual di bagian “Product Data” yang terletak di Rendah Editor.
  5. Klik “Inventory” di kolom SKU dan tambahkan kode barang Buat memudahkan pelacakan produk. Kalau Anda Mau mengelola jumlah stok produk yang tersedia, aktifkan “Enable stock management at product level” dan isi jumlah stok di “Stock quantity”.
  6. Anda juga dapat menambahkan berat dan ukuran produk yang akan dijual di bagian “Shipping”.
  7. Jangan lupa Buat menambahkan deskripsi singkat tentang produk Anda di “Product short description”.
  8. Kalau Mau menambahkan gambar produk, pilih menu “Set product image”. Tetapi, Kalau Anda Mau menambahkan beberapa gambar sekaligus, maka Anda perlu masuk ke bagian “Add product gallery images”.
  9. Setelah mengisi Seluruh detail produk, klik “Publish”.
  10. Selesai, sekarang website Anda sudah siap digunakan.
Baca Juga:   Tips Bisnis Laku Buat Para Pengusaha Muda

6. Atur Halaman Produk

Mengatur halaman produk adalah langkah Krusial dalam pembuatan toko online. Dengan mengatur halaman produk dengan Bagus, Anda akan menciptakan tampilan menarik dari situs web toko online Anda.

7.  Gunakan Payment Gateway

Ketika Anda telah menyelesaikan Seluruh Langkah Membikin toko online di atas, situs web Anda siap Buat digunakan. Tetapi, Buat memudahkan konsumen dalam proses pembayaran, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan plugin payment gateway WooCommerce terbaik.

Payment gateway adalah teknologi keuangan yang digunakan Buat mengotorisasi transaksi online. Salah satu opsi payment gateway yang Dapat Anda pilih adalah plugin TriPay Payment Gateway. Tetapi, Anda juga Mempunyai fleksibilitas Buat memilih plugin lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Payment Gateway, Jenis, dan Keuntungannya

Sudah Paham Langkah Membikin Toko Online?

Itu dia penjelasan lengkap mengenai Langkah Membikin toko online yang Dapat Anda lakukan dalam Masa lima menit saja! Di luar itu, jangan lupa juga Buat mempromosikan website toko online Anda agar Dapat mendapatkan banyak kunjungan dan menghasilkan penjualan.